Market Driven Strategy to Increase the Number of People Interested in Universities
DOI:
https://doi.org/10.15575/jbpd.v6i2.42814Abstract
Minat calon mahasiswa baru terhadap Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung pada jalur SPAN PTKIN terus meningkat dalam lima tahun terakhir (2019 – 2023) terlebih pada tahun 2023 terjadi lonjakan hingga jumlah pendaftar mencapai 60.643 siswa. Lonjakan ini tidak terlepas dari strategi yang dilakukan oleh Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung untuk mempromosikan produknya sesuai dengan kebutuhan pasar kepada masyarakat secara umumnya dan calon mahasiswawa khususnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan strategi produk berdasarkan konsep market driven strategy dalam meningkatkan jumlah peminat calon mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung pada jalur SPAN PTKIN. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif berdasar pada studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi non-partisipan, dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini terdiri dari senat universitas dan pegawai pada bagian penerimaan mahasiswa baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan berdasarkan teori pengembangan strategi produk berdasarkan konsep market driven strategy dari David W. Cravens, Nigel F. Piercy, dan Ashley Prentice sudah berjalan optimal, tetapi masih belum dioptimalisasikannya dimensi pemanfaatan merek yang dalam hal ini baru menggunakan strategi line extension dan brand extension.References
Alamanda, D. T., & Ramdhani, A. (2018). Strategi Pemasaran. In Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Garut.
Alshanty, A. M., & Emeagwali, O. L. (2019). Market-sensing capability, knowledge creation and innovation: The moderating role of entrepreneurial-orientation. Journal of Innovation and Knowledge, 4(3), 171–178. https://doi.org/10.1016/j.jik.2019.02.002
Anderson, N., PotoÄnik, K., & Zhou, J. (2014). Innovation and Creativity in Organizations: A State-of-the-Science Review, Prospective Commentary, and Guiding Framework. Journal of Management, 40(5), 1297–1333. https://doi.org/10.1177/0149206314527128
Arpah, S. (2021). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru di STAI NW Samawa Sumbawa Besar. Al-Bayan: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 1(1), 18–29. https://stainwsamawa.ac.id/jurnal/index.php/al-bayan/article/view/13
Bayu, D. (2022). Survei: Mayoritas Warga Ingin Anaknya Melanjutkan Kuliah S1. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/pendidikan/detail/survei-mayoritas-warga-ingin-anaknya-melanjutkan-kuliah-s1
Bernacki, M. L., Greene, J. A., & Crompton, H. (2020). Mobile Technology, Learning, and Achievement: Advances in Understanding and Measuring The Role of Mobile Technology in Education. Contemporary Educational Psychology, 60. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101827
Cravens, D. W., Piercy, N. F., & Prentice, A. (2000). Developing Market-driven Product Strategies. Journal of Product & Brand Management, 9(6), 369–388. https://doi.org/10.1108/10610420010356975
Dariyanto, E. (2021). Setiap Tahun 3,7 Juta Pelajar Lulus SMA, Hanya 1,8 Juta yang Bisa Kuliah. Detik.Com. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5623865/setiap-tahun-3-7-juta-pelajar-lulus-sma-hanya-1-8-juta-yang-bisa-kuliah
Fauzi, H. (2023). Peminat PTKIN Terus Meningkat. Kemenag.Go.Id. https://kemenag.go.id/nasional/peminat-ptkin-terus-meningkat-8lwmnw
Harwani, Y., Suharjo, B., Nurmalina, R., & Suprayitno, G. (2018). Minat Pemilihan Perguruan Tinggi dan Peran Kelompok Referensi serta Komunikasi Pemasaran Terintegrasi. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 186–207. https://doi.org/10.22441/jurnal_mix
Hasanah, A. (2023). Communication Strategy in Attracting Public Interest Based on Pesantren. Journal of Reserrch in Educational Management, 2(1), 20–27. https://journal.literasantri.com/index.php/jrem/article/view/54
Hefni, W. (2021). SPAN-PTKIN 2021 Telah Diumumkan, Cek di sini. Kemenag.Go.Id. https://www.kemenag.go.id/nasional/span-ptkin-2021-telah-diumumkan-cek-di-sini-rwn7ms
Hitka, M., Ďurian, J., Lorincová, S., & Dúbravská, B. (2021). Influence of selected macroeconomic indicators on employee motivation. E&M Economics and Management, 24(3), 4–22. https://doi.org/10.15240/TUL/001/2021-03-001
Hitka, M., Rózsa, Z., Potkány, M., & Ližbetinová, L. (2019). Factors forming employee motivation influenced by regional and age-related differences. Journal of Business Economics and Management, 20(4), 674–693. https://doi.org/10.3846/jbem.2019.6586
