Gaya Komunikasi Dosen dalam Pembelajaran Mahasiswa


Mutawakkil Mutawakkil(1*), Nuraedah Nuraedah(2)

(1) Universitas Tadulako Palu, Indonesia
(2) Universitas Tadulako Palu, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The research aims to analyze the communication style to overcome the boredom of students’ learning in the social history course at History Education Program Study, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University". This research uses qualitative research approach by examining 1 lecturer and 45 students in class A. Data analysis uses qualitative analysis, with three stages which include: data reduction, data presentation, and data verification.  The results of the research show that the communication style of lecturers to reduce boredom of learning, as follows: Develop an active communication style while still emphasizing assertiveness, taking full social initiative so that students can imitate and apply the communication style in their social environment, and they are able to express opinions with controlled emotions, communication style must be done in two-ways that is by sending full information attentively, communication style by commanding but showing the way, so that students become maximally measured in doing their tasks, there is reflection after evaluation, and communication style of the listener, being attentive in conveying information, making decisions by considering all parties.

Penelitian bertujuan untuk menganalisis gaya komunikasi mengatasi kejenuhan Belajar pada matakuliah Sejarah Sosial Mahasiswa Pendidikan Sejarah Untad”. Dalam penelitian ini peneliti menekankan pada pendekatan kualitatif dengan meneliti 1 orang dosen dengan populasi mahasiswa 45 orang di kelas A. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis secara kualitatif, dengan tiga jenis meliputi: Reduksi Data, Penyajian data, serta Verifikasi data. Hasil peneitian menunjukkan: gaya komunikasi dosen untuk mengurangi kejenuhan belajar, sebagai berikut; mengembangkan gaya komunikasi aktif namun tetap mengedepankan ketegasan, mengambil secara penuh inisiatif sosial agar mahasiswa meniru di lingkungan sosialnya, serta mampu menyatakan pendapat dengan emosional yang terkontrol; gaya komunikasi harus dua arah dengan mengirim informasi secara full dengan penuh perhatian; gaya komunikasi dengan memerintah tapi menunjukkan caranya, sehingga mahasiswa menjadi terukur secara maksimal dapat mengerjakan tugas, ada refleksi ketika evaluasi, dan gaya komunikasi  pendengar, penuh perhatian dalam menyampaikan informasi, membuat keputusan dengan mempertimbangkan semua pihak.


Keywords


communication style, boredom learning, social history course

Full Text:

PDF

References


Arifin, B. (2018). Strategi Komunikasi Dakwah Da’i Hidayatullah dalam Membina Masyarakat Pedesaan. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 159-178. DOI :10.15575/cjik.v2i2.4940

Giri, V. N. (2006). Culture and communication style. The Review of Communication, 6(1-2),124-130. https://doi.org/10.1080/15358590600763391.

Haber, S.H., David, M., Kennedy., & Krasner, S.D. (1997). Brothers under the Skin: Diplomatic History and International Relations. International Security, 22(1), 34-43 at p.43. DOI:10.1162/isec.22.1.34

Hakim, T. (2004). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara

Hutapea, L. (2016). Gaya Komunikasi Interpersonal Orangtua dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja di Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Al-Balagh, 1(1), 126-137. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/balagh/issue/view/77

Lie, Anita., Andriono, Takim., & Prasasti, Sarah. (2014). Menjadi Sekolah Terbaik: Praktik-Praktik Strategis dalam Pendidikan. Jakarta: Tanoto Foundation & Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Grup).

Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mahanani, P.A.R. (2014). Media Sosial dan Gaya Komunikasi: Jurnal Komunikator, 6(1), 60. http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/issue/view/43

Mazaya, M., Setiabudi, D., & Santosa, H.P. (2013). Pengaruh Gaya Komunikasi dan Kualitas Pelayanan Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah (Studi pada Nasabah PT. Bank BNI Syariah Cabang Semarang). Jurnal Interaksi Online, 1(4). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/3591

Miles & Huberman. (Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi). (2009). Analisis Data Kualitatif (terjemahan). Jakarta: Penerbit UI Press.

Mulyono. (2011). Strategi Pembelajaran: Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN Malang Pers.

Nuraedah. (2017). Tantangan dan Peluang Pembelajaran Sejarah Lisan Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah di FKIP Universitas Tadulako. Jurnal Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah. 1(1), 1-24. https://ejournal.upi.edu/index.php/historia/issue/archive

Prastowo, A. 2018. Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar. Depok: Kencana.

Rumini, S. (1998). Psikologi Umum. Yogyakarta: FKIP IKIP Yogyakarta

Rustandi, R. (2018). Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Daí dalam Program Televisi. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 197-222. DOI: 10.15575/cjik.v2i2.4949

Setyanto, Y. (2011). Gaya Kepemimpinan dan Iklim Komunikasi di Kementerian Pertahanan. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara, 3(1).

Sucia, V.(2016). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru, Komuniti. VIII (2), p-ISSN: 2087-085X, e-ISSN: 2549-5623. DOI: https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5.2942

Sudarman, A. (2018). Strategi Komunikasi untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Zakat Maal. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 39-58. DOI :10.15575/cjik.v2i1.5056

Sudiansyah, A. (2017). Efektivitas Komunikasi Dakwah di Pesantren MQ dalam Merubah Akhlak Santri. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 139-154. DOI :10.15575/cjik.v1i2.4842

Sugihartono, (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Syah, M. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syah, M.(2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Teviana, T. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Intern terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada RS. Estomihi Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis Program Studi Magister Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan, 3(3).

Tohirin. (2009). Psikologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v3i2.5765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mutawakkil, Nuraedah

Creative Commons License

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat