STUDI TENTANG PEMODELAN LALU LINTAS HETEROGEN


Rina Mardiati(1*)

(1) Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu permasalahan utama di sebuah negara berkembang adalah kemacetan yang sering terjadi di kota-kota besar. Kemacetan ini berdampak terhadap polusi yang dihasilkan, pemborosan bahan bakar, penurunan produktivitas manusia, waktu tempuh perjalanan yang tidak pasti dan sampai kepada masih tingginya tingkat kecelakaan yang terjadi. Penyebab dari permasalahan ini bervariasi, bukan saja dikarenakan oleh perilaku pengendara atau pengguna jalan rayanya, akan tetapi perencanaan arus lalu lintas pun menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, model simulasi lalu lintas merupakan sebuah pendekatan yang efektif untuk menganalisis operasi lalu lintas karena bisa menghasilkan output yang relatif mendekati kondisi nyata. Pada awalnya pemodelan lalu lintas dikembangankan dengan mengasumsikan kendaraan yang dimodelkan sama atau hanya memiliki sedikit perbedaan, akan tetapi model seperti itu tidak dapat diterapkan di Indonesia dikarenakan karakteristik lalu lintas lalu Indonesia yang heterogen. Makalah ini akan fokus membahas mengenai pemodelan lalu lintas heterogen yang akhir-akhir ini mulai banyak dikembangkan khususnya di beberapa Negara berkembang di Asia yang memiliki karakteristik lalu lintas mirip dengan Indonesia. Dari model-model yang sudah ada, dilakukan review mengenai model dan metode yang digunakan, kelebihan serta kekurangannya. Sehingga pada bagian terakhir paper ini dapat ditunjukkan kontribusi peluang penelitian yang dapat dilakukan pada area pemodelan lalu lintas heterogen khususnya dengan kasus lalu lintas di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Budi Yulianto, Setiono. “Kalibrasi dan Validasi Mixed Traffic VISSIM Model”. Media Teknik Sipil. Juli 2013.

Timothy Oketch, “Modeled Performance Characteristics of Heterogenous Traffic Streams Containing Non-Motorized Vehicles”. 2003 Annual Meeting CD-ROM.

Huadong Wang, Tiejun Wu. “A New United Microscomic Model of Urban Mixed Traffic Flow”. Intelligent Transportation Systems 2003. Proceeding 2003. IEEE 2003, Vol.1.

Jianli Zhao, Jianping Wu. “Analysis of Pedestrian Behavior With Mixed Traffic Flow at Intersection”. Intelligent Transportation Systems 2003. Proceeding 2003. IEEE 2003, Vol.1.

Zhang Yi, Duan Houli. “Modeling Mixed Traffic Flow at Crosswalks in Micro-Simulations Using Cellular Automata”. Tsinghua Science and Technology. ISSN 1007-0214 12/14 pp214-222, Vol. 12, Number 2, April 2007.

Ling Huang, Jianping Wu. “Fuzzy Logic Based Cyclist’ Path Planning Behavioral Model in Mixed Traffic Flow”. Proceedings of the 11th International IEEE Conference on Intelligent Transportation Systems. October 2008.

Jian-Xun Ding, Hai-Jun Huang, Qiong Tian. “A Mixed Traffic Model Based on a Modified Cellular Automaton Two-Lane System”. International Joint Conference on Computational Sciences and Optimization. 2009.

Yue Li, Huapu Lu, Changzhi Bian, Ya Gang Sui. “Traffic Speed-Flow Model for the Mix Traffic Flow on Beijing Urban Expressway”. International Conference on Measuring Technology and Mechatronics Automation. 2009.

Vo Hong Thanh, Tran Van Hoai.”Simulation of Mixed Traffic Flow within Intersection”. Second International Conference on Knowledge and Systems Engineering. 2010.

Shouren Wang, Zhongjian Dai and Jing He, “A Multi-Agent Simulation of Traffic System under Mixed Traffic Condition”. 2013 Third International Conference on Instrumentation, Measurement, Computer, Communication and Control.

Nicolla Bellomo and Christian Dogbe. “On the Modeling of Traffic and Crowds: A Survey of Models, Speculations, and Perspectives”. Society for Industrial and Applied Mathematics, vol. 53, No.3 pp. 409-463. 2011.

Wu Huixin, Wang Feng and Mo Duo. “Mixed Traffic Flow Simulation at Urban Intersections and Its Application”. Journal of Applied Sciences 13 (18): 3835-3840, 2013.

Rina Mardiati, et al. “Review of Microscopic Model for Traffic Flow”. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences. Vol. 9, No. 10. October 2014.

Daiheng Ni, “A Unified Perspective on Traffic Flow Theory Part I : The Field Theory,” in Applied Mathematical Sciences, vol. 7, no. 39, 1929-1946, HIKARI Ltd.

Tom V. Mathew, K.V.R Ravishankar. “Neural Network Basen Vehicle-Following Model for Mixed Traffic”. European Transport Transporti Europei Issue 52, paper No. 1, ISSN 1825-3997. 2012.

Ali Bazghandi, Ali A. Pouyan, “An Agent-Based Simulation Model for Urban Traffic System”, Canadian Center of Science and Education, 2011.

B Raghuram Kadali, P Vedagiri. “Modeling pedestrian road crossing behaviour uner mixed traffic condition”. European Transport Transporti Europei. Paper No.3, ISSN 1825-3997. 2013.

Jian-ping Meng, Shi-qiangDai, Li-yun Dong, Jie-fang Zhang. “Cellular automaton model for mixed traffic flow with motorcycles”. Physics A: Statistical Mechanics and Its Applicaations, Vo. 380, 2007.

Claes, R. and Holvoet, T. (2011). Gridlock: A Microscopic Traffic Simulation Platform. Belgium: Reference: 2nd InternationalConference on Models and Technologies for Intelligent Transportation System.

Chen, B. and Cheng, H.H. (2010). A Review of the Applications of Agent Technology In Traffic and Transportation System. IEEE Transaction on Intelligent Transportation System, Vol.11, No.2.

Sadili, R. (2011). Analisis Karakteristik Arus Lalu Lintas Campuran dengan Variasi Komposisi Kendaraan Sepeda Motor pada Jalan di Daerah Perkotaan. Tesis Universitas Indonesia.

Aly, S.H. (2012). Model Hubungan Karakteristik Makro Lalu Lintas yang Bersifat Heterogen di Kota Makassar. Prosiding Teknik Sipil Universitas Hassanudin.

Lee, S., Qian, D. and Lee, N. (2009). Study on Micro Behavior of Interference between Bicycle and Motor-vehicle at Signalized Intersection Based on BP Neural Network. Asia-Pasific Conference on Information Processin