KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN MUTU MADRASAH: STUDI PROGRAM KOMITE DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA

Mida Astarina, Asnafiyah Asnafiyah

Abstract


Pengembangan mutu madrasah perlu keterlibatan masyarakat untuk mendukung setiap kegiatan yang sudah dirumuskan oleh madrasah. Komite madrasah sebagai wakil masyarakat memiliki peran penting untuk bekerjasama dengan madrasah dalam pengembangan mutu pendidikan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, program komite dalam pengembangan mutu pendidikan di MIN 1 Bantul meliputi (1) peningkatan mutu manajemen, (2) pengembangan program komite, (3) mujahadah dan sima’an Al-Qur’an, (4) paguyuban, (5) patembayan, (6) infak pendirian musholla, (7) santunan anak yatim, (8) bantuan subsidi silang, (9) madrasah sehat, (10) madrasah Adiwiyata, (11) pendampingan dan, (12) gemar menabung. Kedua, komite madrasah telah berhasil menjadi mitra MIN 1 Bantul dalam pengembangan mutu pendidikan madrasah yang meliputi peningkatan kesejahteraan Sumber Daya Manusia (SDM), perbaikan sarana dan prasarana, dan pengabdian masyarakat.

Kata Kunci: Komite, Madrasah, Mutu


Full Text:

PDF

References


Alip, M., & Soenarto, S. (2008). Peran Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Smk Di DIY. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.21831/pep.v11i1.1424

Fatchurrohman, F. (2018). Kemitraan Antara Sekolah, Orang Tua, Dan Lembaga-Lembaga Sosial Kemasyarakatan Di Madrasah Aliyah Negeri Salatiga. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 23(1), 129–155. https://doi.org/10.32332/akademika.v23i1.1207

Febriana, L., Isnaini, M., & Syarifuddin, A. (2019). Peranan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 1 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 152–163. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3234

Hanifah, A. A. (2017). Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 1 Bantul. Yogyakarta: MIN 1 Bantul.

Hariyadi, A. (2013). Komite Madrasah Tahun Pelajaran 2013/2014. Yogyakarta: Cahaya.

Hariyadi, A. (2015). Komite MIN 1 Bantul 2015/2016. Yogyakarta: Cahaya.

Hariyadi, A. (2016). Komite Madrasah Tahun Pelajaran 2016/2017. Yogyakarta: Cahaya.

Hariyadi, A. (2017). Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 1 Bantul. Yogyakarta: MIN 1 Bantul.

Hasnun, A. (2010). Mengembangkan Sekolah yang Efektif. Yogyakarta: Datamedia.

Helmi, J. (2018). Implementasi Program Kerja Komite Sekolah Di SMPN 12 Mandau. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 10(1), 18–33. https://doi.org/10.35445/alishlah.v10i1.61

Kholis, N., Zamroni, Z., & Sumarno, S. (2014). Mutu Sekolah Dan Budaya Partisipasi Stakeholders. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2). https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2639

Laminsar, L. (2016). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern Terpadu Tuanku Lintau Kabupaten Tanah Datar. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 91–100. https://doi.org/10.31958/jaf.v2i1.374

Musyadad, A. (2017). Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 1 Bantul. Yogyakarta: MIN 1 Bantul.

Mutohar, P. M. (2014). Manajemen Mutu Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pardji. (2012). Pemaknaan Penyelenggaraan Pendidikan Dan Komite Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(6). https://doi.org/10.17977/jip.v17i6.2879

Rahman, K. A. (2012). Peningkatan Mutu Madrasah melalui Penguatan Partisipasi Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 227–246. https://doi.org/10.14421/jpi.2012.12.227-246

Rahman, K. A. (2016). Studi Peningkatan Mutu Madrasah Tsanawiyah Di Kota Jambi. Nadwa, 6(1), 33–62. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.1.456

Ratnaningtyas, K., & Setiyani, R. (2017). Efektifitas Komite Sekolah Sebagai Badan Pengawas Manajemen Keuangan Sekolah Pada SMA Negeri Se-Kota Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 571–582.

Samani, dkk, M. (2009). Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta.

Sulasmono, B. S., & Murjini, M. (2017). Evaluasi Kinerja Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 113–121. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.10431

Suprihadi, S. (2017). Reformasi Hubungan Sinergi Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Menuju Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Hubungan Komite Sekolah Dengan Lembaga Sekolah SMU di Kota Pekanbaru, Riau). Sosio Konsepsia, 14(1), 70–86.

https://doi.org/10.33007/ska.v14i1.757

Suryono, A., Santosa, R., & Haryadi, H. (2013). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 Terhadap Pemberdayaan Dewan Pendidikan Dan Komite Sekolah. Jurnal Dinamika Hukum, 13(2), 257–265. https://doi.org/10.20884/1.jdh.2013.13.2.208

Waluyo, G. E., & Hadi, S. (2014). Pengaruh Penerapan Mbs, Pengelolaan Pembelajaran Dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan SD/MI. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(2), 159–173. https://doi.org/10.21831/amp.v2i2.2446




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.