PENGARUH CASED-BASE REASONING (CBR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA (PENERAPAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA)


Undang Saripudin(1*), Yana Aditia Gerhana(2), Cepy Slamet(3)

(1) Teknik Informatika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Teknik Informatika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Teknik Informatika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh Case-based Reasoning (CBR) terhadap kemampuan siswa untuk mengidentifikasi jenis-jenis frasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuasi eksperimen dengan objek penelitian adalah siswa SMA di salah satu kabupaten di Jawa Barat, dimana pembelajaran yang digunakan oleh kelas kontrol adalah Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mengidentifikasi jenis-jenis frasa menggunakan model pembelajaran CBR sebesar 44% dalam interpretasi tinggi dan sebesar 56% dalam interpretasi sedang, dengan nilai taraf kepercayaan (signifikansi) diperoleh sebesar 0.000, sedangkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL sebesar 28% dalam interpretasi tinggi, sebesar 56 % dalam interpretasi sedang dan 16 % dalam interpretasi rendah. Sementara uji hipotesis diperoleh nilai zhitung = -3.089 lebih kecil dari ztabel = -1.64. Kedua hasil pengujian ini menunjukan bahwa Ho ditolak atau Ha diterima.

Full Text:

PDF

References


Dahar Willis, R. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga

Kusumadewi, S. (2003) Artificial Intelligence: Teknik dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Eggen, P. dan Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir (edisi keenam). Boston: Pearson Education, Inc.

Pal, S. K dan. Shiu, C.K S. (2004). Foundation of Soft Case-Based Reasoning. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology: Active Learning Edition (ten ed). Boston: Pearson Education, Inc.

Joyce, B. Weil, M dan Calhoun, E. (2009). Models Of Teaching: Model-Model Pengajaran (edisi kedelapan). Boston: Pearson Education, Inc.

Suriasumantri, S. J. (2009). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: PT. Penebar Swadaya.

Putra, N. (2011). Research & Development: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakaarta: Pranada Media Group.

Hergenhahn, B. R dan Olson M. H. (2010). Theories of Learning (seven ed.). Boston: Pearson Education, Inc.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Watson, I. (1997). Applying Case-Based Reasoning: Techniques for Enterprise Systems. San Francisco: Morgan KaufmannPublishers, Inc.

Muslich, M. (2007). KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jonassen D, H. (2011). Learning to Solve Problems: A Handbook for Designing Problem-Solving Learning Environments. New York: Taylor & Francis Group.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakart: PT. Bumi Aksara.

Pribadi, B. A. (2009). Langkah Penting Merancang Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas: Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Widoyo, E. P. (2012). Teknik Menyusun Instrumen Penelitian. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Amir, M. T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelejar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Joyce, B. Weil, M dan Calhoun, E. (1992). Models Of Teaching (forth ed.). Massachusetts: A Divition of Simon & Chuster, Inc.

Mitcham, C. (1994). Thinking Throgh Technology: The Path Between Engineering and Philosophy. Chicago: The Univesity of Chicago Press.

Russel, S. dan Norving, P. (2010). Artificial Intellegence: A Modern Approach (Third ed.). Boston: Pearson Education, Inc.

Spector, J. M. (2008). Handbook of Research on Educational Communications and Tecnology. (third ed.). New York: Taylor & Francis Group.

Alaven, V. (1997). Teaching Case-Based Argumentation Through a Model and Examples. Ph.D, Dissertation, Intelligent Systems Program University of Pittsburgh: tidak diterbitkan.

Mubarak, K. (2004). Case Based Reasoning for Design Composition in Architecture. Dissertation, School of Architecture Carnegie Mellon University

Pittsburgh, Pennsylvania U.S.A: tidak diterbitkan..

Jonassen D, H. (2004). Learning to Solve Problems: An Intructional Guide. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

.

Mulyana, S. dan Hartati, S. (2009). Tinjauan Singkat Perkembangan Case–Based Reasoning. Jurnal Seminas IF. ISSN: 1979-2328.

Montani, S. dan JainL, L. C. (2010). Su ccessf ul Case-Base d Re as oning Appl icat ions – 1. Berlin: Springer.

Hullermeier, E. (2007). Case-Based Approximate Reasoning. Berlin: Springer.

McGinty, L dan Wilson, D. C. (Eds.) Case-Based Reasoning Research and Development: 8th International Conference on Case-Based Reasoning, ICCBR 2009 Seattle, WA, USA, July 20-23, 2009 Proceedings. Berlin: Springer.

Lenz, et al. (1991) Case-BasedReasoning Technology From Foundations to Applications. Berlin: Springer.

Kolodner, J. L. Cox, M. T. dan Gonzálezcalero, P. D. (2005). “Case-based reasoning-inspired approaches to education”. Journal of The Knowledge Engineering Review, Vol. 00:0, 1–4. Cambridge University Press.

Aamodt, A. dan Plaza E. (1994). “Case-Based Reasoning: Foundational Issues, Methodological Variations, and System Approaches”. Journal of Case-Based Reasoning: Foundational Issues, Methodological Variations, and System Approaches. AI Communications. IOS Press, Vol. 7: 1, pp. 39-59.

Watson, I (2001) Case-Based Reasoning-1. [Online]. Tersedia: www.cs.auckland.ac.nz/~ian/CBR/cbr01.pdf‎ [ 4 April 2013]

Siddiqui, M. H. dan Khan, M. S. (2007). Models Of Teaching Theory And Research. New Delhi : A. P. H. Publishing Corporation.

Cahyanto, T, Permanasari, A, dan Djohar, A. (2012). “Analisis Kajian Mata Pelajaran IPA Sebagai Mata Pelajaran Adaptif dalam Perspektif Guru Produktif Jasa Boga di SMK”. Jurnal Biologi UNPAS. 978-60217170-0-4. 2012

Kolodner, J. L. (2002). “Analogical and Case-Based Reasoning: Their Implications for Education”. The Journal of The Learning Sciences, 11(1), 123–126,Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Kolodner, J. L, Hmelo, C. E, dan Narayan, N. H, (). Problem-Based Learning Meets Case-Based Reasoning. [Online]. Tersedia: www.cc.gatech.edu/projects/lbd/pdfs/pblcbr.pdf‎

Tursina. (2012). Case-Based Reasoning Untuk Diagnosa Penyakit Respirologi Anak Menggunakan Similaritas Simple Mathcing Coefficient. [Online]. Tersedia: www.jurnal.untan.ac.id/index.php/Elkha/article/.../362.‎