DEPLOYMENT APLIKASI UNTUK MULTI SERVER DENGAN MENGGUNAKAN CAPISTRANO


Wisnu Uriawan(1*), Adam Faroqi(2), Hayati Hayati Hayati(3)

(1) Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jl. A.H Nasution No. 105 Bandung 40164, Indonesia
(2) Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jl. A.H Nasution No. 105 Bandung 40164, Indonesia
(3) Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jl. A.H Nasution No. 105 Bandung 40164, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebuah aplikasi web yang berjalan di beberapa server membutuhkan mekanisme deployment yang berbeda dengan aplikasi yang hanya berjalan pada satu server. Aplikasi dituntut agar dapat disebarkan ke beberapa server dalam waktu yang bersamaan. Salah satu tools yang dapat menyelesaikan masalah dalam deployment aplikasi ke multi server yaitu capistrano.
Capistrano menawarkan kemampuan melakukan deployment aplikasi ke beberapa server. Hal ini menarik untuk diteliti bagaimana algoritma yang digunakan, penanganan kegagalan deployment dan penanganan downtime. Penelitian dilakukan dengan menganalisis proses kerja, dokumentasi dan source code-nya. Hasil penelitian menunjukkan capistrano menggunakan multi-threading dalam menyebarkan aplikasi ke beberapa server. Untuk penanganan kegagalan capistrano menyediakan fungsi rollback agar kegagalan dapat dipelajari dan diperbaiki. Pada saat aplikasi membutuhkan downtime, capistrano menyediakan fungsi untuk menampilkan halaman downtime.

Full Text:

PDF

References


Chendramata, Aidil & Adhityo P. 2008. High Availibity System, Jakarta: Direktorat Sistem Informasi, Perangkat Lunak dan Konten irektorat Jendral Aplikasi Telematika, Departemen Komunikasi dan Informatika.

Dhanta, Rizky. 2009. Kamus Istilah Komputer Grafis dan. Surabaya : Indah

Khoe Yao Tung.1997.Teknologi Jaringan Internet.Yogyakarta : Dinastindo

Teo, Y.M., dan Rassul Ayani. 2001. Comparison of Load balancing Strategies on Cluster-based Web Servers. Singapore : Fujitsu Computer (Pte) Ltd & National University of Singapore.

Zhang, W. Linux Virtual Server for Scalable Network Services. China : National Laboratory for Parallel & Distributed Processing.

Zygmuntowicz, Ezra dkk.2007. Deploying Rails Application Step by Step.Texas:The Pragmatic Bookshelf

http://www.linuxvirtualserver.org (diakses tanggal 31 Juli 2012)

http://en.wikipedia.org/wiki/Capistrano (diakses tanggal 31 Juli 2012)

https://github.com/capistrano/capistrano/wiki/_pages(diakses tanggal 31 Juli 2012)

https://github.com/capistrano/capistrano.git(diakses tanggal 31 Juli 2012)