Strategi Redaksi dalam Meningkatkan Kualitas Pemberitaan di ANTARA Biro Jabar


DHEA FITRI MUTIARA(1*), Darajat Wibawa(2), Darajat Wibawa(3), Ahmad Fuad(4), Ahmad Fuad(5)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(5) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemilihan isu, peliputan berita, dan penulisan berita dari redaksi LKBN ANTARA Biro Jabar sebagai penjaga gerbang yang memberikan akses keluar masuknya berita di media online. Penelitian ini menggunakan teori gatekeeper sumber Kurt Lewin, dengan pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemilihan isu dilakukan dengan melakukan koordinasi yang baik antara Redaktur Pelaksana Kantor Pusat dengan Pemimpin Redaksi dan pewarta teks ANTARA Biro Jabar, serta mengacu pada standar layak sesuai dengan landasan atau pedoman ANTARA Biro Jabar yakni 3E+1N. Selanjutnya strategi peliputan berita dilakukan dengan penggalian data secara mendalam oleh pewarta dan berkaitan dengan kemampuan pewarta untuk membangun jaringan yang luas khususnya dengan narasumber. Terakhir, strategi penulisan berita yang dilakukan media online ANTARA Biro Jabar adalah dengan melakukan penulisan berita yang mengacu pada unsur 5W+1H dengan penjelasan yang rinci pada tiap unsurnya dan mengacu pada stylebook yang dimiliki oleh LKBN ANTARA Biro Jabar.


Keywords


Strategi Redaksi, Kualitas Berita, Media Online

Full Text:

PDF

References


Aladdin & Marangga. (2013). Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bank BPD DIY Syariah Yogyakarta. Jogjakarta: UIN Yogyakarta.

Badudu & Zain. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Fachruddin, A. (2012). Dasar-dasar Produksi Televisi. Jakarta: Kencana Prenada.

Moleong. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Remaja.

Muslimin, K. (2019 ). Jurnalistik Dasar: Jurus jitu menulis berita, feature biografi, artikel populer, dan editorial. Yogyakarta : UNISNU .

Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Parwati, N. (2020). Strategi Redaksi dalam Menjaga Keakuratan dan Kecepatan Berita Media Online (Studi Kasus di detiknews.com Jakarta). Skripsi: Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta.

Rahmat, J. (2012). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Romli, K. (2016).Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Grasindo.

Safitri, D. (2020). Strategi Redaksi dalam Meningkatkan Kualitas Berita Kriminal di Surat Kabar Harian Pagi Metro Jambi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Safitri, K. A. (2020). Strategi Redaksi Cakaplah.Com dalam Menyajikan Berita Politik. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sasmita, W. A. (2019). Strategi Redaksi Tirto.Id dalam Penyajian Berita di Media Online. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Setiati, E. (2005). Jurnalistik Baru dalam Pemberitaan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sumadiria, H. (2005). Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Surjana, A. (2019). Strategi Tim Redaksi dalam Meningkatkan Kualitas Pemberitaan di Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP Tvri) Jambi. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Suryawati, I. (2011). Jurnalitik : Suatu Pengantar Teori dan Praktek. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wibawa, D. (2012). Meraih Profesionalisme Wartawan. Jurnal Mimbar: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Yunus, S. (2010). Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.