ISOLASI DAN IDENTIFIKASI KAPANG ENDOFIT DARI TANAMAN OBAT SURIAN (TOONA SINENSIS)


Anggita Rahmi Hafsari(1*), Isma Asterina(2)

(1) Jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunang Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunang Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Telah dilakukan penelitian isolasi dan identifikasi kapang endofit pada tumbuhan Toona sinensis (Surian). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Negeri Sunan Gunung Djati pada bulan Desember 2012 sampai Februari 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara eksploitasi jamur endofit dari tumbuhan Toona sinensis dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djauanda, Dago Pakar. Selanjutnya melakukan identifikasi terhadap jamur endofit yang telah diisolasi. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak enam isolat jamur endofit yang telah diisolasi dari daun T. sinensis. Ke enam isolat tersebut adalah K1, K2. K3, K4, K5, dan K6 merupakan kapang dari tiga genus. Isolat kapang endofit K1, K5, K6 termasuk ke dalam golongan genus Aspergillus sp., isolat kapang endofit K2 termasuk ke dalam golongan Mucor sp., isolat kapang endofit K3 dan K4 termasuk ke dalam Humicolla sp.

Full Text:

PDF

References


Agusta. A. 2009. Biologi dan Kimia Jamur Endofit. Bandung : Institut Teknologi Bandung.

Barnett H.L. 1960. Illustrated Marga of Imperfect Fungi.

CAO, L. Z. Qiu, J. You, H. Tan and S. Zhou. 2004. Isolation and characterization of endophytic Streptomyces strains from surface-sterilized tomato (Lycopersicon esculentum) roots. Letters in Applied Microbiology. 39, 425–430.

Chutima. R, Bernard Dell, Suyanee Vessabutr, Boosisom Bussaban, and Sarsamorn Lumyong. 2010. Endophytic fungifrom Pecteilis sunannae (L). Rafin. a threatened terrestrial orchid in Thailand. Mycorrhiza. Vol 21: 221-229.

Dwijoseputro. D. 2010. Dasar-dasar mikrobiologi. Cet 17. Jakarta : Djambatan.

Gandjar. I, W. Sjamsuridzal, dan A. Oetari. 2006. Mikologi : Dasar dan Terapan. Edisi : 1. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Gandjar. I. R. A. Samson, K. V. T-Veurmeuleun, A. Oetari. dan I. Santosa. 1999. Pengenalan Kapang Tropik Umum. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

.Hormazabal, E. & E. Piontelli. 2009. Endophytic Fungi From Chilean Native Gymnosperms: Antimicrobial Activity Against Human and Phytopathogenic Fungi. Wold J Microbiol Biotechnol. Vol 25. Hal 813-819.

Ilyas. M. 2006. Isolasi dan Identifikasi Kapang pada Relung Rizosfir Tanaman di Kawasan Cagar Alam Gunung Mutis, Nusa Tenggara Timur. Biodiversitas. Vol 7. No.3.

Ilyas. M. 2007. Isolasi dan Identifikasi Mikoflora Kapang pada Sampel Serasah Daun Tumbuhan di Kawasan Gunung Lawu, Surakarta, Jawa Tengah. Biodiversitas. Vol 8, No 2.

Nasih. A. 2009. Isolasi Dan Identifikasi Jamur Endofit Pada Daun Mimba (Azadirachta Indica A. Juss) Sebagai Penghasil Senyawa Antifungi Terhadap Jamur Candida albicans Dan Aspergillus niger. [Skripsi]. Malang : Universitas Islam Negri Malang.

Noverita. Dinah Fitria, Ernawati Sinaga. 2009. Isolasi Dan Uji Aktivitas Antibakteri Jamur Endofit Dari Daun Dan Rimpang Zingiber ottensii Val. Jurnal Farmasi Indonesia Vol. 4 No. 4 (171-176).

Pelczar. M.J. 1988. Dasar – Dasar Mikrobiologi 2. Jakarta : Universitas Indonesia (UI Press).

Radji, M. 2005. Peranan Bioteknologi dan Mikroba Endofit Dalam Pengembangan obat Herbal. Majalah Ilmu Kefarmasian. Vol 11. No.3.

Rahmawaty. 2012. Potensi Aspergillus niger dan Penicillium spp. Sebagai Endosimbion Pelarut Fosfat Pada Akar Serealia. [Skripsi]. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Ramadhan. M. G. 2011. Skrining dan Uji Aktivitas Penghambatan α-Glukosidase dari Kapang Endofit Daun Johar (Cassia siamea Lank). [Skripsi]. Depok : Universitas Indonesia.

Ramdanis. R. 2012. Penapisan dan Uji Efek Penghambatan Kapang Endofit Biji Mahoni (Swietenia macrophylla King) Terhadap Aktivitas α-Glukosidase. [Skripsi]. Depok : Universitas Indonesia.

Samson. R, Ellen Hoekstra, and Jens Frisvad. 2004. Introduction to Food and Airborne Fungi. Ed 7th. Centraalbureau voor schimmelcultures. Utrecht.