ANALISIS PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL PROYEK MENGGUNAKAN TEORI PREFERENSI DAN CAPM EFFICIENT FRONTIER


Elis Ratna Wulan(1*)

(1) Jurusan Matematika Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Makalah ini menyajikan hubungan antara alat optimasi numerik yang diaplikasikan pada investasi dan teori preferensi, menggunakan fungsi risk avertion, dalam pembentukan portofolio optimum proyek.Proyek memiliki ketidakpastian yang tinggi dihubungkan dengan return atau keuntungan investasi. Oleh karena itu perlu dicari alat yang dapat mengidentifikasi dan mengurangi resiko.Lebih jauh makalah ini menyajikan CAPM (Capital Asset Pricing Model) dan teknik analisis resiko yang diaplikasikan pada proyek sehingga terlihat integrasi antara CAPM dan analisis resiko melalui teori preferensi menggunakan fungsi utilitas dan konsep ekivalensi kepastian.

Full Text:

PDF

References


de Jong, T.J., dkk. Optimization Models, Cambridge University Press.

Hartley, M.J. (1998). Markowitz Models of Portfolio Selection: The Inverse Problem.

Michailidis, G., dkk. (2006). Testing The Capital Asset Pricing Model (CAPM): The Case of The Emerging Greek Securities Market, International Research Journal of Finance and Economics 2006; 4; 78 – 91.

Motta, R., dkk. (2001). Combining Preferences Theory and CAPM Efficient Frontier: Towards An Optimum Portfolio of Upstream Projects. San Antonio.

Sukarno, M. (2007). Analisis Pembentukan Portfolio Optimal Saham Menggunakan Metode Single Indeks di Bursa Efek Jakarta, Universitas Diponegoro, Semarang.

Tesarone, F., dkk. (2010). Portfolio Selection Problems in Practice: A Comparison Between Linear and Quadratic Optimization Models, Roma.