PERAN FILM AYAT-AYAT CINTA 2 TERHADAP PRILAKU ETIKA ISLAM PADA REMAJA (Studi Analisis di SMP Plus Al- Ghifari Kota Bandung)

Muhammad Wahyuda

Abstract


Pada era globalisasi faktor media massa sangat mudah mempengaruhi prilaku remaja saat ini, sayangnya faktor media massa sangat rentan disisipi nilai amoral dan budaya negatif. Nyaris film yang ditayangkan dibioskop sangat berperan pada pola pikir yang dapat merubah prilaku remaja saat ini. Film religi pun berkembang, salah satunya film Ayat-ayat Cinta 2 karya Guntur Soeharjanto produksi MD picture. Untuk mengetahui peran film Ayat-ayat Cinta 2 terhadap prilaku etika Islam para remaja, maka penulis meneliti siswa di SMP Plus Al-Ghifari Bandung. Dalam penelitian ini, sampel diambil dari siswa-siswi yang telah nonton bersama film Ayat-Ayat Cinta 2 di Metro Indah Mall Bandung. Dari keseluruhan siswa-siswi, sampel yang saya lakukan hanya kepada siswa-siswi kelas dua saja. Dengan asumsi kelas tersebut mewakili kelas satu dan kelas tiga. Dari jumlah keseluruhan siswa kelas dua sebanyak 200 orang, dengan perhitungan yang mengacu pada perhitungan sampel menurut Suharsimi Arikunto, yaitu: (10 x 200) : 100 = 20. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka jumlah sampelnya adalah 20 orang


Keywords


Media Massa, Ayat-ayat Cinta 2, Etika Islam, Remaja

Full Text:

PDF

References


Soetjiningsih. 2004. Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya. Jakarta: CV.Agung Seto.

Sen, Krishna. 2009. Kuasa Dalam Sinema Negara, Masyarakat, dan Sinema Orde Baru. Yogyakarta: Ombak.

esis. 1996. “Psikologi.” Dalam Pengaruh Komunikasi Keluarga dan Tayangan Televisi Terhadap Prilaku Sosial Anak Sekolah Usia 12 Tahun Di Kodya Bandung, oleh Jenny Ratna Suminar. Bandung: Program Pascasarjana Unpad.

Sudarsono. 1993. Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja. Jakarta: PT.Rineke Cipta.

W.Santrock, Jhon. 2007. Remaja Edisi 11 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Akhlak, Tim. 2003. Etika Islam dari Kesalehan Individual Menuju Kesalehan Sosial. Jakarta: Al-Huda.




DOI: https://doi.org/10.15575/saq.v3i1.3140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Syifa Al-Qulub Visitors

Creative Commons License

Syifa al Qulub is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.