Peran dan Strategi Humas Perguruan Tinggi Islam di Kota Bandung

Dedi Herdiana, Khoiruddin Khoiruddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan memperoleh gambaran tentang peran dan strategi Humas perguruan tinggi Islam dalam melakukan pembentukan citra lembaga dan bagaimanakah citra Perguruan Tinggi Islam Di Kota Bandung. Persoalan tersebut dijelaskan dengan menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif, sedangkan teorinya adalah interaksi simbolik dan informasi organisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Humas ketiga perguruan tinggi Islam di Kota Bandung tersebut, berupaya menjalankan tugasnya sebagai mediator untuk menjembatani hubungan antar unsur perguruan tinggi, sesuai dengan porsi otoritas yang diberikan oleh perguruan tinggi masing-masing, karena Humas di tiga perguruan tinggi tersebut memiliki kewenangan yang tidak sama. Berdasarkan hasil penelitian, pembentukan citra yang dilakukan tiga perguruan tinggi tersebut dilakukan lewat jalur publistik, kerjasama, pameran dan sponsorship.

Keywords


Islam; Pembentukan Citra; Strategi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Irwan. 2007. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana UGM.

Creswell, John W. 1998. Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Traditions. London: SAGE Publications

Denzin, Norman K & Yvonna S. Lincoln. 2009. Handbook of Qualitative Research. Terjemahan Dariyatno. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy, Onong Uhyana. 1986. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remadja Karya

Husein Umar. 2003. Strategic Manajemen in Action : Konsep, Teori dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David dan Wheelen Hunger Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hubeis, M. 1998. Pengembangan Public Relations Efektif di Perguruan Tinggi. Bulletin IPB Edisi Agustus 1998. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Hifni, Alifahmi. 2005. Sinergi Integrasi Iklan, Komunikasi, Public Relations, Pema-saran dan Promosi,Bandung: Mizan Media Utama

Kasali, Rhenald. 1994. Manajemen Public Relations Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. 2008. Theories of Humman Communication, Ninth Edition. Belmont USA: Thomson Wardsworth.

Mulyana, Deddy dan Solatun. 2008. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: remaja Rosdakarya.

_______. 2008. Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, M.B & Huberman, A.M. 1992. Qualitatif Data Analysis. Thousand Oaks, CA: Sage.

Nasution, Z. 2006. Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan. Malang: UMM Pers.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS

Rachmadi, F, 1994. Public Relations dalam Teori dan Praktek, Aplikasi dalam Badan Usaha Swasta dan Lembaga Pemerintah, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Roslan, Rosady. 2003. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Ries Al & Ries Laura. 2003. The Fall of Advertising & The Rise of PR, Jakarta: PT. Gramedia

Komunikasi, Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto, 2005. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soemirat, Soleh dkk, 2000. Komunikasi Persuasif. Jakarta: Universitas Terbuka Depdiknas.

Syam, Nina Winangsih. 2009. Sosiologi Komunikasi. Bandung: Humaniora.

______1992. Efek Kampanye Sadar Wisata yang ditayangkan Televisi Terhadap Sikap dan Perilaku masyarakat mengenal Sapta Pesona dan Citra Wartawan Mancanegara. (Disertasi) Bandung: Pascasarjana unpad.

Sendjaja, Sasa Djuarsa. 2002. Pengantar Komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Suhandang, Kustandi. 2004. Public Relations Perusahaan : Kajian, Program dan Implementasi. Bandung: Nuansa

Udan, Dan. 2005. Managemen Strategi. Bandung: Rekayasa.

West, Richard dan Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer. Jakarta: Salemba Humanika.

Widodo Muktiyo. 2002. “PR Perguruan Tinggi“ – Berita Kagama, No. 14 XXVI / April

Yulianita, Neni. 2003. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Fikom UNISBA

BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 12, Nomor 2, Desember 2008, hlm.150-160

Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 4, Nomor 2, Desember 2007

Jurnal Ilmiah Scriptura, Vol. 2, No. 2, Juli 2008: 95 – 105

Jurnal Analisa: Vol. 2 No. 2, Agustus 2014: 251-259




DOI: https://doi.org/10.15575/anida.v15i2.1174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2015. Anida: Aktualiasai Nuansa Ilmu Dakwah, ISSN: 1410-5705 (print).