Pelatihan Instalasi Listrik Dan Sound System Untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Santri Di Pondok Pesantren Roudlotul 'Ulum Bandung Barat

Lia Kamelia, Nanang Ismail, Adam Faroqi, Rina Mardiati

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) merupakan suatu media untuk menjembatani dunia pendidikan dengan masyarakat, dimana Perguruan Tinggi dihadapkan pada masalah bagaimana agar warga masyarakat mampu menghadapi tantangan lebih jauh ke depan di era globalisasi dengan berwirasusaha, mengenal berbagai keterampilan, dan berbagai bentuk pendidikan di luar sistem persekolahan. Pondok Pesantren Salafiyah dan Da'wah Roudlotul 'Ulum yang sudah berjalan sejak tahun 2001 telah memiliki lahan seluas 2000 m2 dan telah berwujud dalam 1 masjid, 9 asrama santri, madrasah sebagai ruang mengaji dan lain sebagainya Jumlah total santri saat ini berjumlah 150 orang. Sejak pertama dibangun, instalasi listrik dilakukan secara bertahap dengan pengerjaan dilakukan oleh sumber daya manusia yang tidak memahami tentang masalah kelistrikan sehingga menyebabkan instalasi tidak sesuai dengan standar kelistrikan. Setelah dilakukannya kegiatan ini diharapkan sistem suara yang berkualitas yang digunakan di Pondok Pesantren Salafiyah dan Da'wah Roudlotul 'Ulum  bisa mengoptimalkan kegiatan keagamaan di pondok pesantren tersebut juga bisa terbentuknya sebuah kelompok usaha perbaikan dan instalasi listrik khususnya sound system untuk menunjang perekonomian pesantren. Kegiatan dibagi dalam 3 tahap yaitu : persiapan; pelatihan dengan materi pengenalan tentang instalasi listrik , pengenalan sistem suara, perakitan amplifier, dan tahap akhir pendampingan.  Diharapkan kedepan diperlukan tindak lanjuti oleh seluruh pihak yang terkait untuk meyediakan segala hal yang berkaitan dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan sebagai langkah awal untuk menumbuh kembangkan semangat jiwa wirausaha (entrepreneur) bagi para santri. Oleh karenanya perlu ditingkatkan kerjasama yang lebih erat dan terencana antara Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah untuk menggali potensi-potensi yang ada di wilayah tersebut.


Keywords


Amplifier; instalasi listrik; pesantren Roudlotul “Ulum; sound system

Full Text:

PDF

References


Kusnandar, A., 2000, Pemasangan Dasar Instalasi Listrik, Armico, Bandung.

Badan Standarisasi Nasional (BSN), 2000, Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000), Standar Nasional Indonesia (SNI), Yayasan PUIL, Jakarta.

Panitia Revisi PUIL-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, 2001, Peraturan Umum Instalasi Listrik Indonesia 1987 , LIPI, Jakarta.

P. Van Harten, dan E. Setiawan, 1991, Instalasi Listrik Arus Kuat I, Binacipta, Bandung.

F. Suryatmo, 1998, Teknik Listrik Instalasi Penerangan , Bineka Cipta, Jakarta.

Malcolm Plant and Dr.Jan Stuart, School Council Modular Courses in TechnologyInstrumentation, Publisher : Oliver & Boyd

Uffenbeck,John E, Introdution to Electronic Devius and Circuits, Publisher :Prentice Hall

Floy, Romas L, Electronic Devices, Publisher : Mentril

Entis Sulaeman, Dasar-dasar Teknik Elektronika Digital 1, Publisher : TEDC Bandung, 1980

Boylestad & Nashelsky, Eletronic Devices and Circuit Theory, Publisher : Pretice Hall.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v1i2.3332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© All Right Reserved 2018.
Jurnal Online Al-Khidmat.

LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jalan A.H. Nasution No. 105 Cibiru
Kota Bandung 40614
Tlp/Fax: (022) 7800535/7803936