Strategi Radio Kandaga 100.8 FM Dalam Melestarikan Budaya Sunda


Deden Adrian Nurbiansyah(1*), Ahmad Sarbini(2), Darajat Wibawa(3)

(1) Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Sunan Gunung Djati Bandung., Indonesia
(2) Jurusan Managemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Sunan Gunung Djati Bandung., Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan yang dilakukan Radio Kandaga pada program Ngarepot, eksekusi yang dilakukan Radio Kandaga pada program Ngarepot, serta pengawasan dan evaluasi yang dilakukan Radio Kandaga pada program Ngarepot. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan perencanaan dilakukan dengan memerhatikan konsep acara, target audiens, waktu siaran, dan penyiar. Eksekusi siaran dilakukan dengan merujuk pada perencanaan yang telah dilakukan serta menyesuaikan dengan karakteristik dan kebiasaan orang sunda. Pengawasan dan evaluasi dilakukan terhadap penyiar, isi konten, dan teknis pelaksanaan/peralatan.


Keywords


Culture; Radio; Strategy

Full Text:

PDF

References


Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Creswell. John. W. (1998). Qualitatif Inqury and Research Design Choosing Among Five Traditions. Thousand Oaks: sage Publication

D, Kusuma. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 80.

D, Kusuma (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79-86.

D, Maharani. (2021). Strategi RRI (Radio Republik Indonesia) Palembang Mempertahankan Minat Pendengar Di Era Digitalisasi Penyiaran. Publikasi penelitian terapan dan kebijakan, 4 (1), 1-11.

Dawud, M. (2019). Menerapkan Manajemen Strategi Penyiaran Dalam Dakwah. Jurnal Al-Hikmah, 17(2), 95-122.

E, Purwati (2016). Peran Media Dalam Melestarikan Media Lokal. 1(2)

Heryana, A. (2018). Informan Dan Pemilihan Informan Dalam Penelitian Kualitatif. Researchgate.

Arifin. (2018). Sejarah Penemuan Radio di Dunia, diakses pada 28 Oktober 2021, dari https://kumparan.com/potongan-nostalgia/sejarah-penemuan-radio-di-dunia/full

I, Dewi. (2005). Fenomenologi Husserl: Sebuah Cara “Kembali Ke Fenomena”. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(2), 75-80.

M, Rahayu. (2017). Peran Radio Republik Indonesia Pekan Baru Dalam Melestarikan Budaya Lokal Riau. (Skripsi Ilmu Komunikasi, UIN Suska Riau, 2017)

Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2018. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana.

Muhaemin, E. 2015. Manajemen Bisnis Radio: Sebuah Pengantar. Bandung: Mimbar Pustaka.

Muslim. (2016). Varian-varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Wahana, 1(10), 81.

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurdifa, A. R. (2020). Strategi Catch Me Up dalam Menyajikan Berita Melalui Newsletter E-Mail. Jurnal Ilmu Jurnalistik, 3(1), 91-108.

Pebriani, S. (2021). Penerapan Kode Etik Jurnalistik dalam Pemberitaan Reynhard Sinaga 2020. Jurnal Ilmu Jurnalistik, 4(3), 107-124.

Peraturan Daerah Kabupaten Bandung No.18 Tahun 2016.

R, Qonitatin. (2019). Fungsi Media Dalam Melestarikan Budaya Lokal (Sunda) (Studi Kasus Media TVRI Jawa Barat Pada Tayangan Kalawarta). (Skripsi Ilmu Komunikasi, UIN Bandung, 2019).

Ritonga, E.Y., (2018), Teori Agenda Setting dalam Ilmu Komunikasi, Simbolika, 4 (1): 32- 41.

S, Hadi. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 74-79.

S, Malik. (2019). Peran Media Dalam Memopulerkan Bahasa Daerah Pada Pemberitaan (Deskriptif Kualitatif Pada Keredaksian Program Kalawarta TVRI Jawa Barat). (Skripsi Ilmu Komunikasi, UIN Bandung, 2019).

Sarbini, A. (2010). Paradigma Baru Pemikiran Dakwah Islam. Jurnal Ilmu Dakwah, 4(15).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

T, Yulianti. (2017). Peran Media Dalam Memopulerkan Bahasa Daerah Pada Pemberitaan (Deskriptif Kualitatif Pada Keredaksian Program Kalawarta TVRI Jawa Barat) (Skripsi Sosial, Universitas Sebelas Maret, 2017)

Tamburaka, A. (2013). Agenda Setting Media Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wardhani, AC. (2013). Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wibawa, D. (2012). Meraih Professionalisme Wartawan. MIMBAR, XXVIII (1), 113-122.

Wibawa, D. (2020). Wartawan dan Netralitas Media. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 185-206.

Nurhadi, Z. F, dkk. (2022). Public Relations Strategy of Helath Service in Socializing Covid-19 Vaccination Program. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 51-72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.