Strategi Komunikasi untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Zakat Maal


Asep Sudarman(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Poverty is a very serious problem faced by the Indonesian people and to immediately find and find solutions to reduce a problem in poverty. Zakat is one way to reduce poverty, by utilizing the zakat funds. Zakat Collector Unit (UPZ) in Rancasari Sub-District, Bandung City, is devoted to zakat management activities in conveying messages so that the public is aware of the importance of paying zakat mal if it is bishab and haul. So that a number of questions were formulated in the study: 1) What is the Communication Strategy in Planning? 2) What is the Communication Strategy in Implementation? 3) What is the Communication Strategy in Evaluation? The theory used in this study is a management approach communication strategy from Fred R. David which reveals that the strategy management process has three stages: Planning, Implementation and Evaluation. This theory is also strengthened by the communication strategy of Richard West Lynn H. Tunner with internal and external communication approaches. The method used in this study is observation, in-depth interviews and documentation. The results of this study: Planning both internally and externally is supported by the role of the chairman who carries out organizational command by optimizing existing fields. Implementation of the Zakat Collection Unit in Rancasari Subdistrict is still on activities outside zakat mall. Trust in the Zakat Collection Unit is still lacking. Socialization activities are still at the level of verbal delivery in certain groups or forums.

Kemiskinan merupakan masalah yang sangat serius yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dan untuk segera mencari dan menemukan solusi untuk mengurangi suatu persoalan dalam kemiskinan tersebut. Zakat merupakan salah satu cara untuk menekan angka kemiskinan, dengan memanfaatkan dana zakat tersebut. Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Rancasari Kota Bandung pada kegiatan pengelolaan zakat maal dikhususkan dalam menyampaikan pesan agar masyarakat menyadari pentingnya membayar zakat mal bila sudah bishab dan haul. Sehingga dirumuskan beberapa pertanyaan dalam penelitian: 1) Bagaimana Strategi Komunikasi dalam Perencanaan? 2) Bagaimana Strategi Komunikasi dalam Implementasi? 3) Bagaimana Strategi Komunikasi dalam Evaluasi? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi pendekatan manajemen dari Fred R. David yang mengungkapkan bahawa proses manajemen strategi ada tiga tahapan yakni: Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi. Teori ini juga dikuatkan oleh strategi komunikasi dari Richard West Lynn H. Tunner dengan pendekatan komunikasi internal dan eksternal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.  Hasil dari penelitian ini: Perencanaan baik secara internal dan eksternal didukung oleh peran ketua yang menjalankan komando organisasi dengan mengoptimalkan bidang-bidang yang ada. Pelaksanaan implementasi Unit Pengumpul Zakat Kecamatan Rancasari masih pada kegiatan diluar zakat mal. Kepercayaan kepada Unit Pengumpul Zakat masih kurang. Kegiatan sosialisasi pun masih pada tataran penyampaian secara verbal pada kumpulan atau forum tertentu.

 


Keywords


poverty; Zakat; Strategi;

Full Text:

PDF

References


Anggraningrum, D.N. (2014). Strategi Komunikasi Komunitas IndoRunners, dalam Jurnal Interaksi Online, 2(7), 1-9.

Ani & Sulfiatni (2013). Strategi Komunikasi Petugas Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana Dalam Mensosialisasikan Program Keluarga Berencana Di Kecamatan Medan Area. Jurnal ilmu komunikasi flow, 2(1).

Arifin, A. (1984) Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas, Bandung: Armico

Belch, G. E. & Michael, E. B. (2007) Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, Fourth Edition, Mc-Graw Hill: New York,

Certo, S. C. & Peter, J. P., (1990) Strategic Management: A Focus On Process, McGraw-Hill: New York

David, F. R. (2011) Strategic Manajement Konsep, Jakarta: Salemba Empat

Dinas Komunikasi dan Informasi. (2016). Pemkot Bandung Luncurkan Gerakan Ayo Bayar Zakat. diakses pada tanggal 12/12/2018 dari https://portal.bandung.go.id/posts/2016/05/30/vqvD/pemkot-bandung-luncurkan-gerakan-ayo-bayar-zakat.

