Takhlil: Solusi Ngantuk Saat Sholat Jum’at
Main Article Content
Abstract
Ibadah jum’at ini menjadi penting atau wajib atas dasar hadis di atas. Kemudian hal kecil seperti memegang-mengang krikil yang bisa mengalihkan perhatian, akan membatalkan nilai ibadah. Artinya Agama menuntut seorang muslim untuk memperhatikan semua rukun, wajib, sunnah dan larangan dari pelaksanaan shalat jum’at itu sendiri.Hadis di atas juga menunjukkan bahwa kelalaian kecil saja akan mengurangi bahkan meniadakan pahala maupun nilai ibadah jum’at itu sendiri, apalagi kelalaian lain yang lebih besar. Seperti berbicara, menegur, membaca, dan sebagainya. Apalagi tertidur atau sengaja tidur saat khutbah jum’at. Nabi mengatakan dalam hadis yang shahih
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Abdul Majid Khon. (2012). Ulumul Hadis (2nd ed.). Sinar Grafika Offset.
Ahmad bin Hanbal. (1999). MUSNAD AHMAD BIN HANBAL. Mu’assasah Risalah.
Ahmad bin Syuaib Al-Nasa’i. (1986). Sunan al-Nasa’i. Maktabah al-Matbu’at al-Islamiyah.
Al-Bukhari, M. bin I. bin al-Mughirah. (2006). Shahih al-Bukhari. Maktabah al-Rusyd.
Al-Bustiy, M. ibn H. ibn A. (1993). Sahih Ibn Hibban bitartib Ibn Balban. Muassasah al-Risalah.
Al-Darimi, A. I. A. I. al-F. I. B. (2015). Musnad Imam al-Darimi.
Al-Naisaburi, M. I. A. al-Hakim. (1996). Ma’rifah Ulum al-Hadis.
Al-Naisâburî, A. al-H. M. bin al-H. bin M. bin K. al-Qusyairi. (n.d.). Shahih Muslim. Maktabah dârul Ihyâ’ al-kitab al-‘Arabiyah.
al-Nasa’i, A. abdurahman ahmad bin S. bin ali al-khurasani. (1986). Sunan al-{Nasa}’i. Maktabah al-Matbuat al-Islamiyah.
Al-Sajistani, S. bin al-A. A. D. (2009). Sunan Abu Daud (‘Abd al-Latīf Arna’ut, Ed.). Daar Risalah al-Ilmiyah.
Al-Sijistaniy, A. D. S. ibn al-Asy’ats. (n.d.). Sunan Abu Daud. al-Maktabah al-’Ashriyyah.
Amir, S. M., Munandar, M., & Dalimunthe, T. R. (2021). Penerapan Sunnah-Sunnah Wudhu Berdasarkan Kitab Hadis Bulughul Maram Bab Thoharah (Stud Kasus Santri Pondok Pesantren Mawaridussalam) Kec. Batang Kuis, Kab. Deli Serdang. SHAHIH (Jurnal Kewahyuan Islam), 4(2).
As-Sijistānī, A. D. S. bin al-A. (2009). Sunan Abī Daud (M. M. ‘Abdul Ḥamīd, Ed.). Beirut: Al-Maktabah al-‘aṣariyah.
At-Tirmidzy, I. (1996). Sunan at-Tirmidzy. Beirut: Darul Ghorb Al-Islamy.
Damayanti, I. (2021). Munculnya Istilah Fikih Hadis. khazanah.
Ibn Majah, M. I. Y. al-Q. (n.d.). سنن ابن ماجة ج2.pdf.
Ibn Majah, M. ibn Y. (n.d.). Sunan Ibn Majah. Dar Ihya al-Kutub al-’Arabiyah.
Ibn Zakariya, A. I. F. (1986). Mml4.pdf.
Ikromi, Z. (2020). FIQH AL-HADITS: Perspektif Metodologis dalam Memahami Hadis Nabi. Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis, 3(1), 105–129. https://doi.org/10.32505/al-bukhari.v3i1.1534
Jurnal Pendidikan Konvergensi: Edisi April 2017. (2017). Sang Surya Media. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=G6WDDwAAQBAJ
KBBI Kemendikbud. (2021). KBBI Daring. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, 1.
Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah:(KTI). Deepublish.
Maizuddin. (2016). FIQH AL-HADITS_ ASPEK PENTING ILMU HADIS _ Media Share.
Majah, I. (1996). Sunan Ibnu Majah. Beirut: DÄrul Ma’rifah.
Malik bin Annas. (1985). Muwatho Malik (Fuad Abdul Baqi, Ed.). Bairut: Dar Ihya al-Kutub al-’Arabiyah.
Manzur, I. (2005). Lisan al-’Arab (I). Dar al-Kutub al-’Ilmiyah.
Margono, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Merlis, M., Marlita, L., & Saputra, R. (2021). Pengetahuan Masyarakat Tentang Manfaat Wudhu Yang Benar Bagi Kesehatan Di Desa Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Tahun 2021. SEMINAR NASIONAL KESEHATAN ABDURRAB DAN SEMINAR HASIL PENELITIAN 2021, 83–86.
Mohammad Yunus, S. S. M. A. P. (2021). Metode dan Model Pengambilan Keputusan (The Way To Success). Penerbit Adab. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=XncTEAAAQBAJ
Muin, M. (2015). Pemahaman Komprehensif Hadis Melalui Asbab al-Wurud. Addin, 7(2).
Sabiq, S. (n.d.). Fiqh al-Sunnah sayyid sabiq.pdf.
Sahib, M. A. (2016). Lafaz Ditinjau dari Segi Cakupannya (‘âM-Khâs-Muthlaq-Muqayyad). DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 14(2), 138–147.
Sugiyono. (2007a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2007b). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryadilaga, M. A. (n.d.). Metodologi Pemahaman Hadis dalam Ranah Fiqh al-Hadis – ARTIKULA.
Waqfin, M. S. I., Taufiq, I., & Najib, I. A. (2020). Peningkatan Kualitas Wudhu Santri PP. Al Wahabiyyah 1 melalui Pelatihan Wudhu Sempurna. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34–37.