Ekologi Media: Penguatan Ekuitas Industri Pariwisata Melalui Media Sosial Marketing
DOI:
https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12010Keywords:
Media ecology, social media marketing, tourism industry equity.Abstract
Era digitalisasi membuat media sosial dimanfaatkan untuk mengambangkan sektor pariwisata. Melalui pendekatan kuantitatif asosiatif kasual dengan teknik purposive sampling, peneliti bertujuan mengungkapkan hubungan antara sosial media marketing dengan ekuitas industri pariwisata melalui kajian teori ekologi media. Peneliti menunjukan bahwa, penggunaan media sosial dalam industri pariwisata harus direncanakan dan diterapkan secara sistematis untuk meningkatkan engagement pengunjung yang akan berdampak pada penguatan ekuitas industri pariwisata. Pariwisata merupakan kebutuhan sekunder yang menjadi salah satu alasan mengapa teori ekologi media tidak secara maksimal membuktikan adanya hubungan kuat antara social media marketing dengan ekuitas. Kurangnya pemerataan pengelolaan wisata, kurang maksimalnya program, hingga minimnya konsistensi pemerintah dalam melaksanakan program pemasaran secara berkelanjutan serta minimnya pemberdayaan masyarakat, menjadi alasan minimnya interest holiday pada industri pariwisata Indonesia.Â
References
Allifiansyah, S. (2017). Studi Politainment dalam prespektif Ekologi media dalam Indsutri Televisi Indonesia. Prosiding ISKI, 01(01), 702–715.
Dahmiri. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Brand Equity terhadap Minat Beli. Kinerja, 17(2), 194–201.
Droumeva, M., & Jordan, R. (2019). Sound, Media, Ecology. palgrave macmillan.
Hartono, H. (2020). Analisis Pengaruh Pemaasran Media Sosial Terhadap Brand Awareness co.white. PERFORMA, 4(6), 872–881.
Heggde, G., & Shainesh, G. (2018). Social Media Marketing (G. Heggde & G. Shainesh (eds.)). palgrave macmillan.
Hinterholzer, T., & Joss, M. (2017). Social Media Marketing und-Management im Tourismus. SpringerGabler.
Irawan, A. D., & Hadisumarto, A. D. (2020). Pengaruh Aktivitas Social Media Marketing Terhadap Brand Trust , Brand Equity , dan Brand Loyalty Pada Platform Social Media Instagram. Jurnal Manajemen Dan Usahawan Indonesia, 43(1), 44–58.
Julianti, I., & Delliana, S. (2020). Rebel Together Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Madformakeup di Tengah Pandemi COVID-19. Communicatus, 4(2), 207–228. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.9686
Keller, K. L., Parameswaran, A. M. ., & Jacob, I. (2017). Strategic Brand Management (4th ed.). Pearson.
Kinanti, S. putri, & Putri, P. S. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @ Zapcoid Terhadap Brand Equity Zap Clinic. Jurnal Komunikasi, 9(1), 53–64.
Kreutzer, R. T. (2018). Social-Media- Marketing kompakt. SpringerGabler.
Kusuma, B. A., Primadani, B., & Putri, S. (2019). Pengaruh Social Media MArketing terhadap Brand Equity. JIM UPB, 7(1), 33–37. https://doi.org/2549-9491
Lammenett, E. (2018). Praxiswissen Online-Marketing. SpringerGabler.
Liu, Y. (2018). Social Media Marketing in China mit WeChat. SpringerGabler.
Lopez, A. (2021). Ecomedia Literacy : Integrating Ecology into Media Eduaction. Taylor & Francis Group.
Mahardika, E. D., & Hendrawan, D. (2019). Analisis Pengaruh Dimensi Social Media Marketing Efforts terhadap Brand Equity pada Mie Setan di Kota Malang.
Mardiana. (2018). Pengaruh Media Sosial terhadap Tingkat Pidana Narkotika di Sulawesi Tenggara. Communicatus, 2(2), 109–120. https://doi.org/10.15575/cjik.v2i2.3659
Mudjiyanto, B. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif; Ekologi Media Massa. PROMEDIA, 3(1), 98–126.
Nurrahmi, F., & Syam, H. M. (2020). Perilaku Informasi Mahasiswa dan Hoaks di Media Sosial. Communicatus, 4(2), 129–146. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.9215
Priatni, S. B., Hitriana, T., & Hindarwati, E. N. (2019). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variable Intervening pada Martha Tilaar Salon Day Spa. Juenal Ekonomi, Manajemen, Dan Perbankan, 5(3), 145–155.
Quesenberry, K. A. (2016). Social Media Strategy (E. Wwayze (ed.)). Rowman & Littlefield.
Radhitama, J. I. (2018). Analisis Pengaruh Social Media mArketing tehadap Brand Equity dan Brand Loyalty sebagai Variabel Mediasi pada Akun Instagram @GojekIndonesia. Repository.Ub.
Ratana, M. (2018). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Ekuitas Merek ( Program Crowdscourcing Foto Periode 18 Juli 2016 – 2 April 2017 di Instagram). Jurnal Studi KOmunikasi Dan Media, 22(1), 13–28.
Ristanto, R. P. (2017). Studi Ekologi Media tentang Reklame Bando pada Persaingan Perusahaan Periklanan Dijalan Utama Kota Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.
Rohimah, A., Hariyoko, Y., & Ayodya, B. P. (2018). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik ( JIAP ) Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata Melalui Pendekatan Community Based. JIAP, 4(4), 363–368.
Rohimah, A., & Novaria, R. (2019). Komunikasi “Social Marketing†Dalam Proses Difusi Inovasi Revitalisasi Masyarakat Desa Wisata “Kampung Lawas Maspati.†Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1). https://doi.org/10.23969/linimasa.v2i1.1383
Rohimah, A., & Romadhan, M. I. (2019). Marketing Communication Strategy of Halal Tourism Around Gus Dur’s Cemetery in Jombang. INJECT, 4(1), 1–14.
Saputra, A. (2019). Survei Pengguna Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. 40(2), 207–216. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476
Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok . co dalam Mempertahankan Brand Engagement. Biokultur, 9(2), 152–171.
Vidyatama, D. (2019). Peran Brand Credibility sebagai Mediasi Pengaruh Strategi Celebrity Endormsement terhadap brand equity. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 12(1), 62–84.
Weindel, J. K. (2016). Retail Brand Equity and Loyalty. SpringerGabler.
Zulfikar, A. R. (2017). Pengaruh Social Media MArketing Terthadap Brand Trust pada Followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Al-IDARAH, 1(2), 279–294.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish articles in Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons AttributionShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).