Kepemimpinan Sunan Gunung Djati: Tinjauan Filsafat Etika dan Nilai-Nilai Al-Qur’an

M. Solahudin, Dodo Widarda

Abstract


Di satu sisi, kepemimpinan Sunan Gunung Djati mengusung konsep Tauhidullah (syi’ar Islam), sedang di sisi lain, dalam masa kepemimpinannya, kelangsungan budaya lokal dan budaya dari agama lama pada saat itu, sangatlah kental pada masyarakat. Bahkan cenderung digunakan oleh Sunan dalam syi’arnya di masa kepemimpinannya. Maka, kemurnian dan ketidak murniannya dapat ditinjau dengan menggunakan filsafat etika dan nilai-nilai al-Qur’an.

   Adapun tujuan penelitian ini yaitu, untuk membangun sebuah konsep kepemimpinan Sunan  Gunung Djati, baik dalam tinjauan Filsafat Etika, dan Nilai-Nilai al-Qur’an, serta bagaimana pendekatan filsafat etika dan nilai-nilai al-Qur’an terhadap petatah-petitih Sunan Gunung Djati

Penelitian ini juga, bertolak dari sebuah pemikiran bahwa kepemimpinan Sunan Gunung Djati dalam tinjauan filsafat etika dan nilai-nilai al-Qur’an, jika diaplikasikan dalam kehidupan manusia, terlebih bila disinergikan dengan perkembangan kehidupan masyarakat saat ini yang demikian kompleks dan heterogen, diasumsikan dapat menjadi satu alternatif model kepemimpinan bagi kehidupan masyarakat. Sebaliknya, bila kepemimpinan Sunan Gunung Djati tidak bersinergi dengan konsep filsafat etika dan nilai-nilai al-Qur’an, maka perpecahan dan kehancuran kerukunan umat beragama akan terjadi, yang pada akhirnya akan berdampak negatif bagi kelangsungan kehidupan masyarakat beragama itu sendiri.  

Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu, metode Penelitian Filsafat yang digabung dengan metode Penelitian al-Qur’an. Kehadiran kepemimpimpinan Sunan Gunung Djati lewat rentang hidupnya yang sangat panjang (1448-1568) termasuk ketika menjadi Raja-Pandhita di Kesultanan Cirebon, dikaji melalui refleksi filosofis untuk menemukan aspek transendental dari petatah-petitihnya dan kemudian didukung juga dengan pendekatan ayat-ayat al-Qur’an yang relevan dengan kepemimpinannya. Penelitian ini juga dilakukan dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian eksploratif, karena bertujuan menggali model penelitian kepemimpinan Sunan Gunung Djati dengan menelusuri filsafat etika dan nilai-nilai al-Qur’an. Sedangkan pada penyajian datanya, penelitian ini bersifat analitis kritis dan analitis eksploratif.

Jawaban atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, pertama, berdasarkan pendekatan nilai-nilai al-Qur’an, kepemimpinan Sunan Gunung Djati merepresentasikan karakteristik dari seorang raja, sekaligus juga ulama. Hal itu tidak hanya menyangkut dimensi hidup yang profan, tapi juga terkait dengan realitas hidup yang lebih tinggi berdasarkan visi eskatologis, dengan inti paling utamanya adalah pada moralitas atau ketinggian akhlak, sebagaimana misi yang dibawa oleh Rasulullah. Kedua, etika kepemimpinan Sunan Gunung Djati, merupakan bentuk nilai-nilai universal yang bisa menjadi orientasi etis bagi kehidupan manusia. Ketiga, berdasarkan pendekatan filsafat etika serta nilai-nilai al-Qur’an, petatah-petitih Sunan Gunung Djati, walaupun disampaikan dalam bahasa Cirebon, namun dari sisi kandungannya, merupakan refleksi dari kedalaman nilai-nilai al-Qur’an, dan dalam konteks Indonesia, selaras dengan nilai falsafah Pancasila.

Keywords


Kepemimpina;, Nilai-Nilai Qur’ani; Etika, Petatah-Petitih; Pancasila

Full Text:

PDF

References


Al-Mawardi@. Al-Ah}ka>m Al-Sult}a>niyah. Beirut: Da>r Al-Fikr, 1980.

