ULAMA SEBAGAI WARATSATUL ANBIYA (PERGESERAN NILAI ULAMA DI MATA MASYARAKAT ACEH)

Yumna Yumna

Abstract


Perkembangan dua pengertian ulama yaitu ulama kitab sebagai ulama yang memiliki ilmu pengetahuan agama mendalam saja, dan ulama wetenschap sebagai ulama yang memiliki ilmu pengetahuan agama secara mendalam juga memiliki ilmu pengetahuan umum atau ulama intelektual. Ulama sebagai pewaris para nabi berarti bahwa setiap orang yang memiliki pengetahuan agama harus menyebarkannya kepada masyarakat sebagaimana tugas para nabi yang secara implisit dalam hal termasuk Nabi Muhammad SAW yang Rasulullah. Orang yang mempunyai pengetahuan agama dan mengimplikasikannya inilah waratsatul anbiya. Dalam rangka mengakurasi data tentang ulama, maka penulis mengumpulkan data primer dengan mengadakan penelitian lapangan menemui para responden sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui teknik studi dokumentasi, observasi, dan interview.  Konsep basic pengertian terminologi ulama sebagai pewaris para nabi, merupakan figur sumber kepemimpinan, baik pemimpin agama maupun dalam politik Posisi seperti ini kemudian mengalami degradasi akibat politik Belanda yang menekan peran dan fungsi ulama pada posisi hanya berorientasi kepada masalah keagamaan, Dalam perkembangan selanjutnya dengan lahirnya organisasi ulama yang tergabung dalam PUSA yang pada gilirannya mampu memproduk generasi ulama modern dengan berpengetahuan luas mencakup ilmu pengetahuan umum serta mampu berkiprah di semua bidang.


Keywords


Ulama, Spiritual, Nilai, PUSA

Full Text:

PDF

References


Alfian. “Cendekiawan dan Ulama dalam Masyarakat Aceh Sebuah Pengamatan Permulaan.” In Segi-segi Sosial Budaya Masyarakat Aceh. Jakarta: LP3ES, 1977.

Hamidy, Rasul. “Laporan Penelitian Harisma Ulama dalam Persepsi Masyarakat Aceh.” Banda Aceh, 1981.

Hasjmy, A. Ulama Makin Langka. Panji Masyarakat No. 437 tahun XXVI, 1984.

Isnuha. “Laporan Penelitian Pengaruh PUSA terhadap Reformasi di Aceh.” Banda Aceh, 1981.

Soewarno. Ulama sebagai Politici Lokal di Kabupaten Aceh Utara. Yogyakarta: Basis, 1977.

Yulianti, Erba Rozalina. Psikologi Transpersonal. Bandung: Lembaga Penelitian Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, n.d.




DOI: https://doi.org/10.15575/saq.v3i1.3141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Syifa Al-Qulub Visitors

Creative Commons License

Syifa al Qulub is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.