Bimbingan Akhlakul Karimah dan Perilaku Narsisme Remaja

Hikmat Hikmat

Abstract


Tulisan ini berupaya memberikan gambaran tentang profil dan implikasi narsisme dikalangan remaja dan upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan oleh orang tua, masyarakat dan pihak sekolah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan menggunakan teknik angket, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat narsisme remaja sekolah di Bandung Timur, berada pada kategori sedang. Jika dilihat dari distribusi narsisme per individu dapat diketahui bahwa, dari 137 remaja SLTA di Bandung Timur yang dijadikan responden, 53% berada pada kategori sedang. Namun, perilaku narsisme mereka berada pada posisi yang aman, sebab perilaku tersebut cenderung akan mengalami peningkatan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya pecegahan secara komprehensif sejak dini, oleh orang tua masyarakat dan pihak sekolah. Proses bimbingan akhlakulkarimahmenjadi sangat penting untuk mencegah perilaku narsisme yang lebih jauh.


Keywords


Akhlakul Karimah; Narsisme; Remaja Sekolah

Full Text:

PDF

References


Aditya, H. (2009). Faktor Penyebab Narsistik. Diakses tanggal 5/2/2016 [online]: https://onlydhit.wordpress.com/category/psikologi-kepribadian/

Buffardi, L. & Campbell, W. (2008). Narcissism and Social Network web sites. Personality and Social Psychology Bulletin, 34, hlm. 1303-1314

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Campbell, W. (1999). Narcissism and Romantic Attraction. Journal of personality and social psychology, 7 (66), hlm. 1254-1270

Choi, R.B. 2010. Social Media and Youth Narcissism: Methods of Utilizing Current Technology in an Instructional Setting. university of sanfrancisco: digital media and learning

Cooper, A. M., & Ronningstam E. (1992). Narcissistic personality disorder., Disorders of narcissism: Diagnostic, clinical, and empirical implications. Washington, DC: American Psychiatric Press.

Halgin, R & Whitbourne, S. (2010). Psikologi Abnormal. Jakarta: Salemba Humanika

Jacoby. (2002). Individuation and Narcissism: The Psychology of The Self In Jung and Kohut. Bruner-Loutledge: New York

Kernberg, O. (1980). Borderline Conditions and Pathological Narcissism. Jason Aronson, Inc: New York

Kohut, H. (1977). The Restoration of The Self. International Univerties Press: New York

Krajco, K. (2007). What Makes Narcissists Tick: Understanding Narcissistic Personality Disorder. Published by: www.operationdouble.com.

Lam, Z.K.W. (2012). Narcissm and Romantic Relationship: The Mediating Role of Perception Discrepancy. Discovery – SS Student E-Journal, 1 (1), hlm. 1-20

Makmun, S.A. (2007). Psikologi Kependidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Ningtyas, K. (2012). Hubungan Antara Pola Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook ndengan Kerentanan Viktimasi Cyber Harrasment pada Anak. Skripsi Departemen Kriminologi, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik. UI: Tidak Diterbitkan

Nevils, B. & Massie, R. (2014). The Relationship Between Social Network Usage and Narcissism 1. Hanover College: PSY 344 Social Psychology

Minderop, A. (2010). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Santrock, J.W. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Skodol, et al. (2013). Narcissistic Personality Disorder in DSM-5. American Psychology Association, hlm. 1-6

Soekanto, S. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers

Twenge, J. & Campbell, W. (2009). The narcissism epidemic, Living in the age of entitlement. Brian Johnson’s: Philosphernotes, hlm. 352

Vaknin, S. (2007). Maligant Self Love, Narcissism Revisited. E.book:

Ibrahim (2004), Panduan Pendidikan Islam, Pustaka Bandung.




DOI: https://doi.org/10.15575/anida.v15i2.1169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2015. Anida: Aktualiasai Nuansa Ilmu Dakwah, ISSN: 1410-5705 (print).