APLIKASI DIAGNOSA GANGGUAN KEPRIBADIAN 345 (Studi Kasus : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)


Ichsan Taufik(1*)

(1) Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Aplikasi ini dibangun sebagai alat bantu dengan didasarkan pada kebutuhan seorang psikolog/psikiater maupun orang-orang yang berkerja di area psikologi abnormal dalam mendiagnosa klien yang menderita gangguan kepribadian secara lebih cepat dan efisien. Arsitektur dari sistem ini terdiri dari Knowledge Base, Inference Engine, User Interface, Knowledge Acquisition Facility. Knowledge Base memuat jenis gangguan kepribadian, simptom, dan kriteria tiap jenis gangguan kepribadian tersebut. Sedangkan inference engine diimplementasikan dengan metode forward chaining. Proses diagnosis aplikasi ini adalah melalui penginputan simptom (gejala) yang diderita klien oleh seorang psikolog ke dalam sistem, dan selanjutnya hasil diagnosa didapatkan melalui penelusuran aturan yang ada antara lain dengan perhitungan jumlah simptom yang memenuhi syarat minimal sebuah jenis gangguan kepribadian.

Full Text:

PDF

References


Benedicta, Rini W, 2008, Membuat Aplikasi Databese dengan Java dan MySQL, Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul, 2008, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul, 2008, Tuntunan Praktis Belajar Database Menggunakan MySQL, Andi, Yogyakarta.

Nugroho, Bunafit., 2009, Membuat Website Sendiri dengan PHP dan My-SQL, Mediakita, Yogyakarta.

Pressman, Roger S. Ph.D., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak (Buku Dua), Andi, Yogyakarta.

Ismoyo, Alexsander.,2007” Aplikasi untuk mendiagnosa kerusakan mesin Vespa”. Media Informatika, Vol. 6, No. 1, Juni 2007, 1-23.

Kusumadewi, S., 2003, “Artificial Intellegence” (Teknik dan Aplikasinya), Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Faridah, I., 2003, “Sistem Pakar Untuk Resiko Tinggi Kanker Leher Rahim Berbasis Web Dengan PHP dan MySQL”, Program Ekstensi Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Gerald C.Davison, John M. Neale, Ann M. Kring.,2006” Psikologi Abnormal, Jakarta.

Rusdi Maslim., 2001, Diagnosa Gangguan Jiwa. Jakarta.

Shalahuddin, M. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Obyek). Penerbit Modula: Bandung.

Suryana, Taryana. 2007. Metode rup. http://sms.unikom.ac.id/taryana/download/ metode_rup.doc (diakses 29 oktober 2011).