Pengolahan Sampah Organik Sebagai Upaya Peningkatan Produksi Pertanian Dan Perikanan Di Desa Karyamukti Kecamatan Pataruman Kabupaten Banjar Provinsi Jawa Barat

Meli Fauziah, Yulia Fitriani Rahmah

Abstract


Potensi yang dimiliki oleh Desa Karyamukti Kota Banjar khususnya dalam pengolahan dan penggunaan pupuk organik seperti pupuk kompos secara simultan terus dikembangkan untuk dapat mengurangi residu pada lahan sehingga keseimbangan unsur hara di lahan daerah tersebut tetap terjaga. Tanaman menjadi subur, dan dapat menghasilkan buah yang besar, segar, dan enak. Pendekatan yang paling tepat dalam penanganan sampah melalui pengolahan sampah terpadu dimana sistem ini merupakan system pengelolaan sampah tanpa sisa (zero waste system) dapat merubah paradigma dari cost center menjadi profit center dengan cara memaksimalkan peran serta masyarakat dan pemanfaatan sampah menjadi bahan yang punya nilai ekonomis.

Keywords


ekonomis; pertanian; sampah organik; terpadu

Full Text:

PDF

References


Gunam, w. 2007. Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos dengan Bantuan Mikroorganisme di Desa Sibetan Karangasem. Teknologi industri pertanian – fakultas teknologi pertanian. Universitas udayana.

Guntoro Dwi, Purwono, dan Sarwono. 2003. Pengaruh Pemberian Kompos Bagase Terhadap Serapan Hara Dan Pertumbuhan Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.). Dalam Buletin Agronomi, Departemen Agronomi dan Hortikultura, Institut Pertanian Bogor.Anonymous. 2004. RENTEC Renewable Energy Technologies Inc, www. rentec. ca, California, Amerika Serikat, diakses 16 September 2006.

Handayani, Mutia. 2009. Pengaruh Dosis Pupuk NPK dan Kompos Terhadap pertumbuhan Bibit Salam. Sebuah kripsi. Dalam IPB Information Resource Center diunduh 13 Juni 2010.

Karina, Pradinie, T, dkk,. Aplikasi Analisis SWOT dalam Implementasi Strategi Insfrastruktur Pemukiman Berkelanjutan di area Perkotaan Reo kabupaten Mnggarai Nusa Tenggra Timur.

Lilis Sulistyorini. 2005. Pengelolaan Sampah dengan Cara Menjadikannya Kompos. Jurnal Kesehatan Lingkungan, Vol. 2, No. 1, Juli 2005: 77-84.

Lingga. Pinus dan Marsono. 1999. Petunjuk Pemakaian Pupuk. Penerbit.Penebar Swadaya, Jakarta.

Rohendi, E. 2005. Lokakarya Sehari Pengelolaan Sampah Pasar DKI Jakarta,msebuah prosiding. Bogor, 17 Februari 2005.

Ramdani, Wahyu,. Dkk. 2016. Panduan KKN SISdamas (kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat). Bandung : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Saenab, A. 2007. Evaluasi Pemanfaatan Limbah Sayuran Pasar Sebagai Pakan Ternak Ruminasia di DKI Jakarta. Balai pengkajian teknologi pertanian Jakarta. Badan penelitian dan pengembangan pertanian. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v1i2.3335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© All Right Reserved 2018.
Jurnal Online Al-Khidmat.

LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jalan A.H. Nasution No. 105 Cibiru
Kota Bandung 40614
Tlp/Fax: (022) 7800535/7803936