Tafsir ‘Aqa'idi dalam Kajian Baru


Kartini Fujiyanti Agustin(1*), Nida Al Rahman(2), Eni Zulaiha(3)

(1) Darul Huffadz Indonesia, Bogor, Indonesia
(2) Pesantren Habiburrahman Nagreg, Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini mencoba menelaah lebih lanjut mengenai tafsir ‘aqa>idi> dengan menjelaskan sejarah kemunculan corak ‘aqa>idi> dalam dunia tafsir al-Quran, batasan istilah pembahasannya, akseptabilitas para ulama serta contoh kitab-kitab tafsir bercorak ‘aqa>idi>. MetodeNyang digunakanndalam penelitiannini adalahndeskriptif analisisnberbasis penelitiannkepustakaan dengannpendekatan sejarah dan tafsir. Temuan dari penelitian ini bahwa Tafsir ‘Aqa>idi> merupakan salah satu nuansa penafsiran yang menggunakan teori-teori dan pendekatan Teologis. Sejarah kemunculan corak teologis ini bermula pada setelah terjadi perangnSiffin antarankelompok Alinbin Abi Thalibndengan Muawwiyahnbin AbunSufyan. Adapun batasan istilah tafsir ‘aqa>idi> mencakup pembahasan yang berkenaan dengan teologi ketuhanan dan politik kepemimpinan karena keduanya merupakan tema penting yang menyangkut ideologi sekte. Dalam  akseptabilitasnya, para ulama memberikan beberapa syarat yang dapat mengklasifikasikan tafsir ‘aqa>idi> dapat diterima ataukah tidak, diantara indikasi sebuah tafsir ‘aqa>idi> tidak dapat diterima adalah jika upaya penafsirannya terindikasi oleh hawa nafsu melegitimasi kelompoknya. Kitab-kitab tafsir bercorak ‘aqa>idi> dapat ditemukan dalam Tafsirnal-Kasysyaf karyanal-Zamakhsyarinyang bernuansanakidah Muktazilah, TafsirnMafatihnal-Ghaib karyanFakhruddinnAl-Razi yangnbermadzhab Asy’ariyyah serta Tafsir Al-Mizan yang ditulis oleh seorang tokoh Syiah, Husein Thabathaba’i.

Keywords


corak tafsir; tafsir teologi; ideologi sekte; perbedaan teologis; kitab tafsir

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, K. (1986). Ushul al-Tafsir wa Al-Qawaiduhu. Daar an-Nafs.

Ahmad Hilmi, A. B., Mohd Yusoff, M. Y. @ Z., & Amir, S. (2020). Pengajian Tafsir Al-Quran: Sorotan Aliran Klasik dan Moden. Sains Insani, 5(2), 43–50. https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol5no2.158

Al-Awwari, A. F. (2015). Raudhah al-Thalibin fii Manahij al-Mufassirin jilid 1. Maktabah al-Iman.

Al-Bayumi, M. R. (2011). Al-Mukhtar min Al-Tafsir Al-Quraniy jilid 1. Majma’ al-Buhuts al-Islamiah.

Al-Qathan, M. (2009). Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Pustaka Al-Kautsar.

Endang, Anwar, S., Dosen, W., Ushuluddin, F., Iain, A., Hasil, B. A., Asya, A., Kunci, K., Rasional, T., Al-qur, P., & Swt, N. A. (2013). Tafsir Dalam Persfektif Teologi Rasional. Al-Fath, 07(2), 273–310.

Izutsu, T. (2003). Relasi Tuhan dan Manusia: Pendekatan Semantik Terhadap Alquran. Tiara Wacana Karya.

Khairudin, F. (n.d.). Kajian Tafsir Al-Mizan fi Tafsir al- Qur ’ an Karya at- Tabataba ’ i.

Mawardi, M. (2018). Subjektivitas Dalam Penafsiran Al-Quran: Fenomena Tafsir Bercorak Sektarian. JURNAL At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir, 3(1), 157. https://doi.org/10.32505/tibyan.v3i1.483

Mubarok, M. Z. (2017). Mengenal Corak Tafsir ’Aqa’id (Ideologis). Jurnal Samawat, 1(1), 66–76.

Mustaqiem, A. (2012). Dinamika Sejarah Tafsir Al-Qur’an. Ponpes LSQ Ar-Rahmah.

Mustaqiem, A. (2014). Dinamika Sejarah Tafsir. Adab Press.

Mustaqim, A. (2014). Dinamika Sejarah tafsir al-Qur’an. Yogyakarta: Adab Press.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2012). Pengantar Metode Penelitian. Laksbang Pressindo.

Rahman, M. T. (2018). Pengantar filsafat sosial. Lekkas.

Rahman, O., Gazali, M., Tafsir, R., Rahman, M. G., Program, M., Hukum, M. P., Pascasarjana, K., Sultan, I., Gorontalo, A., & Sultan, P. I. (n.d.). Tafsir Ideologi: Bias Idiologi dalam Tafsir Teologi Sunni, Muktazilah, dan Syiah. In Journal Hukum Islam (Vol. 1, Issue 2).

Rohimin. (2016). Tafsir Aliran Ideologis di Indonesia; Studi Pendahuluan Tafsir Aliran Ideologi Sunni dalam Tafsir Kementrian Agama. Madania, 20, 169–182.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Shihab, Q. (1999). Sejarah dan Ulum Al Qur’an. Pustaka Firdaus.

Taufiq, W., & Suryana, A. (2020). Penafsiran Ayat-Ayat Israiliyyat dalam Al-Qur’an dan Tafsirnya (E. Zulaiha & M. T. Rahman (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Yunus, B. M., & Jamil, S. (2020). Penafsiran Ayat-Ayat Mutasyabihat dalam Kitab Shafwah al-Tafasir (E. Zulaiha & M. T. Rahman (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Zabidi, A. (2020). Metode, Corak Dan Pendekatan Muktazilah Dalam Penafsiran Al-Qur’an. Falsafah: Jurnal Kajian Filsafat, Teologi Dan …, 6(1), 16–27.

Zaid, N. H. A. (2003). Menalar Firman Tuhan, Terj. Abdurrahman Kasdi dan Hamka Hasan. Mizan.

Zamzami, M. S. (2015). Tafsir Ideologis dalam Khazanah Intelektual Islam. Mutawatir, 4(1), 163. https://doi.org/10.15642/mutawatir.2014.4.1.163-177

Zulaiha, E., Ahadah, A., & Malaka, A. (2021). Historical Development of Thematic Interpretation of al-Qur’an. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(3), 311–316.

Zulaiha, E., & Dikron, M. (2020). Qira’at Abu ‘Amr dan Validitasnya. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.




DOI: https://doi.org/10.15575/hanifiya.v5i2.18225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kartini Fujiyanti Agustin, Nida Al Rahman, Eni Zulaiha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..

___

View MyStat View MyStat

Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama is Indexed By: