Kontekstualisasi Hadis dalam Interaksi Media Sosial yang Baik di Era Millenial dalam Kitab Fatḥ al-Bārī Syarah Hadis al-Bukhāri


Althaf Husein Muzakky(1*), Fahrudin Fahrudin(2)

(1) ,  
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Interaksi yang baik adalah kunci dakwah Nabi Muhammad. Dahulu interaksi dilakukan secara lisan dan tulisan. Seiring kemajuan zaman, kini interaksi dapat dilakukan melalui media sosial. Tulisan ini fokus mengkaji kontekstualisasi hadis tentang interaksi yang baik dalam kitab Fatḥ al-Bārī Sharaḥ Ḥadīth Ṣahīḥ al-Bukhārī. Penulis mengeskplorasi gagasan Ibn Ḥajar dalam kitab itu melalui pendekatan sharḥ ḥadīth. Artikel ini menyimpulkan bahwa menulis dan menerbitkan tulisan yang baik, membuat orang lain senang dan tidak menyinggung perasaan adalah sedekah. Sebaliknya, jika yang ditulis dan diterbitkan tulisan buruk dan menimbulkan kebencian merupakan perbuatan dosa

Keywords


Contextualization; Interaction; Social Media; Syarah Fatḥ al-Bārī

Full Text:

PDF

References


Afwadzi, B. (2016). Membangun integrasi ilmu-ilmu sosial dan hadis nabi. Jurnal living hadis, 1(1), 101–128. Https://doi.org/10.14421/livinghadis.2016.1070

Al-asqalani, i. H. (1990). Fath al-bari sharh sahih al-bukhari. Dar al-fikr.

Al-bukhāri, m. I. I. (1987). Al-jāmi’ al-shāhih (hadis. No. 5736). Beirut: dār al-sya’ab.

Al-naisaburi, m. I. A. A. Al-husain al-qusyairi. (1998). Ṣahih muslim. Beirut: dār al-kutub al-’alamiyyah.

Alamri, b. (2018). The role of social media in intercultural adaptation: a review of the literature. English language teaching, 11(12), 77. Https://doi.org/10.5539/elt.v11n12p77

Al-ayyubi, m. Z. (2019). Etika bermedia sosial dalam menyikapi pemberitaan bohong (hoax) perspektif hadis. Jurnal studi ilmu-ilmu al-qur’an dan hadis, 19(2), 148–166. Https://doi.org/10.14421/qh.2018.1902-02

Al-nawawi, m. A. Z. Y. I. S. (1998). Riyāḍ al-ṣāliḥīn. Beirut: dār al-fikr al-islāmy.

Aminuddin, a. T. (2017). Instagram: bingkai kasus agama di media sosial. Jurnal the messenger, 9(2), 163–175. Https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i2.403

Anjani, f. (2018). Pengaruh media sosial dan eksistensi bahasa indonesia di era milenial [preprint]. Ina-rxiv. Https://doi.org/10.31227/osf.io/jwbfm

Bruinessen, m. V. (2015). Kitab kuning, pesantren, dan tarekat. Yogyakarta: gading publishing.

Chusnah, m. (2014). Deradikalisasi pemahaman al-quran dan hadis. Jurnal aspirasi, 5(2), 173–179.

Farida, u. (n.d.). Hate speech dan penanggulangannya menurut al qur’an dan hadis.

Fatkhi, r. M. (2012). Interaksi nabi muḥammad dengan yahudi dan kristen. Refleksi, 13(3), 343–358. Https://doi.org/10.15408/ref.v13i3.905

Ghafur, w. A. (2014). Dakwah bil-hikmah di era informasi dan globalisasi. Jurnal ilmu dakwah, 34, 23.

Hudaya, h. (2018). Metode syarh hadis dalam kitab fath al-bary. Jurnal ilmiah ilmu ushuluddin, 16(2), 117–138. Https://doi.org/10.18592/jiu.v16i2.1734

Husein, f., & slama, m. (2018). Online piety and its discontent: revisiting islamic anxieties on indonesian social media. Indonesia and the malay world, 46(134), 80–93. Https://doi.org/10.1080/13639811.2018.1415056

Ismail, m. S. (1987). Hadis nabi yang kontekstualis dan kontekstualis telaah ma’ani al-hadits tentang ajaran islam yang universal, temporal, dan lokal. Jakarta: bulan bintang.

