IMPLEMENTASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL UNTUK MENGUKUR PENERIMAAN GURU TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN (Studi Kasus Model Pembelajaran CBR Di SMK)


Yana Aditia Gerhana(1*), M. Irfan(2), Cepy Slamet(3)

(1) Teknik Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Teknik Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Teknik Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan guru terhadap
pembejaran model CBR. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
survey. Seubjek penelitian ini adalah 8 orang guru dari 7 SMK dengan program
keahlian TKJ. Hasil penelitia menunjukan baik ditinjau dari faktor internal
maupun faktor eksternal, penerimaan guru terhadap model pembejaran CBR
positif dan signifikan, dengan rerata nilai koofisien korelasi sebesar 78,98%.

Full Text:

PDF

References


Aamodt, A. & Plaza E. (1994).

Case-Based Reasoning:

Foundational Issues,

Methodological Variations, and

System Approaches. Journal of

Case-Based Reasoning:

Foundational Issues,

Methodological Variations, and

System Approaches. AI

Communications. IOS Press, Vol

VII No I, 1994, hlm. 39-59.

Abdulhak, I. (2002). Pelaksanaan

Inovasi Pendidikan, dalam

Pengantar Pendidikan. Jakarta.

Pusat Penerbitan Universitas

Terbuka.

Ibrahim. (1988). Inovasi Pendidikan.

Jakarta: Departemen Pendidikan

dan Kebudayaan.

Jogiyanto, HM. (2008). Sistem

Informasi Keperilakuan (edisi

revisi). Yogyakarta: Andi Yogya.

Kim, H, J. Mannino, M.

Nieschwietz, R, J. (2009).

Information Tecnology

Accepatance In The Internal

Audit: Impact of Technology

Feature and Complexity. Elseiver.

International Journal of

Accounting Information Systems.

Vol 10, 15 September 2009, hlm

-228.

Lee, Y, H. Hsien, Y, C. Hsu, C, N.

(2011). Adding Innovation

Diffusion Theory to the

Technology Acceptance Model:

Supporting Employees’ Intentions

to use E-Learning Systems:

Journal of Educational

Technology & Society, Volume

(4), hlm. 124–137.

Maher L M., Balachandran B M., &

Zhang, M, D (1995). Case-Based

Reasoning in Design. Australia.

Psycology Press.

McClory, J. (2009). Managing

Public Expenditur In A Time of

Piscal Constraint. LSE PPG

Seminar Series: Institute for

Government

Montani, S., & Jain, L. C. (2010). Su

ccessf ul Case-Base d Re as oning

Appl icat ions – 1. Berlin:

Springer.

Munir., (2009). Pembelajaran Jarak

Jauh Berbasis TIK. Bandung:

Alfabeta.

Pal, S. K dan. Shiu, C.K S., (2004).

Foundation of Soft Case-Based

Reasoning. New Jersey: John

Wiley & Sons, Inc.

Rusman., (2013). Belajar dan

Pembelajaran Berbasis

Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sa’ud, U.S. (2014). Inovasi

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Watson, I. (eds). (2012). CaseBasedReasoning Research and

Development: 20th International

Conference, ICCBR 2012 Lyon,

France, September 3-6, 2012.

Berlin: Springer.