Pluralism in the Light of Islam
DOI:
https://doi.org/10.15575/jis.v1i2.12269Abstract
Kemajemukan tidak bisa dihindari, seolah-olah itu adalah takdir manusia. Tetapi manusia sendiri seringkali tidak dapat mentolerir pluralitas ini. Karena intoleransi semacam inilah perang, intimidasi, pengusiran, konflik, dan kekacauan terjadi sepanjang waktu. Padahal, kemajemukan ini merupakan fenomena yang tak terbantahkan. Kita hidup dalam kemajemukan dan kita secara aktif atau pasif terlibat dalam dan bagian dari kemajemukan ini. Kemajemukan melekat pada semua gerakan spasial kita. Oleh karena itu, penerimaan dan eksistensi dengan orang lain atau hidup berdampingan dengan asumsi kesetaraan dalam bingkai kemajemukan adalah kebutuhan yang sangat penting. Karena kemajemukan ini selayaknya menjadi alat relasi bagi manusia untuk hidup damai dengan sesamanya. Namun demikian, agama dalam kehidupan masyarakat yang sebenarnya bisa menjadi fenomena yang sepenuhnya saling bertentangan. Seperti banyak agama lain, Islam juga sering menjadi penyebab konflik. Oleh karena itu, penting untuk melihat lagi apa pandangan Islam yang sebenarnya tentang pluralisme ini langsung dari sumbernya yang sah (yaitu, Al-Qur'an dan Sunnah). Kajian analisis tekstual ini dapat dijadikan pegangan bagi para tokoh Islam yang bergulat sehari-harinya dengan permasalahan kemajemukan di berbagai level pergaulan masyarakat.References
Abdullah, S. R. (2017). Tujuan Negara dalam Islam Menurut Yusuf al-Qaradhawi. The Objectives of Islamic State According to Yusuf Al-Qaraá¸awi]. Asy-Syari’ah, 19(1), 15–36.
Bagir, Z. A. (2005). Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi. Mizan Pustaka.
Culla, A. S. (1999). Masyarakat madani: pemikiran, teori, dan relevansinya dengan cita-cita reformasi. RajaGrafindo Persada.
Engineer, A. A., Mutaqin, I., & Kamdani. (2000). Devolusi Negara Islam. Pustaka Pelajar.
Haddad, Y. Y. (1995). Islamists and the Challenge of Pluralism. Center for Contemporary Arab Studies and Center for Muslim-Christian.
Husaini, A. (2005). Pluralisme Agama. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Juergensmeyer, M. (2017). Terror in the mind of God: The global rise of religious violence (Vol. 13). Univ of California Press.
Khaldun, I. (2015). The Muqaddimah: An Introduction to History-Abridged Edition. Princeton University Press.
Kliot, N., & Waterman, S. (2015). Pluralism and political geography: people, territory and state. Routledge.
Kuper, L., & Smith, M. G. (1969). Pluralism in Africa. Berkeley: University of California Press.
Mas’ udi, W. (1999). Masyarakat madani: visi etis Islam tentang civil society. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 3(1999).
Mazrui, A. (2003). Conflict in Africa: an overview. Armed Conflict in Africa, 21–42.
Pradhan, R., & Visweswaran, K. (2011). Ethnicity, caste and a pluralist society. Perspectives on Modern South Asia: A Reader in Culture, History, and Representation, 100.
Rahman, M. T. (2018). Pengantar filsafat sosial. Lekkas.
Rahman, M Taufiq. (2010). Pluralisme Politik. WAWASAN: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 34(1), 1–13.
Rahman, T. (2013). ’Indianization’of Indonesia in an Historical Sketch. International Journal of Nusantara Islam, 1(2), 56–64.
Rasjidi, M. (1977). Koreksi Terhadap Drs. Nurcholis Madjid Tentang Sekularisasi. Bulan Bintang.
Rex, J. (1959). The plural society in sociological theory. The British Journal of Sociology, 10(2), 114–124.
Riyani, I., & Huriani, Y. (2017). Reinterpretasi AsbÄb Al-NuzÅ«l bagi Penafsiran Alquran. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(1), 113–130.
Rosyad, R. (2007). A quest for true Islam: A study of the Islamic resurgence movement among the youth in Bandung, Indonesia. ANU Press.
Saunders, J. J. (2002). A history of medieval Islam. Routledge.
Skinner, M. (1979). David R. Smock and Audrey C. Smock, The Politics of Pluralism: A Comparative Study of Lebanon and Ghana (New York: Elsevier Scientific Publishing Company, Inc. 1975). Pp. 369. International Journal of Middle East Studies, 10(2), 280–281.
Smith, M. G. (1974). The plural society in the British West Indies. Univ of California Press.
Smock, D. R., & Smock, A. C. (1975). The politics of pluralism: A comparative study of Lebanon and Ghana. Elsevier New York.
Thoha, A. M. (2005). Tren pluralisme agama: tinjauan kritis. Gema Insani.
Tibi, B. (2002). The challenge of fundamentalism: Political Islam and the new world disorder. Univ of California Press.
Toll, C. (1988). The Purpose of Islamic Studies. Islam: State and Society, 13–25.
Trimingham, J. S. (1979). Christianity among the Arabs in pre-Islamic times.
Van den Berghe, P. L. (1994). The quest for the other: ethnic tourism in San Cristóbal, Mexico. University of Washington Press.
Wibisono, M. Y. (2020). Sosiologi Agama. Prodi P2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Yousif, A. (2000). Islam, minorities and religious freedom: A challenge to modern theory of pluralism. Journal of Muslim Minority Affairs, 20(1), 29–41.
Zulaeha, E. (2020). Prinsip Liberalisme dalam Metodologi Tafsir Feminis: Pembacaan pada Karya-karya Husein Muhammad. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 18(1), 25–48.
Zulaiha, E. (2017). Tafsir Kontemporer: Metodologi, Paradigma dan Standar Validitasnya. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).