ANALISIS TAMAN ALAT CUACA KOTA BANDUNG DAN SUMEDANG MENGGUNAKAN SATELIT TERRA BERBASIS PYTHON

Fiyka Priyahita, Neneng Sugianti, Hasniah Aliah

Sari


Klimatologi atau Ilmu cuaca adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala cuaca yang mempunyai sifat umum dalam jangka waktu dan daerah yang luas di atmosfer permukaan bumi. Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi. Perbedaan iklim begitu besar yang memberikan pengaruh yang luas terhadap manusia untuk menduduki dan mengelola bumi. Iklim bergantung kepada hubungan yang kompleks. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi iklim yaitu suhu, curah hujan, dan angin. Cuaca dan iklim akan selalu menyertai dan mempengaruhi kehidupan manusia untuk melaksanakan perkerjaan dan keadaan cuaca yang baik akan sangat berpengaruh. Musim hujan, musim pancaroba dan musim kemarau merupakan perbedaan kondisi cuaca yang ada di Indonesia. Indonesia merupakan daerah tropis, secara geografis berada di sekitar ekuator. Daerah indonesia dikatakan negara tropis disebabkan oleh adanya posisi matahari yang berubah antara garis balik dalam suatu periode tahun. Kota Bandung dan Sumedang terdapat taman alat yang digunakan sebagai tolak ukur analisis dari suatu cuaca secara real-time dan terdapat juga berbagai satelit Terra yang digunakan untuk menganalisis cuaca. Study awal yang akan dilakukan adalah menganalisis tiga buah data yaitu hasil satelit Terra, hasil data Taman Alat BMKG Bandung, dan hasil Taman Alat Lapan Sumedang. Akan terdapat kesimpulkan mengenai penyebab perubahan iklim di Wilayah Bandung dan Sumedang.


Article metrics

Abstract views : 209 | PDF views : 473

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


F. Fahma, "Perancangan Model Supply Demand Kedelai Sebagai Dasar Pengembangan Industri Berbasis Kedelai di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah," Gema Teknik Majalah Ilmiah Teknik, Vol. X, NO. 1, P. 50, 2009.

A. As-Syakur, "Identifikasi Hubungan Fluktuasi Nilai SOI Terhadap Curah Hujan Bulanan di Kawasan Batukaru-Bedugul, Bali," Bumi Lestari, Vol. IV, No. 2, PP. -, 2007.

F. M. Mangunjaya, "Bertahan di Bumi: Gaya Hidup Menghadapi Perubahan Iklim," In Yayasan Obor Indonesia, Mangunjaya, 2008.

W. B. Harijono, "Analisis Dinamika Atmosfer di Bagian Utara Ekuator Sumatera Pada Saat Peristiwa El-Nino dan Dipole Mode Positif Terjadi Bersamaan," Jurnal Sains Dirgantara, Vol. V, No. 2, 2010.

D. S. Mintorogo, "Strategi Aplikasi Sel Surya (Photovoltaic Cells) Pada Perumahan Dan Bangunan Komersial," Dimensi (Journal Of Architecture And Built Environment), Vol. 28, No. 2, 2004.

T. H. Karyono, "Wujud Kota Tropis di Indonesia: Suatu Pendekatan Iklim Lingkungan Dan Energi," Dimensi (Journal of Architecture and Built Environment), Vol. 29, No. 2, 2004.

Andikasani, M. Rifqi, M. Awaluddin and A. Suprayogi, "Aplikasi Persebaran Objek Wisata di Kota Semarang Berbasis Mobile GIS Memanfaatkan Smartphone Android," Jurnal Geodesi Undip, Vol. iii, No. 2, pp. 28-39, 2014.

D. T. Pugh and Tides, Tides, Surges and Mean Sea-Level (Reprinted with Corrections), John Wiley & Sons LTD, 1996.

Bronto, Sutikno and U. Hartono, "Potensi Sumber Daya Geologi di Daerah Cekungan Bandung dan Sekitarnya," Indonesian Journal on Geoscience, Vol. I, No. 1, pp. 9-18, 2006.

Puslitbang, B. M. K. G., "Kajian Cuaca Ekstrim di Wilayah Indonesia," BMKG, Bandung, 2008.

Widiasanti, A. Ayu and H. Hermawan, "Analisis Penempatan Sel Surya Pada Atap Setengah Lingkaran Sebagai Aplikasi Sistem Tenaga Off Grid," Transient, Vol. II, No. 3, pp. 791-798, 2013.

A. Fadholi, "Studi Pengaruh Suhu dan Tekanan Udara Terhadap Daya Angkat Pesawat di Bandara s. Babullah Ternate," Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika, Vol. I, No. 2, 2013.

N. Asynuzar, "Pengembangan Aplikasi Pengolahan Data Cuaca pada Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak," Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), Vol. III, No. 1, 2014.

M. Yusuf, "Desain Sensor Kecepatan Angin dengan Kontrol Adaptif untuk Anemometer Tipe Thermal," EEPIS Final Project, 2010.

K. E. A. Amelia, "Perancangan Sistem Monitoring Suhu, Kelembaban dan Titik Embun Udara Secara Realtime menggunakan Mkrokontroler Arduino dengan Logika Fuzzy Yang Dapat Diakses Melalui Internet," UNAND, 2010.


Refbacks

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar
 |  Tambah Komentar