EMPIRICAL STUDY OF EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT (ERC) IN CONSUMER GOODS SECTOR COMPANIES
DOI:
https://doi.org/10.15575/fjsfm.v4i1.24650Keywords:
Persistensi Laba, Struktur Modal, Risiko Sistematik, ProfitabilitasAbstract
Reaksi pasar pada saat peningkatan laba perusahaan terjadi tidak disertai meningkatnya harga saham. Oleh karena itu, tinggi rendahnya nilai Earnings Response Coefficient (ERC) perusahaan dapat digunakan investor untuk mengambil keputusan investasi. Penelitian ini bertujuan mengkaji determinan ERC melalui empat variabel gabungan. Pengujian dilakukan pada perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI), dengan teknik sampel menggunakan purposive sampling dan memperoleh total sampel sebanyak 24 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan pengolahan data menggunakan software STATA.14. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persistensi laba, risiko sistematik, dan profitabilitas berpengaruh terhadap earnings response coefficient (ERC). Hasil ini mengindikasikan bahwa investor dapat memprioritaskan perusahaan yang memiliki profitabilitas tinggi dan risiko sistematik yang rendah karena terbukti dapat meningkatkan earnings response coefficient (ERC).
References
Anggita, D. R., & Hidayati, W. N. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Alokasi Pajak, dan Ukuran Perusahaan terhadap Earning Response Coefficient (ERC). 1(1), 42–58.
Delvira, M., & Nelvirita. (2013). Pengaruh Risiko Sistematik, Leverage Dan Persistensi Laba Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC). Wahana Riset Akuntansi, 1(2), 129–154.
Esana, R., & Darmawan, A. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Serta Dampaknya Terhadap Profitabilitas t+1 (Studi pada Sub Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(6), 10.
Fauzan, M., & Purwanto, A. (2017). Pengaruh Pengungkapan CSR, Timeliness, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Resiko Sistematik terhadap Earning Response Coefficient (ERC). Diponegoro Journal of Accounting, 6(1), 1–15.
Fidelia, M., & Bangun, N. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Debt Policy Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Di Indonesia. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, 5(2).
Hartanto, D., & Wijaya, H. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Earning Response Coefficient (ERC) Dengan Profitabilitas Sebagai Prediktor. Jurnal Paradigma Akuntansi, 1(2), 344. https://doi.org/10.24912/jpa.v1i2.5002
Hasanzade, M., Darabi, R., & Mahfoozi, G. (2013). Factors Affecting the Earnings Response Coefficient: An Empirical study for Iran. European Online Journal of Natural and Social Sciences 2013, 2(3), 2551–2560.
Hidayah, L., & Sunarsih, S. (2022). Tingkat underpricing saham syariah dan non syariah saat IPO dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam, 4(1), 49–70. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i1.495
Ihsan, A., Raza, W., & Jan, S. (2018). Effect of Board Independence on Earning Response Coefficient (ERC): Evidence from Pakistan. Review of Economics and Development Studies, 4(2), 153–164. https://doi.org/10.26710/reads.v4i2.386
Imroatussolihah, E. (2013). Pengaruh Risiko, Leverage, Peluang Pertumbuhan, Persistensi Laba dan Kualitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Earning Response Coefficient pada Perusahaan High Profile. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1, 75–87.
Irawan, F., & Talpia, L. (2021). The Effect of Leverage, Firm Size, Earnings Growth, and Earning Persistence on Earning Response Coefficient. 25(1), 41–56.
Mahendra, I. P. Y., & Wirama, D. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan pada Earnings Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(3), 2566–2594.
Mulyani, S., Asyik, N. F., & Andayani. (2007). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Earnings Response Coefficient pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. 11(1), 35–45.
Pratiwi, D. B., Damayanti, & Harori, M. I. (2021). Pengaruh Inflasi, BI Rate,.Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Perubahan Indeks Harga Saham Sektor Consumer Goods. Jurnal Perspektif Bisnis, 4(1).
Rahmawati, Q., & Asyik, N. F. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Risiko Sistematis, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 9(1), 1–18.
Ramadanti, A. D., & Rahayu, Y. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal dan Persistensi Laba terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 8(3), 1–17.
Ratnasari, F. (2022). Pengaruh Default Risk dan Ukuran Perusahaan terhadap Earnings Response Coefisient (ERC) dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode 2014—2016). Jurnal Semarak, 5(1), 99–120.
Rofika. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient (ERC) Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012. Jurnal Akuntansi, 3(2), 174–183.
Sari, N. L., & Daud, R. M. (2016). Pengaruh Informasi Laba terhadap Koefisien Respon Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2011-2014). 1(2).
Suardana, K. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2018). Earnings Response Coefficient: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Riset Akuntansi, 8(2), 1–10.
Sudarmaji, E., & Ambarwati. (2019). Earning Response Coefficient: The Indonesia Stock Exchange Case. 1–19.
Surtiningsih, D. M. D., & Wijaksana, T. I. (2015). Pengaruh Corporate Social Disclosure Index (CSDI) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Industry Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2013. eProceedings of Management, 2(3).
Wardaya, R. A., & Lindrawati. (2017). Pengaruh Persistensi Laba, Beta, dan Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Earnings Response Coefficient pada Perusahaan Jasa di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Kontemporer (JAKO), 9(1), 18.
Wijaya, H., Adhitya, S., Cahyadi, H., & Salim, S. (2020). Factors Affecting Earning Response Coefficient With Profitability as Moderating Variable in Manufacturing Companies. Proceedings of the 8th International Conference on Entrepreneurship and Business Management (ICEBM 2019) UNTAR, 145, 246–254. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200626.044
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).