PEMBUATAN GAME SLIDER PUZZLE MENGGUNAKAN METODE STEEPEST ASCENT HILL CLIMBING BERBASIS ANDROID


Wisnu Uriawan(1*), Adam Faroqi(2), Risa Fathonah(3)

(1) Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jl. A.H Nasution No. 105 Bandung 40164, Indonesia
(2) Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jl. A.H Nasution No. 105 Bandung 40164, Indonesia
(3) Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jl. A.H Nasution No. 105 Bandung 40164, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan game dari masa ke masa menjadi 9 generasi, dari console game hingga sampai saat ini merupakan generasi ke-9 yaitu era perkembangan game online dan game pada perangkat mobile yang menggunakan operating system Android. Seiring dengan berkembangnya game dan di dukung dengan perkembangan gadget yang kian pesat sesorang cenderung memilih untuk memanfaatkan perangkat mobile sebagai media untuk bermain game. Operating system pada smartphone, mobile phone berbasis android yang banyak digunakan terutama di Indonesia. Terdapat beberapa jenis permainan salah satunya permainan game puzzle-8 sebagai implementasi permainan logika. Terdapat beberapa metode yang digunakan dalam penyusunan game puzzle-8 yaitu metode steepest ascent hill climbing merupakan salah satu metode optimasi dengan menggunakan metode heuristic. Pada metode Steepest ascent hill climbing yang di implementasikan pada permainan puzzle proses pengujian dilakukan dengan menggunakan fungsi heuristic. Pembangkitan keadaan berikutnya sangat tergantung pada feedback dari prosedur pengujian. Dalam implementasi game ini dibangun menggunkan bahasa pemrograman java dan tools unity.

Full Text:

PDF

References


Agustina, RJ, Siyfa. 2014, Implementasi Pembelajaran Berbentuk Game Pengenalan Sampah Organik Dan Anorganik Untuk Usia Dini Berbasis Multimedia Pada Perangkat Mobile, Game, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.

Anwar, 2010, 8-Puzzle Dengan Menggunakan Algoritma Iterative Deeping Search.

Davin, 2011, Steepst Ascent Hill Climbing, http://davinzhu87.blogspot.com/2011/09/steepest-ascent-hill-climbing.html, diakses pada tanggal 31 Desember 2013

Gunardi, 2009, Penggunaan Algoritma A* Pada 8 Puzzle Problem, Jurnal Penggunaan Algoritma A* Pada 8 Puzzle Problem, Game, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Handayani, Dkk., 2012, Rancangan Permainan Othello Berbasis Android Menggunakan Algoritma Depth-First Search, Jurnal Rancangan Permainan Othello Berbasis Android Menggunakan Algoritma Depth-First Search, Game, Universitas Sumatera Utara, Medan

Indigo Kids Toys, 2010, Bermain Puzzle, http://www.mainananak.net/artikel/bermain-puzzle.html, diakses pada tanggal 12 Desember 2013

Kusumadewi, Sri. Purnomo, Hari, 2005. Penyelesaian Masalah Optimasi Dengan Teknik-teknik Heuristic, Graha Ilmu

Minartiningtyas, Brigida Arie. Unified Modeling Language, http://informatika.web.id/unified-modelling-language.htm#more-1908, diakses pada tanggal 5 mei 2014 22:48

Nazula, Dkk., 2012, Implementasi Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing Dengan Optimasi Minimax Pada Permainan Tic Tac Toe Berbasis Android, Jurnal Implementasi Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing Dengan Optimasi Minimax Pada Permainan Tic Tac Toe Berbasis Android, Game, Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan.

Roedavan, Rickman, 2014. Unity Tutorial Game Engine, Penerbit Informatika

Supardi, Yuniar, 2011. Semua Bisa Menjadi Programmer Android – Basic, Elex Media Komputindo

Sutopo, Ariesto Hadi, 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Usman, Dkk., 2013, Rancang Bangun Game Slider Puzzle Berbasis Android Menggunakan Metode Heuristik Dengan Teknik Best First Search, Jurnal Rancang Bangun Game Slider Puzzle Berbasis Android Menggunakan Metode Heuristik Dengan Teknik Best First Search, Game, STMIK MDP, Palembang

Wu, C Thomas, 2010. An Introduction to Object Oriented Programing with Java Fifth Edition, McGraw-Hill

Zakiah, 2012, Penyelesaian Masalah 8 Puzzle dengan Algoritma Steepest Hill Climbing Ascent Logist Heuristic Basis Java.

Zechner, Mario. Green, Robert. 2011. Beginning Android 4 Games Development. [ebook] (http://www.it-ebooks.info/book/506/, diakses tanggal 8 Juni 2013).