Analisis Framing Pemberitaan Generasi Milenial dan Pemerintah Terkait Covid-19 di Media Online


Kheyene Molekandella Boer(1), Mutia Rahmi Pratiwi(2*), Nalal Muna(3)

(1) Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia
(2) Universitas Dian Nuswantoro, Indonesia
(3) Politeknik APP Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to identify the coverage of the Covid-19 Task Force in the three online editions of March 20-23, 2020. The four stages of Framing Entmant include: Define Problem, Diagnose Cause, Make moral judgment, and Treatment recommendations. This research uses Robert N. Entman's framing analysis method with a qualitative approach. The results showed that Define Problem in reporting related to government policy in cooperating with influencers was considered not the right choice, the diagnosis cause was shown in the form of indifference to millennials in response to the Covid-19 pandemic, Make a moral judgment in the form of an assertion that influencers were not paid in this program as a form of their contribution to the country, and the treatment recommendations offered are that the government equip influencers with a strong understanding of COVID-19 before becoming a mediator in delivering messages to millennials. Online media is a public space that is considered important as a reference in increasing general information literacy so that the news is expected to be objective and educational.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemberitaan mengenai Gugus Tugas penanganan Covid-19 di ketiga media online edisi 20-23 Maret 2020. Empat tahap Framing Entmant mencakup: Define Problem, Diagnose Cause, Make moral judgment dan Treatment recommendation. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing Robert N. Entman dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Define Problem dalam pemberitaan berkaitan dengan kebijakan pemerintah dalam menggandeng para influencer dinilai bukan pilihan yang tepat, Diagnose cause ditunjukkan dalam bentuk sikap acuh para generasi milenial dalam menanggapi pandemi Covid-19, Make moral judgment dalam bentuk penegasan bahwa para influencer tidak dibayar dalam program ini sebagai bentuk kontribusi mereka kepada negara, dan treatment recommendation yang ditawarkan adalah pemerintah membekali influencer pemahaman yang kuat terkait covid-19 sebelum menjadi mediator penyampai pesan bagi milenial. Media online merupakan ruang publik yang dianggap penting sebagai rujukan dalam meningkatkan literasi informasi masyarakat, sehingga pemberitaannya diharapkan bisa objektif dan mendidik.

Keywords


analisis framing, generasi milenial, kebijakan pemerintah, covid-19.

Full Text:

PDF

References


Amali, M. T. (2019). Pengaruh Terpaan Iklan Online Dan Kelompok Referensi Terhadap Perilaku Adopsi Go-Jek Di Kota Semarang Yang Dimediasi Oleh Sikap Konsumen. Jurnal Audience, 2(1).

Andarista, N. V. (2017). Analisis Framing Pemberitaan Chatting Seks Habib Rizieq Di Media Liputan6.Com. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 77-85.

Andriyani, T., Zahra, S., & Swasti, D. D. (2017). Gambaran Pola Identifikasi Generasi Milenial Dalam Memilih Tokoh Politik Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi, 3(2), 69-81

Ayu, D., & Pratiwi, M. R. (2019). Agenda Media dalam Pemberitaan Top Up Uang Elektronik Di Media Online Kompas.Com. Widya Komunika, 9(1), 86-104.

BNPB. (2020). Situasi Virus Corona. Retrieved 11 April 2020 https://www.covid19.go.id/

BPS. (2020). Sensus Penduduk 2020, Sensus Era Digital. https://bandungkota.bps.go.id/news/2020/01/07/15/sensus-penduduk-2020--sensus-era-digital---.html

CNNIndonesia.com. (2018). CNNIndonesia.com Tembus 10 Besar Media Digital di Tahun ke-3. Retrieved 11 April 2020, from CNN Indonesia https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180209093327-192-274999/cnnindonesiacom-tembus-10-besar-media-digital-di-tahun-ke-3

Damayanti, S., Mayangsari, I. D., & Putra, D. K. S. (2016). Analisis Framing Robert N. Entman atas Pemberitaan Reklamasi Teluk Jakarta di Majalah Tempo.

Entman, R. M. (2007). Framing Bias: Media in the Distribution of Power. Journal of Communication, 57(1), 163-173. doi:10.1111/j.1460-2466.2006.00336.x

Eriyanto. (2008). Analisis Framing ; Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Gray, S. G., Raimi, K. T., Wilson, R., & Arvai, J. (2019). Will Millennials save the world? The effect of age and generational differences on environmental concern. J Environ Manage, 242, 394-402. doi:10.1016/j.jenvman.2019.04.071

Handika, M. R., Maradona, A. F., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(2), 192-203.

