Komodifikasi Filantropi Keagamaan di Harian Umum Republika


Roni Tabroni(1*), Asep Saeful Muhtadi(2), Zaenal Mukarom(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian ini mengangkat pemberitaan filantropi agama di HU. Republika pada pandemi Covid-19 tahun 2020-2021. Selama dua tahun Republika mengangkat kedermawanan masyarakat Indonesia untuk saling bantu di saat krisis. Berita tersebut dikemas dalam berbagai bentuk dan diletakkan di halaman-halaman yang cukup strategis. Tujuan kajian ini untuk mengungkap pemberitaan filantropi pada masa pandemi Covid-19 serta bagaimana Republika melakukan komodifikasi atas berita tersebut. Kajian ini menggunakan paradigma interpretif dan pendekatakn kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan yaitu berupa metode kritis, guna membongkar motif utama di balik pembuatan berita dalam sebuah media. Teori yang digunakan yaitu komodifikasi dan juga turunannya ekonomi politik media. Kajian ini menghasilkan temuan berupa proses komodifikasi yang dilakukan Republika  setidaknya pada tiga hal yaitu komodifikasi isi (konten filantropi agama) terhadap pemberitaan filantropi agama selama dua tahun, komodifikasi tenaga kerja (jurnalis) yang sudah dilatih sejak mulai bergabung hingga proses kerjanya, dan komodifikasi audiens (pembaca) yaitu mereka yang terdiri dari komunitas Islam kota sebagai sasarannya. Apa yang dilakukan Republika terhadap konten keagamaan membuktikan terjadinya pergeseran idiologi yang diyakininya selama ini.

Keywords


khalayak pembaca; komunitas Muslim; pemberitaan keagamaan; peran jurnalis; pergeseran ideologi

Full Text:

PDF

References


Bromley, D. G. (2012). Quasi-Religious Corporations: A new integration of religion and capitalism? In Religion and the transformations of capitalism (pp. 135–160). Routledge.

Cano, C. (2021). A Channel Measurement Campaign for mmWave Communication in Industrial Settings. IEEE Transactions on Wireless Communications, 20(1), 299–315. https://doi.org/10.1109/TWC.2020.3024709

Chun, B. (2018). Predictors of Templestay Satisfaction: A Comparison Between Korean and International Participants. Leisure Sciences, 40(5), 423–441. https://doi.org/10.1080/01490400.2017.1296390

Driezen, A., Verschraegen, G., & Clycq, N. (2021). Religion and everyday cosmopolitanism among religious and non-religious urban youth. Current Sociology. https://doi.org/10.1177/0011392120932942

Einstein, M. (2013). 10 Branding Faith and Managing Reputations. Consumption and Spirituality, 16, 132.

Fuchs, C., & Mosco, V. (2015). Marx and the Political Economy of the Media. Brill.

Giggie, J. M. (2003). ‘Preachers and Peddlers of God’: Ex-Slaves and the Selling of African-American Religion in the American South. Commodifying Everything: Relationships of the Market, 169–190.

Hadi, P. (2014). Jurnalisme Profetik, Mengemban Tugas Kenabian. Dompet Duafa.

Hasbullah, M., & Rahman, M. T. (2018). Elit Politik Islam Nasional dan Pengembangan Pesantren di Daerah. Jurnal Socio-Politica, 8(1), 45–56.

Heslop, N. (2021). WORLD GIVING INDEX 2021. A global pandemic special report. Charities Aid Foundation.

Iivari, N. (2018). Using member checking in interpretive research practice: A hermeneutic analysis of informants’ interpretation of their organizational realities. Information Technology & People.

Inayah, A. N., & Rahman, A. (2021). Dakwah bil Qalam: Pesan Keislaman dalam Rubrik Opini Republika Edisi Ramadan tahun 2018. Syams: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1).

Jones, E. M. (2005). Event: Building a Future Worthy of Our Past. Foundation News and Commentary, 46(4), 6.

Kotler Kevin Lane keller, P. (2012). Marketing Management 13th edition. Ebook of Marketing Management 13th Edition, 719.

Lindlof, T. R., & Taylor, B. C. (2017). Qualitative Communication Research Methods. SAGE Publications.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Encyclopedia of communication theory (Vol. 1). Sage.

Longstaff, P. (2002). The communications toolkit. Cambridge, MA: MIT Press.

Payton, R. L., & Moody, M. P. (2008). Understanding philanthropy: Its meaning and mission. Indiana University Press.

Purnama, F. (2019). Pemikiran Parni Hadi tentang Jurnalisme. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 35–52.

Rahman, M. T. (1995). Republika: Koran Aspirasi Umat Islam Indonesia. Risalah, 32(11), 34–35.

Rahman, T. (2017). Contextualizing jihad and mainstream Muslim identity in Indonesia: the case of Republika Online. Asian Journal of Communication, 27(4), 378–395.

Republika. (1995). Keberpihakan (p. 4 Januari). Republika.

Soukup, P. A. (2002). II. Relation of different media to religion:(1) print. Communication Research Trends, 21(2), 9–12.

Starrett, G. (1995). The political economy of religious commodities in Cairo. American Anthropologist, 97(1), 51–68.

Steele, J. (2013). “Trial by the Press” An Examination of Journalism, Ethics, and Islam in Indonesia and Malaysia. The International Journal of Press/Politics, 18(3), 342–359.

Steele, J. (2018). Mediating Islam: Cosmopolitan Journalisms in Muslim Southeast Asia. University of Washington Press.

Utomo, A. P. (2010). Republika 17 tahun melintas zaman. Harian Umum Republika.

Vaccari, C. (2015). Follow the leader! Direct and indirect flows of political communication during the 2013 Italian general election campaign. New Media and Society, 17(7), 1025–1042. https://doi.org/10.1177/1461444813511038




DOI: https://doi.org/10.15575/hanifiya.v6i1.25081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Roni Tabroni, Asep Saeful Muhtadi, Zaenal Mukarom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..

___

View MyStat View MyStat

Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama is Indexed By: