EVIDENCE OF THE DETERMINING FACTORS OF INTERNET BANKING USE IN MARTAPURA


Hasanah Hasanah(1*), Mukhlis Kaspul Anwar(2), Nur Habibah(3)

(1) Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Darussalam Martapura, Indonesia
(2) Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Darussalam Martapura, Indonesia
(3) Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Darussalam Martapura, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari persepsi terhadap teknologi, religiusitas, dan penanganan keluhan terhadap minat mahasiswa IAID Martapura dalam menggunakan layanan internet banking. Penelitian ini merupakan survei eksplanatif dan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang diteliti adalah mahasiswa/i IAI Darussalam Martapura dari tahun 2019 hingga 2022, yang berjumlah sebanyak 2.069 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang dianalisis merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi berganda, yang sebelumnya telah lolos uji asumsi klasik serta uji validitas dan reliabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, persepsi terhadap teknologi, religiusitas, dan penanganan keluhan memiliki pengaruh terhadap minat dalam menggunakan layanan internet banking. Penelitian ini menyoroti pentingnya pelayanan pelanggan yang responsif dalam layanan internet banking. Faktor-faktor seperti teknologi dan aspek non-teknis, seperti nilai-nilai keagamaan, ternyata memiliki dampak pada penggunaan layanan keuangan digital. Implikasinya, institusi keuangan perlu mengembangkan strategi pemasaran yang mempertimbangkan nilai-nilai keagamaan untuk menjangkau pasar mereka.


Keywords


Handling Complaint; Internet Banking; Minat; Persepsi; Religiusitas

Full Text:

PDF

References


Brian D.S. 2013. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Kecemasan Berkomputer Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking.” Jurnal Nominal 2 (1): 38.

Ghozali. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS.” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kurniawati, Hanif Astika, Wahyu Agus Winarno, and Alfi Arif. 2017. “Analisis Minat Pengguna Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi”.” E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi 1 (1): 24.

Nasution, Mislah Hayati. 2015. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Internet Banking”.” No.1 1: 66.

Sudijono. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja. Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Cetakan Ke-24.” In Bandung: Alfabeta, 85.

Wahyudi, Riza Helmawan. 2015. “Pengaruh Persepsi Penanganan Keluhan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BPRS Tanmiyah Artha Kediri.”




DOI: https://doi.org/10.15575/fjsfm.v4i2.30274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasanah, Mukhlis Kaspul Anwar, Nur Habibah

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats