EMPIRICAL STUDY OF EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT (ERC) IN CONSUMER GOODS SECTOR COMPANIES


Revina Intan Pradita(1), Sunarsih Sunarsih(2*)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Reaksi pasar pada saat peningkatan laba perusahaan terjadi tidak disertai meningkatnya harga saham. Oleh karena itu, tinggi rendahnya nilai Earnings Response Coefficient (ERC) perusahaan dapat digunakan investor untuk mengambil keputusan investasi. Penelitian ini bertujuan mengkaji determinan ERC melalui empat variabel gabungan. Pengujian dilakukan pada perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI), dengan teknik sampel menggunakan purposive sampling dan memperoleh total sampel sebanyak 24 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan pengolahan data menggunakan software STATA.14. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persistensi laba, risiko sistematik, dan profitabilitas berpengaruh terhadap earnings response coefficient (ERC). Hasil ini mengindikasikan bahwa investor dapat memprioritaskan perusahaan yang memiliki profitabilitas tinggi dan risiko sistematik yang rendah karena terbukti dapat meningkatkan earnings response coefficient (ERC).


Keywords


Persistensi Laba; Struktur Modal; Risiko Sistematik; Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Anggita, D. R., & Hidayati, W. N. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Alokasi Pajak, dan Ukuran Perusahaan terhadap Earning Response Coefficient (ERC). 1(1), 42–58.

Delvira, M., & Nelvirita. (2013). Pengaruh Risiko Sistematik, Leverage Dan Persistensi Laba Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC). Wahana Riset Akuntansi, 1(2), 129–154.

Esana, R., & Darmawan, A. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Serta Dampaknya Terhadap Profitabilitas t+1 (Studi pada Sub Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(6), 10.

Fauzan, M., & Purwanto, A. (2017). Pengaruh Pengungkapan CSR, Timeliness, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Resiko Sistematik terhadap Earning Response Coefficient (ERC). Diponegoro Journal of Accounting, 6(1), 1–15.

Fidelia, M., & Bangun, N. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Debt Policy Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Di Indonesia. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, 5(2).

Hartanto, D., & Wijaya, H. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Earning Response Coefficient (ERC) Dengan Profitabilitas Sebagai Prediktor. Jurnal Paradigma Akuntansi, 1(2), 344. https://doi.org/10.24912/jpa.v1i2.5002

Hasanzade, M., Darabi, R., & Mahfoozi, G. (2013). Factors Affecting the Earnings Response Coefficient: An Empirical study for Iran. European Online Journal of Natural and Social Sciences 2013, 2(3), 2551–2560.

Hidayah, L., & Sunarsih, S. (2022). Tingkat underpricing saham syariah dan non syariah saat IPO dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam, 4(1), 49–70. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i1.495

Ihsan, A., Raza, W., & Jan, S. (2018). Effect of Board Independence on Earning Response Coefficient (ERC): Evidence from Pakistan. Review of Economics and Development Studies, 4(2), 153–164. https://doi.org/10.26710/reads.v4i2.386

Imroatussolihah, E. (2013). Pengaruh Risiko, Leverage, Peluang Pertumbuhan, Persistensi Laba dan Kualitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Earning Response Coefficient pada Perusahaan High Profile. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1, 75–87.

Irawan, F., & Talpia, L. (2021). The Effect of Leverage, Firm Size, Earnings Growth, and Earning Persistence on Earning Response Coefficient. 25(1), 41–56.

Mahendra, I. P. Y., & Wirama, D. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan pada Earnings Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(3), 2566–2594.

Mulyani, S., Asyik, N. F., & Andayani. (2007). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Earnings Response Coefficient pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. 11(1), 35–45.

Pratiwi, D. B., Damayanti, & Harori, M. I. (2021). Pengaruh Inflasi, BI Rate,.Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Perubahan Indeks Harga Saham Sektor Consumer Goods. Jurnal Perspektif Bisnis, 4(1).

Rahmawati, Q., & Asyik, N. F. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Risiko Sistematis, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 9(1), 1–18.

Ramadanti, A. D., & Rahayu, Y. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal dan Persistensi Laba terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 8(3), 1–17.

Ratnasari, F. (2022). Pengaruh Default Risk dan Ukuran Perusahaan terhadap Earnings Response Coefisient (ERC) dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode 2014—2016). Jurnal Semarak, 5(1), 99–120.

Rofika. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient (ERC) Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012. Jurnal Akuntansi, 3(2), 174–183.

Sari, N. L., & Daud, R. M. (2016). Pengaruh Informasi Laba terhadap Koefisien Respon Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2011-2014). 1(2).

Suardana, K. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2018). Earnings Response Coefficient: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Riset Akuntansi, 8(2), 1–10.

Sudarmaji, E., & Ambarwati. (2019). Earning Response Coefficient: The Indonesia Stock Exchange Case. 1–19.

Surtiningsih, D. M. D., & Wijaksana, T. I. (2015). Pengaruh Corporate Social Disclosure Index (CSDI) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Industry Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2013. eProceedings of Management, 2(3).

Wardaya, R. A., & Lindrawati. (2017). Pengaruh Persistensi Laba, Beta, dan Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Earnings Response Coefficient pada Perusahaan Jasa di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Kontemporer (JAKO), 9(1), 18.

Wijaya, H., Adhitya, S., Cahyadi, H., & Salim, S. (2020). Factors Affecting Earning Response Coefficient With Profitability as Moderating Variable in Manufacturing Companies. Proceedings of the 8th International Conference on Entrepreneurship and Business Management (ICEBM 2019) UNTAR, 145, 246–254. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200626.044




DOI: https://doi.org/10.15575/fjsfm.v4i1.24650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Revina Intan Pradita, Sunarsih Sunarsih

 
 
 Lisensi Creative Commons