CITRA PEREMPUAN DALAM LAGU-LAGU DANGDUT: ANALISA FEMINISME DALAM BUDAYA POPULER

Hasby Ash-shidiqy

Abstract


Pemahaman citra perempuan atau femininitas dari  waktu ke waktu tidak pernah lepas dari unsur budaya yang mengikutinya. Penelitian ini menganalisa citra perempuan dalam beberapa lagu dangdut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Feminisme dalam menganalisanya. Teori ini dipakai untuk menjelaskan: pertama, bagaimana perempuan digambarkan dalam lagu-lagu dangdut dan kedua, bagaimana budaya patriaki membentuk citra perempuan dalam kaitannya dengan norma budaya femininitas. Dari hasil analisa ditemukan bahwa terdapat enam citra perempuan, sebagai istri yang menderita, gadis lugu, penyanyi dangdut, wanita idaman lain, wanita karier dan, perempuan yang materialistis. Keenam citra tersebut terbentuk karena latar belakang budaya yang melingkupi produksi lagu-lagu tersebut adalah budaya patriaki, sehingga cara pandang terhadap perempuan tersebut menggunakan kacamata patriaki.


Keywords


Dangdut, Budaya Populer, Feminisme, Feminitas, Patriaki

Article metrics

Abstract views : 31 | PDF views : 111

Full Text:

PDF

References


Anggraina, Gina, “Representasi Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Kontemporer”, 7 Juli 2015. http://core.ac.uk/download/pdf/11735230.pdf

Cawelti, John, G, Adventure, Mystery, and Romance, Chicago: The University of Cichago Press, 1977.

Nurmila, Nina, Women, Islam, and Everyday Life: Renegotiating Polygamy in Indonesia, New York: Routledge, 2009.

Portal Sejarah, 3 Juli 2015. http://www.portalsejarah.com/sejarah-dan-perkembangan-musik-dangdut-di-indonesia.html

Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka, 3 Juli 2015. http://pusbangkol.perpusnas.go.id/resensi-1.html

Ratna, Nyoman Kutha, Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra, Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Rowling, J.K., Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, London: Bloomsbury, 2010.

Riordan, Rick, Percy Jackson and the Lightning Thief, London: Puffin Books, 2005.

Ruswandie, 3 Juli 2015. http://purwandie.heck.in/asal-mula-dan-sejarah-aliran-musik-dangd.xhtml

Safitri, Fradina Dwi, “Representasi Citra Perempuan Dalam Iklan Televisi (Analisa Semiotika Representasi Perempuan dalam Iklan WRP Diet To Go DI Televisi Swasta Medan). 7 Juli 2015. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/38192/7/Cover.pdf

Strinati, Dominic, An Introduction to Theories of Popular Culture, New York: Routledge, 1999.

Storey, John: Cultural Theory and Popular Culture: an Introduction, Edinburgh: Pearson Education Limited, 2001.

Tyson, Lois, Critical Theory Today: A User-Friendly Guide, 2nd edition, New York: Routledge, 2006.

Venker, Suzanne dan Phyllis SchLafly, The Flipside of Feminism: What Smart Women Know, and Men Can’t Say, Washington D.C: Word Net Daily, 2010.

Wolf, Virginia, A Room of One’s Own, London: Grafton, 1977.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats