Komunikasi Nonverbal Jamaah Tabligh


Imron Rosyidi(1*), Encep Dulwahab(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


One organization that is fast and has a large number of worshipers is the Tabligh worshipers. Tabligh congregation when communicating not only verbally, but also nonverbally is a characteristic and identity, both in the form of clothes, caps, beards and perfumes. It also includes ways to eat and shake hands that have their own characteristics and are different from other worshipers. This study uses a qualitative approach to the phenomenology tradition, and this study aims to find out how the Jama'at Tabligh nonverbal communication. The results of this study indicate that Jamaat Tabligh nonverbal communication has a charge of nonverbal messages that are so attached to each activity and their interactions with fellow worshipers or the community in general. These nonverbal messages are at the same time as a confirmation of a Muslim's identity, which functions as self-control, as a medium to strengthen the brotherhood of fellow Muslims (Ukhuwah Islamiyah), and as a form of glorifying one's fellow Muslims (Ikramul Muslimin). And nonverbal nonverbal communication is a manifestation of his belief as a Muslim who must practice the teachings of Islam and his love for the Prophet.

Salah satu organisasi yang cepat dan memiliki jumlah jamaah yang cukup banyak adalah jamaah tabligh. Jamaah Tabligh ketika berkomunikasi tidak hanya verbal, tetapi juga nonverbal yang menjadi ciri khas dan identitasnya, baik dalam bentuk pakaian, peci, jenggot, dan parfum. Termasuk juga cara makan dan cara bersalaman yang memiliki ciri tersendiri dan berbeda dengan jamaah lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tradisi fenomenologi, dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi nonverbal Jamaah Tabligh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi nonverbal Jamaah Tabligh memiliki muatan pesan-pesan nonverbal yang begitu melekat pada setiap aktivitas dan interaksinya dengan sesama jamaah atau masyarakat pada umumnya. Pesan-pesan nonverbal ini sekaligus sebagai penegas identitas seorang muslim, yang berfungsi sebagai kontrol diri, sebagai media untuk mempererat persaudaraan sesama umat muslim (Ukhuwah Islamiyah), dan sebagai bentuk sikap memuliakan kepada sesama muslim (Ikramul Muslimin). Dan komunikasi nonverbal nonverbal tersebut merupakan manifestasi akan keyakinannya sebagai muslim yang harus mengamalkan ajaran agama Islam dan kecintaannya pada Rasulullah saw.


Keywords


communication, nonverbal, congregation tabligh

Full Text:

PDF

References


Al-Fauzan, S.B.F. (1999). Loyalitas dalam Islam. Al-Qassem: Akafa Press.

Al-Selebesi, A.A.A. (2004). Fadhilah Salam dan Berjabat Tangan. Bandung: Al Ishlash Press.

De Vito, J. A. (1997). Human Commuication. Jakarta: Professional Books.

Della, P.O. (2014). Penerapan Metode Komunikasi Non Verbal Yang Dilakukan Guru Pada Anak-Anak Autis Di Yayasan Pelita Bunda Therapy Center Samarinda dalam Jurnal Ilmu Komunikasi, 2 (4). 114 -128.

Ibrahim, N. A. N & Mahbob, M. H. & Ahmad, A.L. (tt). Kepentingan Komunikasi Non Verbal Dalam Organisasi dalam Journal of Social Sciencies and Humanities, 15 (5). 107-116.

Kusumawati, T.I. (2016). Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Jurnal Al – Irsyad, 1 (6), 140-151.

Mirawati. I, & Erlandia, D.R., & Octavianti, M. (2012). Komunikasi Nonverbal Penyontek: Studi Terhadap Cara Mendeteksi Perilaku Menyontek Oleh Para Pengawas Ujian dalam Jurnal Ilmu Komunikasi, 8 (2). 212-223.

Muhaemin, E. (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. dalam Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2). 341-356.

Mulyana, D. (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Octavianti, M. (2016). Komunikasi Nonverbal Proksemik di Rumah Tidak Layak Huni dalam Jurnal Kajian Komunikasi, 4 (1).10-27.

Rafiudin & Djalil, M.A. (1997). Prinsip dan Strategi Dakwah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rahman, T. (2016). Komunikasi Dakwah Pesantren Tradisional dalam Jurnal Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 10 (2). 375-397.

Rizal, M. (2017). Impression Management Verbal dan Non Verbal Pekerja Seks Komersial di Kelurahan Talise dalam Jurnal Online Kinesik, 4 (2). 57-68.

Sentosa, A.T. (2015). Pola Komunikasi dalam Proses Interaksi Sosialdi Pondok Pesantren Nurul Islam Samarinda dalam Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(3):491-503.




DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v1i2.5023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Imron Rosyidi

Creative Commons License

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat