Implementasi Kebijakan Pengelolaan Zakat Mal Melalui Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Garut Tahun 2019


Diki Suherman(1*)

(1) Universitas Padjadjaran, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini membahas pengelolaan zakat harta (mal) di Kabupaten Garut melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang dibantu oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang tersebar di berbagai kecamatan. Pengumpulan zakat mal ini dilakukan diantaranya untuk zakat penghasilan Aparatur Sipil Negara (ASN), zakat perdagangan, zakat perkebunan zakat kehutanan, zakat pertambangan dan perindustrian di Kabupaten Garut, yang dikumpulkan setiap bulannya. Namun kenyataannya pengumpulan zakat profesi (dalam kategori Zakat Mal) masih belum berjalan baik, masih banyaknya kekosongan pengumpulan zakat tiap bulannya di tiap kecamatan di Kabupaten Garut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan pengelolaan zakat mal melalui BAZNAS Kabupaten Garut. Dengan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan menelaah bahan-bahan pustaka yang berkaitan dengan masalah penelitian diantaranya peraturan/perundang-undangan, buku, jurnal, dan media yang dapat dipertanggungjawabkan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa  implementasi kebijakan pengelolaan zakat mal melalui BAZNAS Kabupaten Garut masih belum maksimal, dilihat dari beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti kurangnya kesadaran masyarakat (muzakki) untuk mengeluarkan zakat; kurang maksimalnya sosialisasi kebijakan tentang pengelolaan zakat; dan kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Keywords


implementasi kebijakan; muamalah; unit pengumpul zakat; zakat mal

Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2014). Dasar – Dasar Kebijakan Publik. Alfa Beta.

Ahmad, Y. (2012, July). Golongan Orang Yang Berhak Menerima Zakat. Zakat.or.Id.

Anwar, R. K., Novianti, E., Dulkiah, M., & Rahman, M. T. (2016). Communication and Society Empowerment Through Zakat Management.

Atabik, A. (2015). MANAJEMEN PENGELOLAAN ZAKAT YANG EFEKTIF DI ERA KONTEMPORER. Jurnal Zakat Dan Wakaf, 2(1).

Baznas.go.id. (2019). Penguatan Politik Zakat. Baznas.Go.Id.

Canggih, Fikriyah, Y. (2017). INKLUSI PEMBAYARAN ZAKAT DI INDONESIA. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1).

Chaniago, S. A. (2015). PEMBERDAYAAN ZAKAT DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN. Jurnal Hukum Islam (JHI), 13(1), (47-56).

Cresswell, J. W. (2008). Educational research; planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research (Third Edit). Pearson Education.

Effendi, M. (2017). Pengelolaan Zakat Produktif Berwawasan Kewirausahaan Sosial dalam Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia. Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 2(1).

Fattah, A. (2017). PERAN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL DALAM MELAKSANAKAN UNDANG-UNDANG NO. 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KABUPATEN LANGKAT ( STUDI KASUS BAZNAS KABUPATEN LANGKAT). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN.

Hafidhuddin, D. (2012). Manajemen Zakat Indonesia. Forum Zakat.

Hamid. (2009). Fiqh Ibadah. Pustaka Setia.

Hidajat, R. (2017). Penerapan Manajemen Zakat Produktif dalam Meningkatkan Ekonomi Umat di Pkpu (Pos Keadilan Peduli Umat) Kota Makassar. Jurnal Studi Agama, 17(1), 63–84.

Jalil, A. (2019). Zakat Mal dan Syaratnya yang Wajib Diketahui. Detiknews.

Junaidi Safitri. (2017). Implementasi Konsep Zakat dalam Al- Qur’an Sebagai Upaya Mengentaskan Kemiskinan Di Indonesia. MUKADIMAH: Jurnal Studi Islam, 2(1), 22.

Pratama, Y. C. (2015). PERAN ZAKAT DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN (Studi Kasus : Program Zakat Produktif Pada Badan Amil Zakat Nasional). The Journal of Tauhidinomics, 1(1), 93–104.

Rahman, M. T. (2014). Social Justice in Western and Islamic Thought: A Comparative Study of John Rawls’s and Sayyid Qutb’s Theories. Scholars’ Press.

Rahman, M. T., Rosyidin, I., & Dulkiah, M. (2018). Promoting Social Justice through Management of Zakat. Proceedings of the 1st International Conference on Recent Innovations, 1(1), 1699–1706.

Rosmawati, R. (2014). Pengembangan Potensi Dana Zakat Produktif Melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu Hukum (Journal of Law) UNIVERSITAS PADJADJARAN, 1(1).

Sari, N. (2017). Zakat Sebagai Kebijakan Fiskal Pada Masa Kekhalifah Umar Bin Khattab. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 1(2), 172–184. https://doi.org/10.24815/jped.v1i2.6552

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tarantang, F. F. & J. (2019). POLITIK HUKUM ZAKAT (EKSISTENSI HUKUM ISLAM DALAM HUKUM NASIONAL). K-Media.

Wabbah Az zuhaili. (2008). Fiqih Islam Wa Adillatuhu. Pustaka Pelajar.

Wibisono, M. Y. (2020). Sosiologi Agama. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.




DOI: https://doi.org/10.15575/hanifiya.v3i2.9869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Diki Suherman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..

___

View MyStat View MyStat

Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama is Indexed By: