Penerapan Fungsi Actuating Pesantren dalam Upaya Pembinaan Tahfidz
DOI:
https://doi.org/10.15575/anida.v17i1.5058Keywords:
Actuating Function, Pesantren, Coaching, Tahfidz,Abstract
The purpose of this research is to find out how the implementation of actuating function in the effort of fostering tahfidz in Pesantren Bina Insan Mulia Al-Mawahib. The method used in this research is descriptive method. The data collection technique is through obsevation, interview and documentation study. From this research, it is found that actuating process conducted by Pesantren Bina Insan Mulia Al Mawahib: that is holding recruitment of santri before entering pesantren, implementation of coordination, mobilization and resource allocation, giving motivation, addition of rote, division of tahfidz santri group, giving sanction for santri who do not reach the target, the targeting of memorization, the supervision of tahfidz development, the tahfidz superior program in pesantren, the determination of the target number of memorization in every semester, the supervision of the tahfidz coach towards the students and the development of tahfidz's guidance to the students, the excellent program in memorizing the Quran. the existence of constraints tahfidz builder, supporting factors or supporting santri in memorizing the Quran. Further Efforts made in Pesantren Bina Insan Mulia Al Mawahib in coaching tahfidz against santri for the implementation of tahfidz coaching goes well. The effort always strives to foster tahfidz while maintaining the quality and quantity as well as the method of fostering tahfidz such as (1) Ngaji together, (2) sualan, (3) sima'an (4) tasmi and (5)talaqqi.
Â
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan fungsi actuating dalam upaya pembinaan tahfidz di Pesantren Bina Insan Mulia Al-Mawahib. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah melalui kegiatan obsevasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh informasi bahwa proses actuating yang dilakukan pesantren Bina Insan Mulia Al Mawahib: yaitu mengadakan perekrutan santri sebelum masuk ke pesantren, pelaksanaan koordinasi, mobilisasi dan alokasi sumber daya, pemberian motivasi, penambahan hafalan, pembagian kelompok santri tahfidz, pemberian sanksi bagi santri yang tidak mencapai target, penentuan target hafalan, pengawasan pembinaan tahfidz, program unggulan tahfidz di pesantren, penentuan jumlah target hafalan dalam setiap semester, pengawasan dari Pembina tahfidz terhadap santri dan pengembangan pembinaan tahfidz terhadap santri, program unggulan dalam menghafal Al Quran. adanya kendala pembina tahfidz, faktor pendukung atau penunjang santri dalam menghafal Al Quran. Selanjutnya Upaya-upaya yang dilakukan di Pesantren Bina Insan Mulia Al Mawahib dalam pembinaan tahfidz terhadap santri agar pelaksanaan pembinaan tahfidz berjalan dengan baik. Upaya tersebut senantiasa berupaya untuk membina tahfidz dengan tetap menjaga kualitas dan kuantitas juga metode dalam pembinaan tahfidz seperti (1) ngaji bersama,(2) sualan,(3)sima’an(4) tasmi dan(5) talaqqi.
References
Absor, S.M.U (2005). Peranan Manajemen Yayasan Raudhoh Al Aitam dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak Yatim. Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah , UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.
Ali, M. ( 1973). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern. Jakarta: Pustaka
Albani, Muhammad Nashiruddin. (1985). Masa Depan Pesantren. Jakarta: Gema Insani
Baso, Ahmad.(2013). Pesantren Studies. Jakarta: Pustaka Afid
Dhofier, Zamakhsyari.( 1982). Tradisi Pesantren hidup Kyai, Jakarta: LP3ES
Galba, Sindu.( 2004). Pesantren Sebagai Wadah Komunikasi. Jakarta: Ird Pres.
Halim, A.( 2005). Manajemen Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pesantren
Hasibuan, Malayu S.P.( 2010). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara ,
Hasibuan, Malayu S.P.( 2006). Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara
Kurniawan, Asep.( 2016). Manajemen Strategik Pondok Pesantren Dalam Menyiapakan Kader Da’i Yang Berkualitas (Studi deskriptif di Pondok Pesantren Terpadu Darussyifa Al Fitroh Perguruan Yaspida Sukabumi Jawa Barat). Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Lubis, Muhammad Ridwan.( 1992). Pemikiran Soekarno Tentang Islam. Jakarta: C.V. Mas Agung
Mundzier, (2005). Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pusta
Munir, M. (2006). Manajemen Dakwah, Jakarta.: Kencana Prenada Media Group
Nurafifah, Siti. ( 2013). Teknik Komunikai dalam Pembinaan Al Quran Terhadap Anak Asuh Yatim Piatu dan Fakir Miskin Amanah Pondok Labu Jakarta Selatan diakses 13 januari 2017 dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/31711/1/SITI%0NURAFIFAH-FDK.pdf,
Nurhayati, Imas.( 2003). Aplikasi Fungsi Manajemen Dalam Penyeklenggaraan Bimbingan Ibadah Haji Pada Yayasan Haji Daarul Ihsan (Yahdi) PT.telkom. Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Nurrika, Siti.( 2003) Motivasi Santri dalam Mengikuti Bimbingan Keagamaan di Pondok Pesantran Syamsul Ma’arif (Studi deskriptif di Cileunyi Kulon Bandung). Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Sari, Siti Nurlaelah.( 2003). Kebijakan dan Strategi Pimpinan Pondok Pesantren dalam Upaya Pengembangan Pondok Pesantren. Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Sa’dulloh, 2008. 9 Cara Praktis Menghafal Alquran, Jakarta : Gema Insani
Setiawan, A.I. (2015). Budaya Organisasi Dalam Lembaga Islam Ilmu Dakwah: Academic journal for Homiletic Studies, 90-110.
Steenbrink, Karel. A.(2018). Pesantren Madrasah Sekolah, Jakarta: LP3ES
Sumarni, Epa.(2016) Implementasi Manajemen Pembinaan Manasik pada Calon Jama’ah Haji (Studi deskriftif pada KBIH Al Mu’awanah Cibiru- Bandung). Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Vitria, Reti.( 2003). Proses Perencanaan Program Daarul ‘Aitam Dhu’afa Pondok Pesantren Modern Assalam Dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Umat. Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Ziemek, Manfred.( 1986). Pesantren dalam Perubahan Sosial. Jakarata: P3M
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish articles in Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).