Penerapan Model Pembinaan Keagamaan Melalui Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa

Siti Chodijah, Hasan Bisri

Abstract


Perilaku menyimpang dikalangan remaja sering terihat di berbagai media maupun lingkungan sekitarnya. Fenomena tersebut dapat ditarik keterkaitannya dengan kesadaran beragama. Hal tersebut berdasarkan temuan kasus, remaja yang bermasalah sering meninggalkan ibadah. Padahal kesadaran beragama merupakan salah satu tugas perkembangan remaja yang harus dioptimalkan. Salah satunya dapat dioptimalkan melalui program bimbingan pribadi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan program bimbingan, pelaksanaan program bimbingan, evaluasi program bimbingan yang dihubungkan dalam konteks program bimbingan pribadi sosial dalam mengembangkan kesadaran beragama siswa. Sehingga dapat dijadikan acuan dalam merumuskan sebuah konsepsi program bimbingan pribadi sosial dalam mengembangkan kesadaran beragama siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan populasi dan sampel, menentukan jenis dan sumber data, mengumpulkan teknik pengumpulan data, dan akhirnya mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian diperoleh, bahwa perencanaan program bimbingan telah melalui serangkaian tahapan yang sesuai dengan teori, meskipun masih terdapat tahapan perencanaan yang masih memerlukan pengembangan. Pada pelaksanaan bimbingan terdapat berbagai kegiatan dalam upaya mengembangkan kesadaran beragama seperti bimbingan kelas, konseling individu dan kegiatan pendukung lainnya. Sehingga sebagai upaya tindak lanjut dirumuskan pada konsepsi program bimbingan pribadi sosial dalam mengembangkan kesadaran beragama siswa. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa program bimbingan pribadi sosial diperlukan dalam mengembangkan kesadaran beragama siswa.

Keywords


Pribadi Sosial; Penerapan model; keagamaan; Karakter siswa; pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ahyadi, Abdul Aziz. 2005. Psikologi Agama Kepribadian Muslim Pancasila. Bandung: Sinar Baru Algesindo Bandung

Alquran karim. 2000.Bandung: CV Diponegoro.

Ancok, D dan Suroso, F. N. 2001. Psikologi Islami,. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar

Arifin, Bambang Syamsul. 2008. Psikologi Agama. Bandung: CV Pustaka Setia.

Arikunto, Suharismi. 2002 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.. Jakarta : Bina Aksara.

__________________. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arikunto, Suharismi. Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Aktivis Pendidikan). Jakarta: PT Bumi Aksara

Correy ,Geral. 2007. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama

Daradjat, Zakiah. 1973. Psikologi Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

______________. 2002. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: PT Bulan Bintang

_______________. 1983. Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: PT Gunung Agung

Dede Rahmat Hidayat, Herdi. 2013. Bimbingan Konseling (Kesehatan Mental di Sekolah). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dharma, Surya. 2008. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Direktur Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK

Diniaty, Amirah. 2012. Evaluasi Bimbingan Konseling. Pekan Baru: Zanafa Publishing.

Endi. 2012. Psikologi Agama. Yogyakarta: Spirit for Education and Development

Hawari, Dadang. 1997. Al-Qur’an Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. Jakarta: PT. Dana Bhakti Prima Yasa.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v1i2.3338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© All Right Reserved 2018.
Jurnal Online Al-Khidmat.

LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jalan A.H. Nasution No. 105 Cibiru
Kota Bandung 40614
Tlp/Fax: (022) 7800535/7803936