RANCANG BANGUN PROTOTIPE MODEM FREQUENCY SHIFT KEYING (FSK) DENGAN ADAPTASI EXTERNAL RESISTOR & CAPASITOR UNTUK POWER LINE COMMUNICATION


Nanang Ismail(1*), R Muhammad Ginanjar(2), Ian Yosef ME(3)

(1) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Jurusan Teknik Telekomunikasi, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem komunikasi data melalui jala-jala listrik atau lebih dikenal dengan Power Line Communication (PLC) merupakan sistem komunikasi antara pengirim dan penerima dengan jala-jala listrik sebagai media pengiriman datanya. Sistem ini sudah dikenal dan masih terus menjadi bahan penelitian. PLC dapat menggunakan berbagai macam metode pengiriman, berbagai metode yang berbeda itu ditujukan untuk mengatasi noise pada jala-jala listrik dan peningkatan baud rate pengiriman data. Metode yang digunakan termasuk konvensional dan dengan baud rate yang rendah. Makalah ini merupakan resume penelitian yang telah dilakukan. Penelitian yang dilakukan menggunakan rangkaian Modem Frequency Shift Keying (FSK) sebagai interface alat pengirim dan penerima, juga menggunakan rangkaian kopling transformator dan rangkaian bandpass filter. Penelitian ini menggunakan komponen utama Modem yaitu Integrated Circuit (IC) XR2206 sebagai Modulator dan IC XR2211 sebagai Demodulator, serta menggunakan filter pasif yang berfungsi untuk meloloskan frekuensi yang telah ditentukan yaitu 75 KHz – 90 KHz. Nilai output yang ditargetkan dicapai dengan melakukan adaptasi perhitungan nilai Kapasitor dan resistor external. Hasil perhitungan pada tahap perancangan modulator, dengan nilai C=10nF diperoleh nilai R1=1333Ω, R2= 1111 Ω. Modem FSK diujicoba menggunakan aplikasi Hyper Terminal. Hasil dari pengujian, Modulator dapat mengirimkan sinyal data melalui kabel listrik dengan panjang kabel listrik maksimal 17 meter ke Demodulator dengan hasil baik pada kecepatan 110 dan 300 baud. Dikatakan baik karena tidak terdapat teks yang cacat/terbaca oleh Personal Computer (PC) penerima.

Full Text:

PDF

References


[ 1 ] Exar, 1997, XR 2206 Function Generator Data Sheets, Exar Corp, California.

[ 2 ] Exar, 1997, XR 2211 Function Demodulator/ Tone Detector Data Sheets, Exar Corp, California.

[ 3 ] Maxim, 2004, MAX232 Dual EIA-232 drivers / receivers, Texas Instruments Incorporated, Texas.

[ 4 ] Subari, PLC, Internet via Kabel Listrik / PLN,

http://subari.blogspot.com/2008/03/plc-internet-via-kabel-listrikpln.html, di akses 22 September 2011.

[ 5 ] Iddhien, Serial Port Computer & Pemrogramannya Dengan VB6.0

http://iddhien.com/index.php?option=com_content&task=view&id=67&Itemid=106, di akses 22 September 2011.

[ 6 ] PT. PLN ( Persero ), Semester 1 Tahun 2011 , Penjualan Listrik PLN Meningkat, http://www.pln.co.id/?p=3582, di akses 22 September 2011.

[ 7 ] Nugroho Agung, Desember 2005, Peralatan Kopling Powerline Carrier, Jurusan Teknik Elektro FT UNDIP, Semarang.

[ 8 ] Yosef Ian, 2011, Pengembangan Perangkat dan Software Manajemen Broadband Power Line Communication, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Insentif Riset Terapan, Bandung.

[ 9 ] Cuthbert Nyack, Odd Order Chebyshev Narrow Bandpass Filter with Passive Componen Applet, http://cnyack.homestead.com/files/afilt/afilt-pass-chebodd-bp.htm, di akses 31 Juli 2012

[ 10 ] Kusumo, Suryo R.Budiarianto, Aplikasi Komunikasi Data Antara Kunci Elektronik dan PC Menggunakan Port Serial, Bidang Komputer P2 Informatika LIPI, Bandung.

[ 11 ] Wiratama, Ilham Muhammad, 2007, Perancangan Demodulator QPSK Untuk Perangkat Modem Power Line Communication (PLC) dengan Menggunakan Rangkaian Logika, Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia, Jakarta.

[ 12 ] Sukiswo, 2005, Perancangan Telemetri Suhu dengan Modulasi Digital FSK-FM, Jurusan Teknik Elektro UNDIP, Semarang.

[ 13 ] Imammudin, Azam Muzakhim, 2007, Komunikasi Data Serial antara Personal Computer (PC) dan Microcontroller Unit (MCU) 8050 Untuk Mengendalikan Sinyal-Sinyal Analog, Jurnal ELTEK.

[ 14 ] Hutasoit, Ingot Bartala, 2008, Studi Sistem Telekomunikasi Melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT), Departemen Teknik Elektro, Universitas Sumatera Utara, Medan.

[ 15 ] Nurdinsyah, Faisal, 2008, Rangkaian Alarm Pintu Menggunakan Sensor Ultrasonic, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Jakarta.

[ 16 ] Arihutomo Mukhlas, Rivai Muhammad, Suwito, 2012, Sistem Monitoring Arus Listrik Jala-Jala Menggunakan Power Line Carrier, Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya.

[ 17 ] Susilo, Nyoto, Pengaturan Kecepatan Motor dengan Magnetik Kopling Menggunakan Mikrokontroller AT89S51, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang.