PENGARUH PENAMBAHAN GLUKOSA TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN MEKANIK EDIBLE PLASTIK TAPIOKA


Ahmad Ridwan Sidiq(1*), Anti Khoerul Fikriyah(2), Bebeh Wahid Nuryadin(3)

(1) Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Edible plastik merupakan salah satu jenis plastik organik yang dapat dikonsumsi. Bahan utama pembuatan edible plastik adalah pati singkong (tapioka). Bahan tersebut diproses secara hidrolisis dengan penambahan beberapa pelarut seperti asam asetat (CH3COOH) dan glukosa. Dengan perbandingan 5 g tapioka 20 ml pelarut (asam asetat 10 ml dan glukosa 10 ml). Kemudian campuran tersebut dilarutkan dengan air sebanyak 30 ml dan dilakukan pemanasan terhadap campuran tersebut dengan suhu dibawah 100 °C. Campuran yang telah dipanaskan kemudian dicetak dan didiamkan dalam suhu ruangan selama ± 1 hari. Setelah proses pengujian secara manual menghasilkan plastik yang memiliki karakteristik lentur dan tidak mudah sobek, sehingga dapat digunakan sebagai pembungkus makanan yang dapat dikonsumsi.


References


A. A. Nugroho, Basito and R. B. K. A, "Kajian Pembuatan Edible Film Tapioka Dengan Pengaruh Penambahan Pektin Beberapa Jenis Kulit Pisang Terhadap Karakteristik Fisik Dan Mekanik," Jurnal Teknosains Pangan, vol. 2, no. 1, pp. 73-79, 2013.

W. Pudjiastuti and G. Supeni, "Plastik Layak Santap (Edible Plastic) Dari Tapioka Termodifikasi," Prosiding Simposium Nasional Polimer V, pp. 248-255, 2006.

A. Bukhori, Pengaruh Variasi Konsentrasi Gliserol Terhadap Karakteristik Edible Film Berbahan Tepung Jali, Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret, 2011.

K. Khotimah, Karakterisasi Edible Film dari Pati Singkong (Manihot utilissima Pohl), Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2006.

Siswanti, Karakterisasi Edible Film dari tepung Komposit Glukomanan Umbi Iles-Iles dan Tepung Meizena, Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret, 2008.

K. Arinda, Ekstraksi dan Karakterisasi Pektin Cincau Hijau Untuk Pembuatan Edible Film, Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret, 2009.

Utami, Isni. "Proteksi Katodik Dengan Anoda Tumbal Sebagai Pengendalian Korosi Baja Dalam Lingkungan Aqueous." Teknik Kimia 3.2 (2012).

Natalia, Daisy, and Departemen Ilmu Dan Teknologi Pangan. "Sifat Fisikokimia dan indeks glikemik berbagai produk snack." Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Bogor (2010).

Pudjihastuti, Isti. Pengembangan proses inovatif kombinasi reaksi hidrolisis asam dan reaksi photokimia uv untuk produksi pati termodifikasi dari tapioka. Diss. Diponegoro University, 2010.

Rohmah, Miftahur. "Sistem Pencernaan: Analisis Enzim Menggunakan Usus Ikan Mas (Cyprinus carpio)."


Refbacks