Manajemen Komunikasi Dompet Ummat dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam

Halim Setiawan

Abstract


Filantropi sebenarnya merupakan sebuah istilah yang relatif baru di Indonesia dibandingkan dengan istilah-istilah zakat, wakaf atau sedekah dan infak, yang sudah akrab di telinga masyarakat. Oleh karena itu kajian filantropi belum banyak mendapat perhatian dari para sarjana. Sehingga dengan adanya kajian tentang manajemen filantropi Dompet Ummat Kabupaten Sambas dapat memberikan penjelasan pengelolaan filantropi dari sebuah organisasi. Selain itu juga melalui kajian ini dapat melihat pemberdayaan ekonomi umat Islam yang dibantu oleh Dompet Ummat kabupaten Sambas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan sosiologi. Sedangkan metode yang digunakan dalam riset ini adalah metode deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori manajemen dari Stephen P. Robbins dan James A.F. Stoner, yaitu adanya perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian. Keberhasilan dalam manajemen filantropi yang dilakukan oleh Dompet Ummat yaitu dengan menerapkan empat unsur manajemen. Empat unsur tersebut adalah perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian. Pemberdayaan ekonomi umat Islam di kabupaten Sambas oleh Dompet Ummat dilakukan melalui penyaluran bantuan dari hasil sumbangan donatur, maupun dari zakat, infak dan sedekah yang disusun berdasarkan program kerja yang telah dibuat. Program kerja yang dibuat oleh Dompet Ummat adalah bidang, kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial dan keagamaan maupun sosial bisnis.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i1.1088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Editorial Office:

4th Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614

Contact +6281321553313 Telp. (022) 7810788 Fax. (022) 7810788

E-mail: jurnal.ilmudakwah@uinsgd.ac.id

View My Stats