Ilhami, F., Santoso, H. P., & Setyabudi, D. (2014). Pengaruh Terpaan Pemberitaan Politik Di Media Online Dan Terpaan Pesan Iklan Kampanye Politik Di Media Televisi Terhadap Elektabilitas Partai Hanura. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2).

Ilicic, J., & Webster, C. M. (2015). Consumer values of corporate and celebrity brand associations. Qualitative Market Research: An International Journal, 18(2), 164-187. doi:10.1108/qmr-06-2013-0037

Kompas.com. (2020a). 1.677 Orang Terinfeksi Covid-19, Kapan Virus Corona di RI Berakhir? Retrieved 11 April 2020, from Kompas https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/01/210000065/1.677-orang-terinfeksi-covid-19-kapan-virus-corona-di-ri-berakhir-

Kompas.com. (2020b). Update, Berikut 15 Negara yang Berlakukan Lockdown akibat Virus Corona. Retrieved 10 April 2020 https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/22/183000465/update-berikut-15-negara-yang-berlakukan-lockdown-akibat-virus-corona?page=3

Malik, R. a. K. (2019). Polemik Hijab Miftahul Jannah di Asian Para Games 2018: Analisis Framing Robert N. Entman di Media Online: TribunNews.com, Detik.com, dan Republika.co.id. Kalijaga Journal of Communication, 1(1), 77-100.

Milla, M. N. (2015). Pengaruh Terpaan Kekerasan Media Audio Visual Pada Kognisi Agresif dan Afeksi Agresif Studi Meta Analisis. Jurnal Psikologi, 33(2), 1-16.

Muchtar, K., Bahrudin, & Khoyin, M. (2020). Analisis Tajuk Rencana Mengenai Covid 19 pada Harian Umum Pikiran Rakyat. http://digilib.uinsgd.ac.id/31611/

Muhaemin, E., & Sanusi, I. (2019). Intoleransi Keagamaan dalam Framing Surat Kabar Kompas. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 17-34.

Ningrum, S. C. (2019). Analisis Framing Pemberitaan Tewasnya Perawat Razan Najjar Di Media Bbc Indonesia Dan Cnn Indonesia. Jurnal Spektrum Komunikasi, 7(2).

Pan, P.-L., & Meng, J. (2016). Media Frames across Stages of Health Crisis: A Crisis Management Approach to News Coverage of Flu Pandemic. Journal of Contingencies and Crisis Management, 24(2), 95-106.

Prasetyanti, R., & Prasetyo, S. (2017). Generasi Millennial dan Inovasi Jejaring Demokrasi Teman Ahok. Jurnal Polinter Prodi Ilmu Politik FISIP UTA’45 Jakarta, 3(1), 44-52.

Pratiwi, M. R., Yusriana, A., & Mukaromah, M. (2016). Konvensional vs Online? Analisis Framing Berita Demo Taksi Dalam Media Online Tempo.Co. Jurnal Komunikasi Massa, 9(2), 1-16.

Roosinda, F. W., & Alfraita, A. (2019). Rekonsiliasi joko widodo dan prabowo subianto pasca pemilu 2019 dalam pemberitaan detik.com, cnnindonesia.com dan viva.co.id periode 13-27 juli 2019. Jurnal Kajian Media, 3(2).

Santoso, P. (2016). Konstruksi Sosial Media Massa. Al-Balagh, 1(1), 30-48.

Sobur, A. (2009). Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sya’bani, D. P. (2017). Analisis Framing: Pemberitaan Kontroversi Hijab Halal Zoya Studi Komparatif Pada Media Detik.Com Dan Liputan6.Com. (S1), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Syahril, R., & Meliala, R. M. (2019). Pengaruh Terpaan Media Terhadap Minat Masyarakat Mengikuti Ajang Pencarian Bakat Indonesia Idol (Studi Peserta Audisi Di Jakarta). Jurnal AKRAB JUARA, 4(4).

Yusniyawati, E., & Panuju, R. (2020). Karakteristik Ekspektasi Generasi Milenial Calon Walikota Surabaya 2020-2025: Peduli dan Merakyat. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 10-19.

Zulaikha, N.H. (2019). Analisis Framing Pemberitaan Pilgub Jawa Timur 2018 pada Situs Berita Daring Indonesia. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 91-110.




DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.8277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 mutia rahmi pratiwi

Creative Commons License

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat