Muhammad Prophet and Statesman Karya William Montgomery: Kajian Historiografi Sirah Nabawiyah dan Orientalisme

Muhammad Prophet and Statesman Karya William Montgomery: Kajian Historiografi Sirah Nabawiyah dan Orientalisme

Authors

  • Alfa Dini Savitri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ajid Thohir UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ajid Hakim UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.1557/djash.v2i2.30965

Abstract

Artikel ini membahas tentang historiografi sirah dari orientalis terutama dalam karya William Montgomery dengan judul Muhammad Prophet and Statesman. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan, yakni heuristik, kritik, interpretasi historiografi. Berdasasarkan hasil penelitan, ditarik kesimpulan bahwa Montgomery Watt dalam pengkajiannya terhadap sosok Nabi Muhammad tersaji dalam sudut pandang yang objektif meskipun tidak dipungkiri bahwa Montgomery sendiri adalah seorang pendeta dan akademisi Kristen yang kental dengan pengaruh bias pemikiran orientalis pendahulunya. Menurut perspektif Montgomery, Muhammad merupakan sosok dengan ‘imajinasi tinggi’, tidak hanya menjadi sosok negarawan melainkan sekaligus mejadi seorang ‘sosial reformer' selayaknya Von Hugel dan Adolf Hitler.

References

Abdullah, Y. A. G. (2004). Historiografi Islam, Dari Klasik Hingga Modern (B. Sudrajat (Ed.)). Rajagrafindo Pers.

Ad-Dimasyqi, A. F. I. K. (2004). Tafsir Al-Qur’an Al-Adzhim (terj. Bahr).

Bell, R. (1968). The Origins Of Islam In Its Christian Environtment. Frank&cass Co. Ltd.

Bensaid, B., & Machouche, S. (2019). Muslim morality as foundation for social harmony. Journal of Al-Tamaddun.

Buaben, J. M. (1996). “ The Life of Muhammad In British Scholarship: a Critique of Three Key Modern Biographies Of Prophet Muhammad.†University of Birmingham.

Bukhari, Sahih Bukhari, 3534. CD-ROM version. (n.d.).

Donner, F. M. (2015). “The Study of Islam’s Origins Since W. Montgomery Watt Publications.†The Study of Islam’s Origins Since W. Montgomery Watt Publicationsâ€.

Ghirah, H. A. E.-B. dan A. A. Z. D. (2008). Orientalisme dan Misionarisme: Menelikung Pola Pikir Umat Islam; Pandangan Orientalis Barat Tentang Islam: Antara Yang Menghujat dan Yang Memuji (terj. H.Andi Subarkah (Ed.)). Remaja Rosdakarya; Karya Pembina Swajaya.

Goddard, H. (2013). Sejarah Perjumpaan Islam-Kristen. Titik Temu dan Titik Seteru Dua Komunitas Agama Terbesar Di Dunia . (Z. dan Z. AM (Ed.)). Serambi.

Guillaume, A. (1970). The Life Of Muhammad, Translated Of Ishaq Sirat Rasul Allah. Oxford University Press.

Hillenbrand, C. (2006). “William Montgomery Watt.â€

Hisham, I. (n.d.). As-Sirah An-Nabawiyyah Li Ibni Hisham (M. S. Etal (Ed.)). Al- MaktabahAl-Ilmiyyah.

Hugh Goddard, O. L. (2002). Sejarah Perjumpaan; Yesus Dalam Literature Islam :Lorong Baru Dialog Kristen-Islam . (terj. Ali Nur Zaman (Ed.)). Fajar Pustaka Baru.

Husain, H. M. (1982). Sejarah Hidup Muhammad. Hayat Muhammad (Trans.), 18th Ed. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Ismail, F. (1999). “Perdagangan Mekah dan Kemunculan Islam, Mediskusikan Tesis Montgomery Watt dan Patricia Crone.†Al-Jami’ah, 64/XII(IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), 110.

Louis Gottschalk. (1975). Mengerti Sejarah. Yayasan Universitas Indonesia.

Margoliouth, D. S. (1905). Muhammad and The Rise Of Islam. G.P.Putnam.

Qathan, M. (1990). Mabahits Fi Ulumil Qur’an. Manshurati Asri Al-hadits.

QS. Al-Ahzab (33:40). (n.d.).

Qs. Al-Ankabut. (n.d.).

Qs. Al-Maidah Ayat 67. (n.d.).

Qs. Ali Imran Ayat 61. (n.d.).

Rippin, A. (2005). Muslim Their Religious Beliefs And Practices. London.

Samir, S. K. (2008). “The Theological Christian Influence On The Qur’an, A Reflection". In †Gabriel Said Reynolds (Ed.), The Qur’an In Its Historical Concept (pp. 141–161). Routledge.

Sartono Kartodirdjo. (1922). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Gramedia Pustaka Utama.

Soetapa, D. (1991). Ummah, Komunitas Religius, Sosial, dan Politis Dalam Al-Qur’an. Duta Wacana University Press.

Stanton, A. L. (2019). Hashtag Islam: How Cyber-Islamic Environments Are Transforming Religious Authority by Gary R. Bunt. The Middle East Journal, 73(3), 513–515.

Sulasman. (2014). Metode Penelitian Sejarah. Pustaka Setia.

Ulangan 33;1-3. Alkitab, (Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 1999). (n.d.).

Watt, W. M. (1961). Muhammad Prophet and Statesman. Oxford University Press.

William Montgomery Watt. Richard Bell. (1970). Introduction To The Qur’an. Edinburgh University Press.

Published

2023-08-20

How to Cite

Savitri, A. D., Thohir, A., & Hakim, A. (2023). Muhammad Prophet and Statesman Karya William Montgomery: Kajian Historiografi Sirah Nabawiyah dan Orientalisme. Definisi: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 2(2), 66–84. https://doi.org/10.1557/djash.v2i2.30965
Loading...