Menentukan Arah Kiblat Mushala Fakultas Saintek UIN Bandung Menggunakan Kompas Kiblat Digital


Winandar Ganis Kresnadjaja(1*), Imamal Muttaqien(2)

(1) Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Arah kiblat yang terukur melalui kompas ternyata berbeda-beda antara masjid satu dengan lainnya. Permasalahan yang akan dibahas dalam proyek akhir ini adalah penentuan arah kiblat pengguna melalui hasil perhitungan matematika oleh mikrokontroler berdasarkan nilai bujur dan lintang dari GPS yang kemudian hasilnya akan divisualisasikan pada LCD grafik, Rangkaian minimum sistem yang digunakan adalah rangkaian ATMega32. Rangkaian ini akan mengolah data yang dihasilkan oleh kompas elektronik tipe CMPS10 yang telah dikalibrasi dengan arah angin yang tepat yaitu berdasarkan gerak matahari kemudian dikolaborasikan dengan data PMB688-GPS mengenai letak lintang dan bujur. Dari data tersebut dapat diperoleh bahwa deviasi simpangan sebesar 19.2569° terjadi pada Mushala Fakultas Sains dan Teknologi UIN Bandung. 


References


R. Aslamiyah, “Akurasi Arah Kiblat Masjid-masjid di Desa Sruni, Kec. Jenggawah, Kab. Jember Jawa Timur,” IAIN Walisongo Semarang, 2011.

N. F. Mubarok, “Rancang Bangun Kompas Elektronik sebagai Petunjuk Arah Kiblat (Studi Kasus Kota Malang dan Kota Batu),” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2012.

H. Singgih, “Rancang Bangun Alat Penunjuk Arah Kiblat Berbasis GPS,” J. ELTEK, vol. 11, no. 2, pp. 79–92, 2013.

A. Izzuddin, “Metode Penentuan Arah Kiblat dan Akurasinya,” in (Annual International Conference on Islamic Studies)AISIS XII, 2010, no. 3, pp. 759–811.

Hidayat and F. M. Suandi, “Perancangan dan Implementasi Alat Penentu Arah Kiblat Portable,” J. Sist. Komput. Unikom, vol. 1, no. 2, pp. 37–44, 2012.

W. G. Kresnadjaja and M. Sanjaya WS, “Turunan Rumus Trigonometri Segitiga Bola,” ebook-saya, 2013. [Online]. Available: http://www.ebook-saya.com/. [Accessed: 02-Nov-2019].

L. Hakim, R. B. Raharjo, and D. D. Waluyo, “Prototype Robot untuk Menentukan Arah Kiblat dengan Tanda Shaf Sholat,” Surabaya, 1, 2013.

A. Nurochman, O. H. Syah, M. Fanani, I. Lazuardi, and D. S. Rahardjo, “Perancangan dan Pembuatan Alat Penentu Arah Kiblat elektronik Berbasis Mikrokontroler,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2007.

M. I. Anshori, I. Setiawan, and Wahyudi, “Desain Kontrol Autopilot Pada UGV ( Unmanned Ground Vehicle ) Berbasis GPS ( Global Positioning System ),” Semarang, L2F 007 053, 2014.

M. Amiral, “Aplikasi Pengingat Shalat dan Arah Kiblat Menggunakan Global Positioning System (GPS) Berbasis Android 1.6,” Institut Teknologi Indonesia, 2010.

C. J. Hegarty, Understanding GPS Principles and Applications, 2nd ed. Boston, London: ARTECH HOUSE, INC., 2006, pp. 1–723.

M. Z. Ibrahim and M. Z. Norashikin, “Universal Qibla and Prayer Time Finder,” World Acad. Sci. Eng. Technol. 58, pp. 447–452, 2009.

N. F. Mubarok, “Rancang Bangun Kompas Elektronik sebagai Petunjuk Arah Kiblat (Studi Kasus Kota Malang dan Kota Batu),” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2012.


Refbacks