Bertens, K. Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Bruinessen, Martin Van. Kitab Kuning, Pesantren Dan Tarekat. Bandung: Mizan, 1999.

Ekadjati, Atja & Edi. S. Pusaka Rajya-Rajya Bhumi Nusantara, Suntingan Naskah dan Terjemahan, Bagian Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Sunda (Sundanologi). Bandung: Dirjen Kebudayaan dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1987.

Fadil, Muhammad. “Gagasan Dasar Mengenai Etika dan Negara Menurut Plato (Sebuah Pengenalan Awal Filsafat Politik Klasik)”. Paradigma. 9, (2008).

Hakim, Abdul. “Filsafat Etika Ibn Miskawaih”. Ilmu Ushuluddin. 13, (2014).

Hariyanto, Ishak. “Filsafat Etika Immanuel Kant Dalam Konteks Negara Demokrasi”. Komunitas. 7, (2015).

Shihab, Quraish. Wawasan Al-Qur’an Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 2007.

Sofwan, Ridin. Islamisasi di Jawa, Walisongo, Penyebar Islam di Jawa Menurut Penuturan Babad. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Sunardjo. Meninjau Sepintas Penggung Sejarah Pemerintahan Kerajaan Cirebon 1479-1809. Bandung: Tarsito, 1983.

Suparman. “Pelopor Islamisasi Tatar Sunda Abad XIV Perspektif Naskah.” Al-Tsaqafa. 10, (2013).

Suryaman, Eman. Jalan Hidup Sunan Gunung Jati, Sejarah Faktual Dan Filosofi Kepemimpinan Seorang Pandhita-Raja. Edited by Dodo Widarda. Bandung: Nuansa Cendikia, 2015.

Abdullah, Taufik et.al. Ensiklopedi Tematis Dunia Islam. Jakarta: Ichtiar baru van hoeve, 2002.

Ah}mad bin Fa>ris, Abu> H{usayn. Mu’jam Maqa>yi@s Maqa>yi@s al-Lughah, jil. I. Mesir: ‘Isa al-Ba>b al-H{ala>bi@ wa Awla>duh, 1972.

Al-As}faha>ni@, al-Ra>ghib. Mufrada>t li Alfa>z} al-Qur’a>n, Cet. I. Damsyiq: Da>r al-Qalam, 1992 dan Beiru>t: Da>r al-Sha>miyah, 1412 H.

-----. Mufrada>t Alfa>z} al-Qur’a>n. Cet. I. Beiru>t: Da>r al-Sha>miyah, 1412 H

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur’an, 1992.

Ibn Kathi@r, Tafsi@r al-Qur’a>n al-‘Adhi@m, jild. 1. Beirut: Da>r al-Fikr, t.t.

Al-Juwayni@, Abu> Ma‘a>li@ ‘Abd al-Ma>lik. al-Asa>lib fi@ al-Khila>fah. Beirut: Da>r al-Fikr, T.t.

Al-Mawardi@, Abu> al-H{asan. Al-Ah}ka>m al-Sultha>niyyah. Beirut: Da>r al-Fikr, T.t.

Al-Maudu>di@, Abu> al-A‘la>. Al-Khila>fah wa al-Mulk, terj.Muh}ammad al-Baqi@r dengan judul Khilafah dan Kerajaan. Cet.VI. Bandung: Mizan, 1996.

Al-Munawwar, Said Agil Husin. Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Ciputat: PT. Ciputat Press, 2005.

Al-Ra>zi@, Fakhruddin. Al-Tafsi@r al-Kabi@r. Beirut: Da>r al-Fikr, T.t.

Tjandrasasmita, Uka. “Kerajaan Islam”. Indonesia Dalam Arus Sejarah, Kedatangan dan Peradaban Islam. No. 3. (2012).

Al-Zuh}aili@, Wahbah. al-Tafsi@r al-Muni@r. Beirut: Da>r al-Fikr, T.t.




DOI: https://doi.org/10.15575/saq.v4i1.5245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Syifa Al-Qulub Visitors

Creative Commons License

Syifa al Qulub is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Prodi Tasawuf Psikoterapi
Gedung Fakultas Ushuluddin Lt. 3
Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cibiru Bandung Tlp. (022) 7802275
Handphone: +62 819-1014-4684
E-mail: syifaalqulub@uinsgd.ac.id