Persepsi Mahasiswa Jurnalistik Terhadap Bentuk Berita Longform Journalism


Mohammad Rafel Nizam(1*), moch fakhruroji(2), Ahmad Fuad(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Jurnalistik angkatan 2020 UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap bentuk berita longform dengan meninjau proses seleksi, interpretasi, dan reaksi. Penelitian menggunakan metode studi kasus dengan landasan teori persepsi Alex Sobur. Hasil penelitian menunjukkan, pada tahap seleksi, informan memberi fokus perhatian serta menilai berita longform sebagai berita dengan bentuk yang menarik karena memiliki ciri khas pada visual yang memadukan elemen multimedia pada setiap beritanya. Pada interpretasi, informan menilai bentuk berita longform sebagai berita panjang yang memiliki pengalaman membaca penuh kesan dikarenakan visual, gaya penulisan, hingga data yang dimuat lengkap. Reaksi yang timbul pada setiap informan beragam seperti menjadi penasaran dengan topik lainnya, dan mendapatkan alternatif hiburan.


Keywords


Persepsi, Berita, Longform Journalism

Full Text:

PDF

References


Alaya, A. A. (2019, 12 4). Persepsi Mahasiswa Terhadap Multimedia Storytelling di Visual Interaktif Kompas.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto: Pena Persada.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dowling, D., & Vogan, T. (2015). Can We "Snowfall" This? Digital Longform and The Race for The Rablet Market. Digital Journalism, 3(2), 209-224.

Hidayati, R. N., Saefullah, U., & Muhaemin, E. (2018, Desember). Persepsi Mahasiswa pada Tayangan Youtube Narasi Tv Program Buka Mata. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(4), 69-88.

Hiippala, T. (2017). Digital Journalism. The Multimodality of Digital Longform Journalism, 5(4), 420-442.

Hikmat, M. M. (2018). Jurnalistik: Literary Journalism. Prenadamedia Group.

Irwanto. (2007). Psikologi Umum. Jakarta: Balai Pustaka.

Iskandar, D. (2018). Konvergensi Media: Perbaruan Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme (1 ed.). Penerbit ANDI.

Jacobson, S., Marino, J., & Gutsche, R. E. (2015, Februari). Journalism. The Digital Animation of Literary Journalism, 17(4), 527-546.

Kasali, Rhenald. (2006). Manajemen Public Relation dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Grafiti, 2006).

Lase, F. J. (2017, September 7). Adaptasi Praktik Jurnalisme Naratif di Media Digital: Mengemas Narasi Panjang dalam Format Digital. Developing Knowledge Community: Quintuple Helix and Beyond, 285-314.

Lassila-Merisalo, M. (2014). Story First-Publishing Narrative Long-Form Journalism in Digital Environments. Journal of Magazine Media, 15(2).

Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., & Grant, I. H. (2009). New Media: A Critical Introduction (2 ed.). New York: Routledge.

Mariska, K. (2018). Penggunaan Media Bentuk Longform Journalism di Visual Interaktif Kompas (VIK). Jurnal Ilmu Komunikasi ULTIMACOMM, 10(2), 126-153.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa Mcquail (6 ed., Vol. 1). Salemba Humanika.

Mulyana, D. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya (8 ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (19 ed.). Remaja Rosdakarya.

Nugraha, B. A., & Hirzi, A. T. (2017, Agustus). Konstruksi Makna Laporan Mendalam Berita Sejarah di Media Online. Prosiding Jurnalistik, 4(2), 145-150.

Robbins, Stephen. P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.

Rakhmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Sarwono, S. W. (2018). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali Pers.

Sobur, A. (2013). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sutendro, D. M., Wibawa, D., & Dulwahab, E. (2018, Desember 10). Persepsi Mahasiswa pada Tayangan AIMAN Kompas TV. Annaba: Ilmu Jurnalistik, 1(1), 25-45.

Toha, Miftah. (2003) Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum (5 ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Waluyo, D. (2018). Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi. Makna Jurnalisme dalam Era Digital: Suatu Peluang dan Transformasi, 1(1), 33-42.

Yin, R. K. (2009). Case Study Research Design and Methods (4 ed.). Sage Publication.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.