Imran, M., Lubis, D. P., & Ginting, B. (2015). Analisis Kepuasan Mahasiswa Baru Terhadap Komunikasi Layanan Kemahasiswaan (New Student Satisfaction Analysis of Communication Services Student). Jurnal Komunikasi Pembangunan, 13(1). https://doi.org/10.46937/13201510379
kemdikbud.go.id. (2022). Kemendikbudristek Tingkatkan Kualitas Penerimaan Mahasiswa Baru dengan Penyelerasan Skema SMPTN. Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/09/kemendikbudristek-tingkatkan-kualitas-penerimaan-mahasiswa-baru-dengan-penyelerasan-skema-smptn
kemenag.go.id. (2023). 75.362 Siswa Lulus SPAN-PTKIN 2023, Ini 10 Kampus Paling Diminati. Kemenag.Go.Id. https://kemenag.go.id/pers-rilis/75-362-siswa-lulus-span-ptkin-2023-ini-10-kampus-paling-diminati-eYz5L
Kusuma, Y. A. (2023). Penerapan Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Fakultas Teknik di Universitas XYZ. Journal of Industrial & Quality Engineering, 11(1), 33–44. https://doi.org/10.34010/iqe.v11i1.8405
Kusumadewi, R. A., & Ramdan, A. (2022). Penerapan Konsep 7P sebagai Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa di STAI Darussalam Kunir. ICoIS: International Conference …, 3(2), 434–440. https://ejournal.iaforis.or.id/index.php/icois/article/view/159
Latham-Green, T. (2015). Competitive advantage: The importance of adaptability. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30813.03044
Malarangan, H., Salim, M., & Haekal, A. (2020). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 75–88. https://doi.org/10.24239/jiebi.v2i2.33.75-88
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2019). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (Fourth). SAGE Publications.
Nulufi, K., & Murwartiningsih. (2015). Minat Beli sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pekalongan. Management Analysis Journal, 4(2), 129–141. https://doi.org/10.15294/maj.v4i2.7813
Nurazizah, Putri, S. J. A., Muftirah, A., & Irmayanti. (2023). Daya Tarik Mahasiswa dalam Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.35141/jie.v6i1.655
Retnoningsih, Y. D., & Marom, A. (2017). Analisis Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Uang Kuliah Tunggal Bagi Perguruan Tinggi Negeri Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang Jawa Tengah. Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 1–15. https://doi.org/10.14710/jppmr.v6i2.16064
Rubio, Z. A., Acosta, J. F., Banaitis, A., & Ferreira, F. A. F. (2022). Managing Communication and. E&M Economics and Management, 25(2), 75–92. https://doi.org/10.15240/tul/001/2022-2-005
Shen, C., & Ho, J. (2020). Technology-enhanced Learning in Higher Education: A Bibliometric Analysis with Latent Semantic Approach. Computers in Human Behavior, 104. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106177
suakaonline.com. (2020). Kampusiana MKS UIN Bandung Jurusan Paling Diminati di Jalur SPAN-PTKIN. Suakaonline.Com. https://suakaonline.com/mks-uin-bandung-jurusan-paling-diminati-di-jalur-span-ptkin/
Syukri, & Sumarni. (2020). Strategi Humas Dalam Meningkatkan Minat Calon Mahasiswa Baru di Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Komunikasi Dan Organisasi (JKO), 2(1), 43–52. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jko/article/download/6064/3827
tribunnews.com. (2019). Span-ptkin.ac.id- Jadwal dan Cara Daftar SPAN-PTKIN 2019: Ini Jurusan dan Kampus Paling Diminati. Tribunnews.Com. https://makassar.tribunnews.com/2019/01/31/span-ptkinacid-jadwal-dan-cara-daftar-span-ptkin-2019-ini-jurusan-dan-kampus-paling-diminati?page=all
uinsgd.ac.id. (2022). 5 PTKIN dengan Jumlah Pendaftar Terbanyak SPAN-PTKIN 2022. Uinsgd.Ac.Id. https://uinsgd.ac.id/5-ptkin-dengan-jumlah-pendaftar-terbanyak-span-ptkin-2022/
Urbancova, H., Vrabcova, P., Pacáková, Z., & Janků, Š. (2023). Top-down internal communication and its importance for the sustainability of agricultural organizations from the perspective of Tomas Bata;s management philosophy. PLoS ONE, 18(9), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0291087
webometrics. (n.d.). No Title.
Wijaya, N. P. N. P., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2023). Pengaruh Word of Mouth dan World Class University terhadap Pemilihan Perguruan Tinggi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 43–54. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.2683
Zahrah, H., Nurmadiah, N., Maisah, M., & Fadhilah, F. (2023). Strategi Perguruan Tinggi Islam dalam Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus di Universitas Islam Indragiri Tembilahan Riau). Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 149–164. https://doi.org/10.46963/alliqo.v8i1.1120
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).