Mahbub junaidi. (2017). Komunikasi qur’ani. Dar el-ilmi : jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 4(2). Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/651

Malula, m. (2019). Ma’nacum maghza sebagai metode dalam kontekstualisasi hadis musykil (telaah pemikiran dan aplikasi hermeneutika sahiron syamsudin). Jurnal ilmiah citra ilmu, 15(29), 29–38.

Marzuki, m. (2006). Kritik terhadap kitab shahih al-bukhari dan shahih muslim. Humanika, 6(1). Https://doi.org/10.21831/hum.v6i1.3809

Misrawi, z. (2009). Madinah kota suci, piagam madinah, dan teladan muhammad saw. Jakarta: kompas media nusantara.

Mollah, m. K. (2015). Konsep interaksi edukatif dalam pendidikan islam dalam perspektif al-qur'an. Uin sunan ampel journal of islamic education, 3(2), 235–256.

Mufid, m. (2019). Analisis hermeneutika-semiotik terhadap kajian keislaman di media sosial. Kordinat | jurnal komunikasi antar perguruan tinggi agama islam, 18(2), 376-398–398. Https://doi.org/10.15408/kordinat.v18i2.11496

Mukhlason, a., & aljawiy, a. Y. (2012). Jejaring sosial dan dampak bagi penggunanya. Teknologi, 1(1). Https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i1.46

Munawwar, s. A. H., & mustaqim, a. (2001). Asbabul wurud: studi kritis hadis nabi, pendekatan sosio-historis-kontekstual. Pustaka pelajar.

Muslim, a. (2013). Interaksi sosial dalam masyarakat multietnis. Jurnal diskursus islam, 1(3), 483–494. Https://doi.org/10.24252/jdi.v1i3.6642

Patihullah, j., & winarko, e. (2019). Hate speech detection for indonesia tweets using word embedding and gated recurrent unit. Ijccs (indonesian journal of computing and cybernetics systems), 13(1), 43. Https://doi.org/10.22146/ijccs.40125

Royani, y. M. (2018). Kajian hukum islam terhadap ujaran kebencian/hate speech dan batasan kebebasan berekspresi. Jurnal iqtisad, 5(2), 211–237.

Salah, i. (1978). Muqaddimah ibn al-salah fi ulum al-hadith. Beirut: darul kutub al-‘ilmiah.

Siregar, a. E. (2014). Mengawal demokrasi media: menolak konsntrasi membangun keberagamaan. Jakarta: kompas.

Souaiaia, a. (2004). On the sources of islamic law and practices. Journal of law and religion, 20(1), 123. Https://doi.org/10.2307/4144685

Supian, a. (2017). Metode syarah fath al-bari (studi syarah hadis pada bab halawah al-iman). Nuansa, 10(1). Https://doi.org/10.29300/nuansa.v10i1.632

Suryadilaga, m. A. (2017). Metodologi syarah hadis dari klasik hingga kontemporer. Yogyakarta: kalimedia.

Ummatin, k. (2014). Tiga model interaksi dakwah rasulullah terhadap budaya lokal. Jurnal dakwah, 15(1), 179–205. Https://doi.org/10.14421/jd.2014.15109

Yahya, a. (2014). Pendekatan hermeneutik dalam pemahaman hadis (kajian kitab fath al-bari karya ibn hajar al-‘asqalani). Ar raniry : international journal of islamic studies, 1(2), 365–386. Https://doi.org/10.20859/jar.v1i2.23

Zahra, u. F., sarbini, a., & shodiqin, a. (2016). Media sosial instagram sebagai media dakwah. Tabligh: jurnal komunikasi dan penyiaran islam, 1(2), 60–88. Https://doi.org/10.15575/tabligh.v1i2.26




DOI: https://doi.org/10.15575/diroyah.v5i1.7515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis



Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

SINTA

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gedung Fakultas Ushuluddin Lt. 3
Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cibiru Bandung Tlp. (022) 7802275
Handphone: +62 812-2190-1125
E-mail: diroyah@uinsgd.ac.id

// ]]>