Editorial Policies

Focus and Scope

The scope of JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics:

  • Physics Education Research. 
  • Model of Teaching.
  • Learning Methods
  • Evaluation of Physics Learning.
  • Learning Media

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

  1. Semua artikel yang masuk ke Jurnal Mutara Pedagogik akan diseleksi, dibaca, dan direview secara tertutup (doble blind review) oleh reviewer yang merupakan pakar dibidangnya.
  2. Penerimaan artikel bergantung pada kebenaran isi, derajat keaslian, kejelasan uraian, dan kesesuaian dengan focus and scope jurnal.
  3. Keputusan reviewer terhadap artikel yang masuk adalah sebagai berikut :
    1. dapat diterima tanpa revisi,
    2. diterima dengan revisi minor,
    3. diterima dengan revisi mayor,
    4. resubmit atau
    5. ditolak.
  4.  Hasil review artikel oleh reviewer akan diberitahukan kepada penulis melalui email.
  5. Penulis diberikan kesempatan untuk merevisi artikelnya sesuai dengan saran reviewer (dan editor) paling lambat 1 minggu setelah email pemberitahuan.
  6. Setiap naskah/artikel yang dikirimkan pada Jurnal Mutiara Pedagogik tidak dikenai biaya (free charge), yang mencakup : proses submit artikel, proses review, pengeditan, penerbitan, dan lainnya.
  7. Setiap naskah/artikel yang masuk akan dilakukan proses screening plagiarism menggunakan software plagiarism checker x.
  8. Setiap naskah/artikel yang masuk akan dilakukan telaah dan peninjauan oleh reviewer (mitra bestari).
  9. Proses review menggunakan Double Blind Review, artinya reviewer tidak mengetahui indentitas penulis, dan penulis pun tidak mengetahui identitas reviewer.
  10. Dalam proses review, para reviewer memberi pertimbangan terkait dengan kesesuaian antara judul dengan abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, simpulan dan saran.
  11. Selain itu reviewer juga memberi pertimbangan terkait dengan kebaruan (novelty), dampak ilmiah serta referensi yang digunakan.
  12. Seluruh artikel yang terbit pada Jurnal Mutiara Pedagogik bersifat terbuka (open access).

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 


Moraref