MODEL PEMBELAJARAN CASE-BASED REASONING (CBR) PADA KETERAMPILAN MENDIAGNOSA PERMASALAHAN PERANGKAT YANG TERSAMBUNG DENGAN JARINGAN LOKAL DI SMK TKJ (Sebuah Tahapan dari Penelitian R&D Bidang Pendidikan)


Yana Aditia Gerhana(1*), Cepy Slamet(2), Undang Saripudin(3)

(1) Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini menjelaskan tahapan dari model pembelajaran CBR yang sedang dikembangkan. Model yang dikembangkan teridiri dari model pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran serta rancangan perangkat lunak dari proses pembelajaran CBR. Model pembelajaran yang dikembangkan mengacu kepada tahapan-tahapan pembelajaran pemecahan masalah dalam CBR, yang selanjutnya akan menjadi indikator dari kemampuan penyelesaian masalah yang diteliti. Setiap indikator kemampuan pemecahan akan menggunakan interpretasi yang dikembangkan oleh Gayon

Full Text:

PDF

References


Aamodt, A. dan Plaza E. “Case-Based Reasoning: Foundational Issues, Methodological Variations, and System Approaches”, 1994, Journal of Case-Based Reasoning: Foundational Issues, Methodological Variations, and System Approaches. AI Communications. IOS Press, Vol. 7: 1, pp. 39-59

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XX1 Ver 1, 2010. BNSP Jakarta.

Dahar W. R. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, 2011, Bandung: Erlangga.

Fathulena Dwi Kusumahrini, Pengembangan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatan Kemampuan penyelesaian Masalah Siswa SMK pada Materi Thermodinamika, 2013, Tesis UPI Bandung

Hegenhahn B. R. & Olson Matthew H. Theori of learning, 2008, Jakarta. Kencana Prenada Media Grup,

Joyce, B, Models of Teaching, 1992. Boston. Allyn and Bacon

Jonassen D, H. Learning to Solve Problems: A Handbook for Designing Problem-Solving Learning Environments 2011. New York: Taylor & Francis Group.

Montani, S. dan JainL, L. C. Successful Case-Bas d Reasoning Applications – 1. 2010, Berlin: Springer.

Munir, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2009, Alfabeta, Bandung

Pribadi, B. A. Langkah Penting Merancang Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas: Model Desain Sistem Pembelajaran., 2009. Jakarta: Dian Rakyat.

Sanjaya, W. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik KTSP, 2008. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Schunk Dale, H. Learing Theories An Educational Perspective (six ed), 2012. Yohyakarta, Pustaka Pelajar.

Woolfolk, A. Educational Psychology: Active Learning Edition (ten ed), 2009. Boston: Pearson Education, Inc.


https://journal1.uad.ac.id/xbola/ https://bidp3.dp3ak.jatimprov.go.id/assets/sbo/ https://jurnalham.komnasham.go.id/ham/ https://ejournal.unsub.ac.id/post/ https://ditpenjamu.uny.ac.id/themes/index.html https://sipede.sidoarjokab.go.id/data/bola/ https://peredaranpangan.pom.go.id/curl/ https://lib.radenintan.ac.id/system/