Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa SD Negeri 1 Cibugel

Aidil Syahfitra, Muhammad Asro

Abstract


Pendidikan dapat diartikan sebagai sebuah bentuk untuk memajukan kehidupan negara, kesejahteraan negara, dan menjadikan negara yang bermoral tinggi, beretika, dan berbudaya sosial yang mulia. Pendidikan dilakukan demi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pengabdian ini merupakan pengandian dalam bentuk penelitian kualitatif deskriptif, data-data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan sosialisasi . Analisis data menggunakan reduksi data, untuk mendeskripsikan Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa SD Negeri 1 Cibugel Desa Jayamekar Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa akan pentingnya akhlakuk karimah dalam kehidupan sehari-hari baik akhlak kepada Allah, orang tua, guru, teman sebaya maupun akhlak-akhlak yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu juga pengabdian ini juga bertujuan untuk menganalisa bagaimana tingkat moralitas siswa sebagai bahan pertimbangan untuk menilai kualitas akhlak generasi-generasi penerus bangsa, baik itu di masa sekarang atau nanti di masa yang akan datang.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki antusias dan partisipasi yang tinggi menjadi insan yang lebih baik hal ini terbukti secara implisit dalam kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan, yang mana hal ini secara tersirat menunjukkan perkembangan akhlak siswa dalam menghargai orang lain.


Keywords


Education. Praiseworthy, Internalization of values

Full Text:

PDF

References


Zaenul Fitri, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sutrisno. 2011. Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta : Fadilatama.

Zuhari. dkk. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama; Dilengkapi dengan Sistem Modul dan Permaianan Simulasi. Surabaya: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya dan Usaha Offset Printing.

Haryanto.2012. : dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para akhli”. http://belajarpsikologi. com/pengertianpendidikan-menurut-ahli/ diakes pada tanggal 22 september 2019

Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurdin, Muslim, dkk. 1995. Moral dan Kognisi Islam. Bandung: CV Alfabeta.

Aceh, Aboebakar. 1991. Pendidikan Sufi Sebuah Karya Mendidik Akhlak Manusia Karya Filosof Islam di Indonesia. Solo: CV. Ramadhani.

Soedijarto. 2003. Menuju Pendidikan Nasional Yang Relevan Dan Bermutu. Jakarta: BalaiPustaka

Thoha, Chabib. 2006. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maksudin. 2008. Pendidikan Nilai Sistem Boarding School di SMP Islam Terpadu Abu Bakar. Yogyakarta: Pps UIN Sunan Kalijaga.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v2i2.5984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aidil Syahfitra, Muhammad Asro