Effendy, O. U. (2007) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (2003) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Cetakan kesembilanbelas, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fajar, M. (2009) Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik, Yogyakarta : Graha Ilmu

Ginting & Ellen (2013). Strategi Komunikasi Dan Tingkat Kesadaran Kesehatan (Studi Korelasional Pengaruh Strategi Komunikasi Tim Penggerak PKK Pokja IV Terhadap Tingkat Kesadaran Masyarakat Mengenai Kesehatan di Kelurahan Dendang Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat). Jurnal Ilmu Komunikasi Flow, 1(3).

Handoko, W. (2009). Isu Perempuan sebagai Strategi Komunikasi Politik Kampanye Calon dalam Pilkada, dalam Jurnal Yin Yang, 4(2).

Heddy & Aruan, D.S. (2013). Strategi Debaters untuk Mengatasi Rintangan Komunikasi, dalam Jurnal Polimedia, 15(4).

Herman. (2017). Strategi Komunikasi Pengelolaan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) Melalui Media Sosial. Jurnal Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 53-70.

Hidayah, R. (2015). Strategi Komunikasi Lembaga Amil Zakat (LAZ) Swadaya Ummah dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki di Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM), 2(2).

Imran, M. (2008). Strategi Menghadapi Krisis di Era Globalisasi (Perspektif Komunikasi), dalam Jurnal LPPM Paradigma, 9(1).

Indrariani, E.A. (2011). Strategi Komunikasi Mahasiswa Asing dalam Interaksi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus Mahasiswa Program Darmasiswa UNDIP Tahun 2010/2011), dalam Jurnal Parole, 2(1), 77-82.

Okprina. (2014). Strategi komunikasi pengawas pendidikan menengah di lingkup dinas pendidikan kabupaten gresik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4).

Prasetya, A.D. (2011). Strategi Komunikasi Dalam Penggalangan Dana Lembaga Swadaya Masyarakat "Kemitraan", dalam Jurnal Kom & Realitas Sosial, 2(2).

Rahman, F. (1989) Neomodernisme Islam: Metode dan Alternatif, Penyunting: Taufik Adnan Amal, Bandung: Mizan.

Rahmawati, F.N., Suryandari, N., & Kurniasari, N.D. (2013). Strategi Komunikasi•emberdayaan Ekonomi Perempuan Madura Berbasis Kearifan Lokal Madura, dalam Jurnal Komunikasi, 7(1), 33-42.

Rangkuti, F. (2009) Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Satma. (2019). Strategi komunikasi kpu kota padang dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu kada tahun 2018. Ranah research : journal of multidisciplinary research and development, 1(2).

Wardani, R.W.K. (2017). Strategi Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional dalam Pengumpulan Zakat Mal, dalam Jurnal Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(1).

Werdiningsih, D. (2010). Strategi Komunikasi Penutur Anak dalam Interaksi dengan Berbagai Mitratutur pada Lingkungan Masyarakat Diglosik, dalam Jurnal Litera, 9(2), 103-121.

Wibowo, H.S., Wahyudin, U., & Benyamin, P. (2012). Strategi Komunikasi Pemasaran. e-jurnal Mahasiswa, 1(1).

Wirjokusumo, I. & Anshori, S. (2009) Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu-Ilmu Sosial Humaniora, Surabaya: Unesa University Press.

Yuniarti, T. (2011). Strategi Komunikasi Tvone dalam Penayangan Makelar Kasus Palsu, dalam Jurnal FKSB Makna, 2(2).

Zainal, V. R. (2014) Islamic Human Capital Management. Manajemen Sumber Daya Insani, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v2i1.5056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Asep Sudarman

Creative Commons License

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat