Prinsip Kearifan Lokal dalam Pengembangan Strategi Kehumasan pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.10566Keywords:
Strategy, Public Relations, Local Wisdom, Bandung Regency.Abstract
Public Relations of the Bandung Regency Government realizes that its area has a lot of potential for various local wisdom and has a heterogeneous society. This study aims to explore and analyze the values of local knowledge in developing public relations strategies in the government of Bandung Regency, West Java province. This study uses a constructivist interpretive (subjective) paradigm through a case study approach. The results showed that the Bandung Regency Government runs its government based on local wisdom. Bandung Regency Public Relations utilizes local insight and the region's potential to develop a public relations strategy to build and maintain a positive image of Bandung Regency. The impact of this research is expected to become a source of new scientific references in the development of public relations strategies in every region of Indonesia, which is very rich with various philosophies.
Humas Pemerintah Kabupaten Bandung menyadari wilayahnya memiliki banyak potensi kearifan lokal yang beragam, serta memiliki masyarakatnya yang heterogen. Penelitian ini bertujuan menggali dan menganalisis nilai-nilai kearifan lokal dalam pengembangan strategi kehumasan di pemerintahan Kabupaten Bandung provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif (subjektif) konstruktivis melalui pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menjalankan pemerintahannya berlandaskan pada kearifal lokal. Humas Pemkab Bandung memanfaatkan kearifan lokal dan potensi wilayahnya untuk mengembangkan strategi humas dalam membangun dan mempertahankan citra positif Kabupaten Bandung.Dampak penelitian ini diharapkan menjadi sumber rujukan ilmiah baru dalam pengembangan strategi kehumasan di setiap daerah Indonesia yang sangat kaya dengan beragam filosofi.
ÂReferences
Anggoro, L. (2002) Teori dan profesi kehumasan. Serta Aplikasinya di Indonesia: Jakarta. Bumi Aksara.
Budiana, H. R., Bajari, A., & Mulyawan, R. (2020). Transformasi nilai Sabilulungan dalam aktivitas komunikasi pelayanan publik di Pemerintahan Kabupaten Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 42-56. DOI : https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23768
Christin, M., & Fauzan, S. F. (2013). City Branding Kota Bandung melalui Bus Bandros. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Telkom, 7(2), 87-92. https:// journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/1089/1813
Cutlip, C. & Broom (2006) Effective Public Relations. Kencana Media Group
DN, K. (2017) Sabilulungan untuk Negeri; Revitalisasi, Internalisasi, dan Implementasi. Bandung: Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung.
Effendy, O. U. (2003) Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Elyas, L (2016) Bupati Purwakarta dan Walikota Bandung Raih Anugerah Kebudayaan pada HPN 2016 di Lombok, diakses tanggal 5 September 2020 melalui https://www.tarungnews.com/berita-foto/4724/bupati-purwakarta-dan-walikota-bandung-raih-anugerah-kebudayaan-pada-hpn-2016-di-lombok.html
Herlina, S. (2015) Strategi Komunikasi Humas dalam Membentuk Citra Pemerintahan di Kota Malang dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 4 (3). https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/132/167
Hidayat, D., & Zubair, H. (2014). Representasi Nemui-Nyimah sebagai Nilai-Nilai Kearifan Lokal: Perspektif Public Relation Multikultur. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 90-102. https:// jkms.ejournal.unri.ac.id
Humas Pemkab Bandung (2019) Program Sejuta Muzaki Kembali Digaungkan. Diakses tanggal 05 September 2020 Melalui <http://www.bandungkab. go.id/arsip/program-sejuta-muzaki-kembali-digaungkan>
Husen, A. P. (2019) Filosofi Sabilulungan Dalam Konteks Pembangunan Jemaat Di Gkp Lembang. Thesis. Universitas Kristen Duta Wacana Yogjakarta.
Indrawardana, I. (2012). Kearifan lokal adat masyarakat Sunda dalam hubungan dengan lingkungan alam. Komunitas: International Journal of Indonesian Society And Culture, 4(1). DOI: https://doi.org/10.15294/komunitas.v4i1.2390
Kasmirus, W. (2013) Peran Kehumasan dalam Membangun Citra Pemerintah di Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Administrasi Reform. 1 (1). DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jar.v1i1.458
Kodariah, S., & Gunardi, G. (2015). Nilai Kearifan Lokal dalam Peribahasa Sunda: Kajian Semiotika. Patanjala, 7(1), 113-130. DOI: 10.30959/patanjala.v7i1.88
Lubis, E.E. (2012) Peran Humas dalam Membentuk Citra Pemerintah dalam Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12 (1). DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jar.v1i1.458
Mustari, A. M., & Rijal, M. (2020). Aktivitas Humas Pemerintahan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Destinasi Wisata Di Kabupaten Kepulauan Selayar dalam STIMULI Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 89-95. http://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/stimuli/article/view/14
Nova, F. (2014) PR War Pertarungan Mengalahkan Krisis, Menaklukkan Media, dan Memenangi Simpati Publik. Jakarta: Grasindo.
Nova, F. (2012) Republic Relattions, Knowing Your Public is a Halfway to Win the Battle. Jakarta: Media Bangsa.
Redaksi (2019) Bandung 1.000 Kampung, Jelekong Produksi Seribu Lukisan Berbahan Sampah. Melalui < https://www.dara.co.id/bandung-1-000-kampung-jelekong-produksi-seribu-lukisan-berbahan-sampah.html> Diakses pada [05-09-2020]
Ruslan, R. (2006). Manajemen public relations dan media komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Rustandi, D. (2011) Optimalisasi Fungsi Website sebagai Media Komunikasi Pemerintahan, dalam Jurnal Observasi Kajian Komunikasi dan Informatika, 9 (2) 2011.
Rustandi, D. (2020) Media Sosial dan Public Relation Daring Pemerintah dalam Takariani, Praditya, dan Puspitasari (ed) Media, Komunikasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Salima.
Saepullah, U., & Rustandi, D. (2020). Literasi Jurnalisme Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bandung. Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi, 4(1), 25-46. DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.8446
Seitel, F.P. (1992). The Practice of Public Relations (5th ed.). New York: Macmillan.
Santoso, M. B., Rachim, H. A., & Syauqina, D. A. (2018). Komunikasi Kelompok Sebagai Faktor Pendorong Terbentuknya Kerjasama Dalam Menyelesaikan Pekerjaan K3L Di Lingkungan Universitas Padjadjaran. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 198-204. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18371
Widodo, B. (2016). Strategi Pencitraan Kota (City Branding) Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus di Kota Solo, Jawa Tengah dan Kabupaten Badung, Bali). Profetik: Jurnal Komunikasi, 7(2). http://202.0.92.5/isoshum/ profetik/article/view/1104
Zaenal, Z. (2014) PNS di Subang Kembali Kenakan Seragam Hansip. Diakses tanggal 5 September 2020 melalui PNS di Subang Kembali Kenakan Seragam Hansip.
Zianiwati, P. (2017). Penyelenggaraan Program Raksa Desa Untuk Mempartisipasikan Dan Memberdayakan Masyarakat Di Desa Cisondari. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2). https://ejournal.upi.edu/ index.php/ pls/article/view/8747
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish articles in Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons AttributionShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).