PEMBANGUNAN COLLABORATIVE LEARNING SYSTEM BERBASIS KOMUNITAS UNTUK MENDUKUNG PROSES KNOWLEDGE SHARING MENGGUNAKAN TEKNOLOGI WEB DAN BERGERAK


Edi Mulyana(1*), Nanang Ismail(2), Agung Wahana(3), Lia Kamelia(4)

(1) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Ada beberapa isu yang melatarbelakangi perlunya dikembangkan sebuah sarana belajar yang colaboratif (Collaborative Learning) untuk membantu proses peningkatan mutu hasil pendidikan MA, yaitu: Isu UAN: Berdasarkan data dari Depdiknas, pada Ujian Nasional yang lalu, ternyata cukup banyak sekolah yang persentase kelulusannya 0%, artinya sekolah - sekolah tersebut siswa - siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN) tidak ada yang lulus ujian. Ada yang menganggap kegagalan ini karena ketidakseragaman sarana dan kemampuan tenaga pengajar di setiap sekolah. Isu Metode Belajar: Faktor lainnya yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan adalah paradigma pembelajaran, dimana masih banyak saat ini, orientasi pembelajaran hanya berpusat pada tenaga ajar dan sangat kurang melibatkan siswa (learner) untuk berpartisipasi aktif, sehingga arus informasi/pengetahuan cenderung satu arah. Paradigma Collaborative Learning (C-Learning) adalah salah satu solusinya, antar anggota akan menjadi mitra yang saling menguatkan melalui knowledgesharing.Isu Teknologi dan Isu Komunitas: Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, yang didukung juga oleh perkembangan teknologi pendukung lainnya seperti teknologi jaringan, teknologi internet, teknologi nirkabel dan bergerak, dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menyampaikan pembelajaran atau sharing pengetahuan di dalam suatu komunitas, salah satunya komunitas guru mata pelajaran.Berdasarkan berbagai isu di atas, maka fokus Penelitian Pendidikan dan Kelembagaan Islam yang dilakukan adalah “Pemberdayaan Komunitas Muslim melalui Pengembangan Collaborative Learning System untuk Mendukung Knowledge Sharing Menggunakan Teknologi Web dan Bergerak di Lingkungan Komunitas Guru Mata Pelajaran”.Sistem dikembangkan dengan pendekatan berorientasi objek. Sistem yang dikembangkan mengintegrasikan konsep pembelajaran kolaborasi yang dibingkai dalam framework moodle.Sistem diuji dengan metode black box dan white box. Berdasarkan pengujian, semua fungsionalitas system sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Full Text:

PDF

References


. Ermayanti, Dwi. (12 Oktober 2010), Sistem Informasi Akuntansi, http://dwiermayanti.wordpress.com/2009/10/13/sistem-informasi-akuntansi/

. _________. (12 Oktober 2010), Pengertian Sistem Dan Analisis Sistem, http://ilmutanahunsri.files.wordpress.com/2008/03/kuliah02sisdlpengertiansistem-dan.ppt

. Darmayuda Ketut, 2009. Pemrograman Aplikasi Database dengan Microsoft Visual Basic.NET 2008. Bandung : Informatika

. Jogianto, H.M. (1999). Analisis dan Design Sistem. Informasi

Pendekatan Terstruktur. Yogyakarta : Andi.

. __________. (1 Januari 2011), Sistem Informasi, http://apr1l-si.comuf.com/SI.pdf

. Harianto, Kristanto. 1993.Konsep dan Perancangan Database: Andi Offset

. Akamavi, N., and Kimble, C., 2005. Knowledge Sharing and Computer Supported Collaborative Work: The Role of Organizational Culture and Trust, The University of York, Heslington, England.

. Anne Goodsell, Michelle Maher, Vincent Tinto, Barbara Leigh Smith and Jean MacGregor. “What Is Collaborative Learning?" in Collaborative Learning: A Sourcebook for Higher Education. National Center on Postsecondary Teaching, Learning, and Assessment at Pennsylvania State University.1992.

. Hansen, S., and Avital, M., 2005. “Share and Share a Like: The Social and Technological Influences on Knowledge Sharing Behavior.” Sprouts: Working Papers on Information Environments, System and Organizations, Vol. 5, No. 1, pp. 1-19, diambil dari http://sprouts.case.edu/2005/050101.pdf, pada 12 Mei 2010.

. Hendro, Knowledge Sharing dalam Komunitas, www.pdii.lipi.go.id, diunduh tgl 20 Mei 2010

. Kawalek, J. P., 2004. “Systems Thinking and Knowledge Management: Positional Assertions and Preliminary Observations.” Systems Research and Behavioral Science, Vol. 21, No. 1, pp.17-36.

. Chauhan, N., and Bontis, N., 2004. “Organisational Learning via Groupware: A Path to Discovery or Disaster?” International Journal Technology Management, Vol. 27, No. 6/7, pp. 591- 610.

. Lin Lu, Leung, K., and Koch, P. T., 2006. “Managerial Knowledge Sharing: The Role ofIndividual, Interpersonal, and Organizational Factors.” Management and Organization Review, Vol. 2, No. 1, pp. 15–41.

. Lindsey, K. L., 2006. “Knowledge Sharing Barriers.” Proccesses of Knowledge Management, pp. 499-506.

. Nonaka, I., and Takeuchi, H., 1995. The Knowledge-Creating Company, Oxford University Press,New York.

. ___________,Sekolah SMA/ MA Di Indonesia Yang Tidak Lulus UN 2010 http://resepobat.tokobutik.com/2010/04/sekolah-sma-ma-di-indonesia-yang-tidak.html

. Zainur Rofiq, Dr., M.Pd, ICT Usage in Collaborative Learning for Student Final Project

. Gokhale, Anuradha A. Collaborative Learning Enhances Critical Thinking, 2004.(http//scholar.lib.vt.edu/journals/JTE/)

. Hill, Susan and Tim Hill . The Collaborative Classroom, Malvem Rood:Eleanor Curtain Publishing.,1996.

. Laurie Ann. Collaborative Sofware. University of Utah, Dissertation, 2003

. Laurie Miller Nelson. Collaborative Problem Solving dalam (Instructional Design Theories and Models Edited by Reigeluth, C.M.) London:Lawrence Erlbaum Associates Publisher,1999

. Lauri Janti. Facilitation of Collaborative and Contextual Leraning in Interprise Environment. 2003. http://www.idc.com/

. Panitz, Ted, A Definition of Collaborative vs Cooperative Learning, 2004. (http//lgu.ac.uk/delibertions/collab learning/panitz)

. Reid Enhancing Student thinking through Collaboration Learning, 2004. (http//www.ed.gov/database/ERIC_Digest/ )

. The Joint Task Force on Computing Curricula Society, Association for Computer Machinery (ACM), Computing Curricula 2001 Computer Science (Final Report, December 15, 2001) (http:// www.acm.org)

. Vygotsky,L. Mind in Society: The developmen og higher

psychological processes. Cambridge:Harvard University Press,1978

. Sari Armiati, Husni S. Sastramihardja, collaborative learning framework, SNATI 2007