POLA KOMUNIKASI HUMAS RUMAH SAKIT DI ERA DIGITAL

Diah Fatma Sjoraida, Rully Khairul Anwar

Abstract


Penelitian membahas tentang pola komunikasi sebagai bentuk perilaku komunikasi di kalangan pegawai humas RS. Pakuwon, Sumedang. Di sini dibahas bagaimana adaptasi sebuah rumah sakit terhadap perkembangan zaman, terutama perkembangan teknologi. Dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, diketahui bahwa RS itu bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan pasiennya tetapi juga ada keinginan diakui sebagai wahana komunikasi kesehatan sehingga masyarakat selalu tertambat hatinya ke RS tersebut. Dari situlah maka pelayanan komunikasi kesehatan yang dilakukan Humas RS. Pakuwon semakin meningkat sejalan dengan jalannya komunikasi massa yang semakin marak.


Keywords


komunikasi massa; komunikasi kesehatan; era digital; manajemen rumah sakit

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. K., Rusmana, A., & Rahman, M.T. (2018). The Politics Of Information On Traditional Medical Practices In Bandung Barat. MIMBAR, Vol. No 1st (June) 2018 pp. 158-165, 34(1), 158-165.

Chen, P. T., & Hu, H. H. (2010). The effect of relational benefits on perceived value in relation to customer loyalty: An empirical study in the Australian coffee outlets industry. International journal of hospitality management, 29(3), 405-412.

Coombs, W. T., & Holladay, S. J. (2013). It's not just PR: Public relations in society. John Wiley & Sons.

Epstein, M. J. (2018). Making sustainability work: Best practices in managing and measuring corporate social, environmental and economic impacts. Routledge.

Katsioloudes, M., & Abouhanian, A. K. (2016). The Strategic Planning Process: Understanding Strategy in Global Markets. Routledge.

Laporan Tahunan RSUP (Rumah Sakit Umum Pakuwon). 2017. Sumedang.

Manners, R. A. (2017). Professional dominance: The social structure of medical care. Routledge.Newsom, D., Turk, J., & Kruckeberg, D.(2012). Cengage Advantage Books: This is PR: The Realities of Public Relations. Cengage Learning.

Sahaf, M. A. (2008). Strategic marketing: making decisions for strategic advantage. PHI Learning Pvt. Ltd.

Vos, T. P. (2011). Explaining the origins of public relations: Logics of historical explanation. Journal of PublicRelations Research, 23(2), 119-140.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.