Penentuan Rute Terpendek Menuju Kampus Menggunakan Algoritma Dynamic Programming


Jumadi Jumadi Jumadi(1*)

(1) Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Jl. A.H. Nasution 105 Cipadung, Cibiru Kota Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kepadatan kendaraan bermotor, dapat dirasakan pada jalan-jalan di Kota Bandung, terutama di daerah dan jam-jam tertentu. Hal ini, yang mendorong perlu dilakukan penelitian untuk menentukan lintasan terpendek dari daerah Sukamukti Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, menuju ke Kampus UIN di daerah Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Seperti yang telah diketahui, bahwa jalan-jalan di Kota Bandung terdapat banyak alternatif jalan dengan karakter masing-masing jalan yang berbeda. Karakter jalan yang ada, diantaranya adalah kepadatan, kondisi fisik jalan dan ukuran lebar jalan. Dengan karakter jalan yang ada, maka dapat diasumsikan bahwa setiap jalan memiliki lama tempuh rata-rata. Nilai rata-rata ini, dijadikan sebagai biaya tempuh jalan tersebut. Dengan menggunakan algoritma Dynamic Programming, dapat diketahui rute terbaik dari Tempat Tinggal menuju Kampus UIN Bandung.

Full Text:

PDF

References


Fathoni, M. Dan Triprabowo, Pencarian Rute Terpendek dengan Menggunakan Dynamic Programming, Universitas Airlangga, Surabaya.

Luknanto, D., 2013, Program Dinamik, Jurusan TeknikSipil, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Munir, R., 2008, Program Dinamis, Bahan Kuliah Strategi Algoritma, Jurusan Teknik Informatika, Sekolah Informatika dan Elektro, Institut Teknologi Bandung.

Nurhidayati, F., U., 2010, Penggunaan Program Dinamik untuk Menentukan Total Biaya Minumum pada Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan, Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Sains danTeknologi, Universitas Islam Negeri Maula Malik Ibrahim, Malang.