MODEL EOQ FUZZY DENGAN FUNGSI TRAPESIUM DAN SEGITIGA MENGGUNAKAN BACKORDER PARSIAL

Elis Ratna Wulan, Venesa Andyan

Abstract


Masalah umum setiap perusahaan adalah sistem pengendalian persediaan, oleh karena itu untuk mengatasi pengendalian persediaan metode yang digunakan adalah metode EOQ. Sedangkan pada setiap masalah sistem persediaan terkadang ada kekurangan informasi mengenai biaya-biaya yang sudah ada, maka untuk hal ini cara tepat yang akan digunakan yaitu model EOQ menggunakan fuzzy dimana model EOQ fuzzy dapat memperkirakan biaya-biaya dengan fungsi keanggotaan fuzzy trapesium dan segitiga. Fungsi keanggotaan trapesium dan segitiga memiliki beberapa titik nilai keanggotaan untuk memperkirakan biaya-biaya. Pemodelan EOQ yang akan disederhanakan yaitu model EOQ backorder parsial. Model EOQ backorder parsial merupakan bagian model EOQ deterministik dimana setiap kali kekurangan persediaan dapat diketahui sebelumnya. Hasil nilai EOQ fuzzy dengan menggunakan fungsi keanggotaan trapesium dan segitiga menggunakan backorder parsial akan lebih tinggi dibandingkan nilai EOQ tanpa menggunakan fuzzy. Hal ini terjadi akibat penggunaan fungsi keanggotaan dalam fuzzy yang memiliki beberapa titik nilai untuk memperkirakan biaya-biaya.

Full Text:

PDF

References


Purnomo, H.D, Wee.HUi-Meng,& Chiu.Yufang, “ Fuzzy Economic Order Quantity Model With Partial Backorder”, Penang, Malaysia ICMBSE (2012).

Heilpern, S., “The expected value of a fuzzy number,” Fuzzy Sets and Systems, 47, 81-86 (1992).

K.-M. Bjork, “The fuzzy Economic Order Quantity Problem With a Finite Production Rate and Backorders”, Apllied Computational Intelligence and Soft Computing, (2012) doi:10.1155/8876230 (2012).

Kusumadewi,Sri, “Teknik dan aplikasinya”, Logika Fuzzy, Penerbit Artificial Intelligence (2003).

Jantzen, Jan, “Tutorial On Fuzzy Logic”, Technical University of Denmark, Department of Automation, (1998).

. Pengumpulan dan Pengolahan Data - UKRIDA (http://www.ukrida.ac.id/.../jkunukr-ns-s1-2009-222005011-1923-karya_prima-chapter3 - Ukrida diakses 8- Agustus – (2012).

Siswanto, Operation Research Jilid 2, Penerbit Erlangga (2007).

Sudrajat, “Modul Kuliah Dasar-dasar Logika Fuzzy”, Jurusan Matematika Fakultas Matematika, Universitas Padjajaran, Bandung(2008).

Sudrajat, “Modul Kuliah Inventory”, Jurusan Matematika Fakultas Matematika, Universitas Padjajaran, Bandung (2011).

Zadeh, L.A., “Fuzzy sets as a basis for a theory of possibility”, Fuzzy sets and systems, 1,3-28, (1978).

Yamit, Z. “Manajemen Persediaan”, Penerbit EKONISIA kampus Fakultas Ekonomi UI,Yogyakarta (1999).